Comscore Tracker

5 Tips Meredam Omongan Miring saat Kamu Punya Pasangan Kaya

Tetaplah sederhana dan sebaiknya punya penghasilan sendiri

Omongan orang yang negatif tentangmu memang tidak semuanya perlu dijawab. Upayamu untuk menjelaskan mungkin hanya menambah ketidakpercayaan mereka, sehingga akan menimbulkan pertengkaran. Termasuk, omongan miring gara-gara kamu punya pasangan yang kaya.

Ucapan pedas mereka seperti menuduhmu cuma mengincar hartanya atau ingin menumpang hidup padanya barangkali kerap kamu dengar. Sekalipun perlawanan berupa kata-kata tidak diperlukan, ada lima tips untuk mematahkan omongan pedas itu. Perhatikan dan segera terapkan, ya!

1. Jangan pernah memamerkan kekayaan pasanganmu

5 Tips Meredam Omongan Miring saat Kamu Punya Pasangan Kayailustrasi pasangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Kamu boleh saja senang, bangga, dan merasa amat bersyukur memiliki pasangan yang secara ekonomi sudah jauh berkecukupan. Akan tetapi, memang memuakkan bagi orang-orang yang melihat apabila kamu doyan memamerkan kekayaan pasangan.

Apalagi pasanganmu yang bekerja keras untuk mendapatkan semua itu saja selalu kalem dan gak pernah pamer. Sudah semestinya kamu menahan diri dari keinginan mempertontonkan hal-hal yang bukan milikmu. Bahkan, sampai kalian sudah sah menjadi pasangan suami istri.

2. Tetaplah bergaya hidup sederhana sesuai kemampuanmu pribadi

5 Tips Meredam Omongan Miring saat Kamu Punya Pasangan Kayailustrasi pasangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Dengan kehadirannya dalam hidupmu, meski sedikit tentunya akan ada perubahan terkait apa yang kamu pakai atau di mana kalian tinggal setelah menikah. Dia pastinya sesekali memberimu hadiah yang mahal untuk dikenakan, seperti pakaian dan jam tangan. 

Kamu yang dahulu tinggal sendiri di sebuah kamar kos pun akhirnya menghuni rumah yang cukup mewah setelah menikah dengannya. Tidak masalah, ini tak mungkin kamu hindari dan bagian dari rezekimu. Namun, secara umum pertahankan dirimu yang dahulu.

Nikmati atau kenakan barang-barang mahal pemberian pasangan, tanpa menjadikannya sebagai keharusan bagimu. Jangan mentang-mentang telah menjadi pasangan orang kaya, kamu gak mau lagi menikmati makanan di warung pinggir jalan. Ukurlah apa-apa yang kamu beli dari kemampuan kocekmu pribadi.

Baca Juga: 5 Cara Tingkatkan Chemistry dengan Pasangan Beda Karakter

3. Jangan tinggalkan teman-teman lamamu

5 Tips Meredam Omongan Miring saat Kamu Punya Pasangan Kayailustrasi bersama teman-teman (pexels.com/Jean-Baptiste Burbaud)

Lingkaran pertemananmu tentu akan berubah seiring dengan adanya pasangan. Akan tetapi, pastikan perubahannya ialah lingkaran tersebut meluas dan menjangkau baik teman-teman baru maupun lama.

Bukan malah menyempit dengan kamu hanya mau berteman dengan orang-orang sekaya pasanganmu, lantas teman lama dilupakan. Bila kamu melakukan ini, kamu bakal dicap sebagai kacang lupa akan kulitnya. 

4. Hindari mengomentari pasangan lain, terutama dari segi materi

5 Tips Meredam Omongan Miring saat Kamu Punya Pasangan Kayailustrasi pasangan (pexels.com/SHVETS production)

Contoh, kamu mencela pasangan yang setelah menikah tidak segera punya rumah sendiri. Mereka masih mengontrak rumah atau berbagi sepetak kamar kos. Bahkan pasangan yang telah punya rumah pun tetap kena kritik sebab menurutmu kurang memperhatikan soal lingkungannya.

Belum lagi karena mereka mencari sekolah dengan biaya termurah, memilih kelas sekian saat anak dirawat inap di rumah sakit dan bukannya kamar VIP, serta banyak lagi. Kamu jadi berisik sekali soal kehidupan pasangan lain. Jangan salah, orang-orang tidak lupa dari mana kamu berasal, lho.

5. Sebaiknya kamu tetap bekerja agar punya pemasukan sendiri

5 Tips Meredam Omongan Miring saat Kamu Punya Pasangan Kayailustrasi pasangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Meski tidak bekerja di kantor, ada baiknya kamu tetap punya sumber penghasilan pribadi. Bahkan jika pasanganmu berinisiatif untuk memodali usahamu, toh masih kamu sendiri yang menjalankannya. Ini lebih baik daripada kamu sama sekali tidak ikut mencari uang.

Dengan tetap bekerja, kamu terlihat mandiri. Sekalipun hasilnya murni hanya untuk dirimu karena pasangan telah mencukupi seluruh kebutuhan keluarga dan menolak dibantu, bukan masalah. 

Makin bagus pekerjaanmu atau makin berkembang usahamu, orang-orang akan tambah menghormati kamu. Ternyata, kamu tidak sekadar menumpang hidup pada pasangan seperti yang pernah mereka tuduhkan.

Mendengarkan apalagi menanggapi omongan negatif orang memang bikin capek. Untuk hal-hal yang tak terlalu mengganggumu, abaikan saja. Akan tetapi, jika itu menyangkut harga dirimu dan kamu merasa perlu membelanya, lima tips di atas semoga dapat membantu. 

Redam omongan miring mereka dengan cara yang elegan. Tunjukkan bahwa kamu memang sosok yang tepat untuk mendampingi pasanganmu yang kebetulan kaya.

Baca Juga: Pahami Dirinya, Ini 5 Cara Tepat Menghadapi Pasangan yang Depresi!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya