Comscore Tracker

Gak Ada Kata Putus, Ini 5 Tanda Bahwa Hubungan Kalian Sudah Selesai

Kamu harus rela untuk melepaskannya

Tidak selamanya hubungan itu berakhir setelah adanya kata 'putus'. Dan hubungan yang sah berakhir, ditandai dengan dia yang mulai menjauhi kamu. 

Memang cara putus seperti ini sangat menyakitkan. Tetapi kamu harus bisa melepaskannya, karena suatu hubungan tidak dapat diperjuangkan oleh satu pihak saja. Nah, berikut ini lima tanda bahwa hubungan kalian sudah selesai walau tidak ada kata putus. 

1. Jarang memberitahu kabar sebelum kamu yang tanya lebih dulu

Gak Ada Kata Putus, Ini 5 Tanda Bahwa Hubungan Kalian Sudah SelesaiPexels/Andrea Piacquadio

Kamu harus sadar ketika doi sudah jarang memberitahu kabarnya, berarti dia sudah tidak ingin untuk kamu mengetahuinya.
Ketika kamu tanya lebih dulu, baru dia memberitahu kabarnya tetapi itu pun seadanya saja. 

Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka komunikasi kalian akan hilang begitu saja. Dan dia sebenarnya ingin putus dari kamu, tetapi kamu tidak mengerti akan hal itu. 

2. Dia tidak pernah merayakan lagi hari-hari spesial dalam hubungan

Gak Ada Kata Putus, Ini 5 Tanda Bahwa Hubungan Kalian Sudah SelesaiUnsplash/Aleni Stoakes

Sangat sakit rasanya apabila dia yang kamu cintai, tiba-tiba ingin menjauh tanpa memberitahu apa alasannya. Seperti dia yang tidak pernah lagi, merayakan hari-hari spesial dalam hubungan. 

Ini menjadi salah satu tanda, bahwa hubungan kalian sudah tidak sehat dan harus segera berakhir. Jangan menyesali dia yang akan pergi meninggalkan kamu, tetapi bersyukurlah karena berarti dia bukan yang pantas untuk kamu. 

Baca Juga: 5 Situasi dalam Hubungan yang Mengharuskanmu untuk Segera Putus

3. Dia tidak lagi memanggil kamu dengan sebutan sayang

Gak Ada Kata Putus, Ini 5 Tanda Bahwa Hubungan Kalian Sudah SelesaiUnsplash/JD Mason

Kalau belakangan ini dia tidak lagi memanggil kamu dengan sebutan sayang, pertanda dia sudah tidak mencintaimu. Bagaimana kamu bisa mencintai orang yang jelas-jelas dia sudah tidak cinta. 

Kamu sendiri yang akan lelah karena berjuang sendiri. Lebih baik ketika kamu sudah mengalami tanda ini, segera tanya ke dia. Dan kalau dia hanya diam, seharusnya kamu langsung tinggalkan dia sekarang. 

4. Suka mencari alasan ketika kamu diajak bertemu

Gak Ada Kata Putus, Ini 5 Tanda Bahwa Hubungan Kalian Sudah SelesaiPexels/Tan Danh

Untuk apa memperjuangkan dia yang sudah tidak ingin bersama denganmu. Ketika kamu mengajak untuk bertemu, dia selalu mencari alasan. 

Kamu harus menerima kenyataan, bahwa rasa cintanya kepada kamu mungkin sudah hilang. Jadi, jangan paksa dia untuk tetap bertahan. Tetapi lupakan saja dia yang memang sudah tidak mau, membangun hubungan denganmu. 

5. Dia sudah berani untuk selingkuh

Gak Ada Kata Putus, Ini 5 Tanda Bahwa Hubungan Kalian Sudah SelesaiUnsplash/freestocks

Jangan menunggu dia untuk mengatakan kata 'putus', karena itu hanya buat kamu sakit hati. Ketika dia sudah berani untuk menduakan kamu, berarti itu sudah pasti kalau hubungan kalian sudah berakhir.

Walaupun selama ini kamu tidak melakukan kesalahan tapi dia malah selingkuh, berarti dia memang bukan pasangan yang baik untukmu. 

Untuk apa kamu bertahan tanpa kejelasan, karena dia sendiri sudah tidak peduli akan perasaan kamu. Relakan dia pergi dan yakinlah, bahwa kamu akan mendapatkan pasangan yang lebih baik daripada dia. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Putus Lebih Baik Dibanding Bertahan Tanpa Kepastian

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi dengan berkarya. Find me on IG: @marr_thaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya