Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Akibat Terlalu Fokus pada Perbedaan dalam Hubungan

Perbedaan adalah hal yang wajar dalam hubungan

Jika kamu memang mencintai pasanganmu, pasti akan berusaha untuk tidak melakukan sesuatu hal yang justru akan merusak hubungan kalian. Menjalin hubungan itu butuh yang namanya komitmen, ketulusan, dan saling menghargai perbedaan. 

Kalau kamu hanya fokus pada perbedaan dalam hubungan, yakinlah bahwa hubunganmu akan menjadi sia-sia. Nah, berikut ini kelima dampak negatif akibat kamu hanya fokus pada perbedaan dalam hubungan yang kamu jalani.

1. Kamu dan pasangan akan terus mengalami konflik

5 Dampak Negatif Akibat Terlalu Fokus pada Perbedaan dalam Hubunganilustrasi pasangan sedang bertengkar (pexels.com/Yan Krukov)

Jangan hanya karna perbedaan, kamu justru akan menghancurkan hubungan dan hati pasanganmu. Kalau kamu bisa memandang perbedaan itu sebagai kekuatan dalam hubungan, pasti apa pun yang terjadi akan mampu dihadapi bersama. 

Namun sebalinya, kamu hanya fokus pada perbedaan yang buat konflik terus terjadi dalam hubungan kalian. Jadi, apakah kamu mau menghancurkan hubunganmu hanya karna hal sepele? 

2. Tidak adanya tujuan dalam hubungan

5 Dampak Negatif Akibat Terlalu Fokus pada Perbedaan dalam Hubunganilustrasi pasangan sedang berdebat (pexels.com/Alex Green)

Perbedaan dalam hubungan itu akan terus terjadi dan sering dialami oleh setiap pasangan. Jadi, kamu jangan menganggap bahwa perbedaan itu adalah hal yang salah. 

Cobalah untuk menerima hal itu karena kalau tidak, hubungan kalian akan berjalan begitu saja tanpa tujuan. Jadi untuk apa fokus pada perbedaan, kalau masih banyak persamaan dalam hubungan kalian?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Pernah Menemukan Kecocokan saat Melakukan PDKT

3. Kamu cenderung menjadi sosok yang pemarah

5 Dampak Negatif Akibat Terlalu Fokus pada Perbedaan dalam Hubunganilustrasi pasangan sedang bertengkar (pexels.com/MART PRODUCTION)

Ketika menemukan perbedaan dalam hubungan, kamu merasa tidak cocok dan langsung marah dengan keadaan. Dan lambat laun kamu cenderung menjadi sosok yang pemarah. 

Sebab sesuatu hal yang kamu inginkan, tidak terjadi seperti apa yang kamu mau. Kalau seandainya kamu sadar bahwa perbedaan itu wajar, pasti kamu dapat menerima pasangan dengan apa adanya dirinya. 

4. Pasangan kamu akan tergoda untuk selingkuh

5 Dampak Negatif Akibat Terlalu Fokus pada Perbedaan dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Chermiti Mohamed)

Sebab kamu terlalu memikirkan tentang perbedaan yang terjadi, akhirnya pasangan memilih untuk selingkuh. Pasalnya, ia tidak nyaman menjalin hubungan denganmu dan dia mencari seseorang yang bisa menerima dirinya dengan apa adanya. Tentu kamu gak mau hal tersebut terjadi. Maka dari itu sadarilah sejak awal sebelum semuanya terlambat. 

5. Kamu terus menghindar untuk bertemu dengan pasangan

5 Dampak Negatif Akibat Terlalu Fokus pada Perbedaan dalam Hubunganilustrasi bekerja (pexels.com/Edmond Dantès)

Saat kamu berpikir bahwa perbedaan itu menjadi masalah dalam hubungan, tanpa sadar hal tersebut akan buat kamu menjadi malas untuk bertemu dengan doi. Jika hal itu sudah terjadi, maka dapat dipastikan kalau hubungan kalian gak akan lama lagi. 

Jadi, sebenarnya yang harus diubah itu bukanlah perbedaannya, tapi pola pikir kamu. Cobalah belajar untuk lebih dewasa dalam menyikapi perbedaan yang ada dalam hubungan. 

Ingatlah, dengan siapa pun kamu menjalin hubungan, pasti perbedaan itu akan selalu ada. Intinya, kamu harus belajar untuk menerima perbedaan itu. Otomatis hubungan yang kalian jalani pun bakal baik-baik saja.

Baca Juga: 5 Sikap saat Bertengkar yang Bikin Hubungan dengan Pasangan Renggang

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi dengan berkarya:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya