Comscore Tracker

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Break dengan Pacar

Sulit tetapi tidak salah untuk kamu coba

Pertengkaran kerap kali terjadi dalam hubungan sebagai sepasang kekasih. Sampai kamu harus break dengan dia, karena masalah yang tidak dapat kalian selesaikan. 

Break bukan berarti hubungan kalian sudah putus, tetapi sementara berpisah untuk waktu yang tidak ditentukan. Kalau kamu masih mencintainya, ini akan sulit untuk kamu lalui. 

Tetapi setelah kamu dan dia sudah sadar dan mau kembali bersama, ada baiknya kamu melakukan lima cara berikut ini untuk memperbaiki hubungan setelah break

1. Pastikan bahwa masalah antara kalian berdua sudah selesai

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Break dengan PacarPexels/cottonbro

Tentu tidak mudah bagi kamu dan pasangan, untuk kembali akrab dan romantis seperti dulu. Oleh sebab itu, pastikan kalau masalah di antara kalian berdua memang sudah selesai. 

Karena ketika masalah kalian sudah selesai, pasti hubungan akan jauh lebih langgeng dari sebelumnya. Jadi masalah sekecil apapun itu, langsung selesaikan dengan pasangan. Agar tidak terjadi salah paham lagi di antara kalian. 

2. Jangan lagi mengungkit masa lalu

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Break dengan PacarUnsplash/Kelly Sikkema

Ketika kamu dan pasangan sudah dapat menerima dan memaafkan, ada baiknya kamu jangan suka lagi mengungkit masa lalu. Apapun yang sudah terjadi anggap saja itu menjadi pembelajaran. 

Sebab dengan mengungkit yang lalu membuat pasangan kamu justru sakit hati kembali. Dan jangan sampai hal itu terjadi, karena hubungan kalian akan menjadi renggang. 

Baca Juga: 6 Sikap Bijak Saat Merasa Jurang Perbedaan dengan Pacar Terlalu Besar

3. Lebih perhatian kepada pasangan

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Break dengan PacarUnsplash/Callie Morgan

Mungkin selama ini kamu kurang memberi perhatian pada pasangan dan setelah kembali bersama, tidak salah untuk lebih perhatian pada pasangan. Mulai memperhatikan pasangan dari hal kecil, seperti setiap hari menanyakan kabar pasangan. 

Dengan hal seperti itu saja, pasangan akan berpikir betapa beruntungnya dia memiliki kamu. Tanpa kamu sadari juga bahwa dengan lebih perhatian pada pasangan, akan buat cinta semakin tumbuh di antara kalian. 

4. Coba lebih sabar dalam menghadapi pasangan

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Break dengan PacarUnsplash/Edward Cisneros

Solusi lainnya untuk memperbaiki hubungan setelah break adalah lebih bersabar menghadapi pasangan. Walaupun kamu belum sepenuhnya melupakan rasa sakit hati tetapi ingatlah, bahwa hanya kesabaran yang bisa menghilangkan itu semua. 

Jangan diingat apalagi sampai berpikir untuk balas dendam. Kamu dan dia sudah menjadi satu sekarang oleh sebab itu, coba lebih sabar menghadapi sifat-sifatnya yang kadang menjengkelkan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan hatinya kembali. 

5. Pahami dunia pasangan secara lebih dalam

5 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Break dengan PacarPexels/Andrea Piacquadio

Usai break berarti kamu dan pasangan mempunyai kesempatan kedua untuk membangun hubungan bersama. Jadi kesempatan itu tidak boleh disia-siakan. 

Untuk mengurangi masalah yang terjadi dalam hubungan, maka kamu harus pahami dunia pasangan lebih dalam. Dengan saling mengenal, berarti kamu dan dia akan semakin menghargai satu sama lain. 

Menjalin kembali hubungan setelah break akan sangat sulit, tetapi tidak salah untuk kamu coba. Jika kamu dan dia memang berjodoh, pasti selalu ada jalan keluar untuk memecahkan setiap perbedaan. Jadi jangan sia-siakan kesempatan, saat kamu sudah kembali bersamanya. 

Baca Juga: 5 Trik Tepat Sikapi Pasangan yang Punya Sikap Perhitungan saat Kencan

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi dengan berkarya. Find me on IG: @marr_thaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya