Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Waktu Lama Berpacaran Gak Jaminan Kalian akan Menikah

Mungkin kamu sering bertanya-tanya, kan?

Ketika hubungan kamu dan pasangan sudah termasuk lama, bukan berarti itu jaminan bahwa kalian akan menikah. Sebab ada banyak penyebab juga yang mendukung hal ini terjadi oleh sebab itu, kamu jangan sepele dengan hal ini. 

Seharusnya kamu bisa kenali bahkan belajar membenahi diri, agar hal itu gak terjadi pada hubunganmu. Supaya kamu semakin paham dan mengerti lagi, ketahui dulu lima alasan berikut ini mengapa waktu lama berpacaran gak jaminan kalian akan menikah. 

1. Saat di tengah jalan kalian menemukan banyak ketidakcocokan

5 Alasan Mengapa Waktu Lama Berpacaran Gak Jaminan Kalian akan MenikahPexels/cottonbro

Kamu boleh saja berharap bahwa hubungan kamu akan lanjut ke jenjang yang lebih serius. Tetapi jangan sampai terlalu berharap dan bahkan sampai kepikiran. Sebab nantinya saat di tengah jalan, kalian bisa saja menemukan banyak ketidakcocokan. 

Kalau hal ini terjadi kamu gak bisa memaksa pasangan untuk terus melanjutkan hubungan kalian. Malah ketidakcocokan itu menjadi tanda yang baik, bahwa sebenarnya kalian tidak berjodoh. Daripada kamu paksa dia untuk menikah dan itu pasti akan buat kalian rugi sendiri. 

2. Visi dan misi hidup kalian ternyata berbeda

5 Alasan Mengapa Waktu Lama Berpacaran Gak Jaminan Kalian akan MenikahPexels/Tan Danh

Kalau ini pasti paling sering dirasakan oleh pasangan berpacaran yang sudah cukup lama. Sudah bertahun-tahun berpacaran dengan doi tetapi saat sudah siap untuk menikah malah baru sadar dan tahu, bahwa visi dan misi hidup kalian itu sangat berbeda. 

Kamu maunya yang ini sedangkan doi maunya seperti itu. Kalau sudah seperti ini kalian memang gak bisa hidup bersama untuk waktu yang lama. Lebih baik segera pisah dan siapkan dirimu untuk menanti jodoh kamu. 

Baca Juga: Kamu Masih Dapat 5 Hal Ini Meski Putus Setelah Pacaran Lama

3. Dia tergoda untuk mencintai orang lain

5 Alasan Mengapa Waktu Lama Berpacaran Gak Jaminan Kalian akan MenikahUnsplash/Matheus Ferrero

Berpacaran dalam jangka waktu yang lama gak bisa menjadi jaminan kalau kalian akan menikah. Pasalnya, bisa saja kalian gak menjadi menikah karena doi ternyata tergoda untuk mencintai orang lain. 

Cinta itu memang bisa datang kapan saja dan kalau sudah terlanjur terjadi, lebih baik kamu lepaskan doi dan biarkan dia bahagia dengan orang yang dia cintai. Daripada kamu terus memaksa yang justru buat dia gak tulus mencintai kamu. 

4. Hubungan kalian gak direstui orangtua

5 Alasan Mengapa Waktu Lama Berpacaran Gak Jaminan Kalian akan MenikahPexels/Andrea Piacquadio

Kalian memang sudah saling cocok dan bahkan siap untuk menikah, tetapi orangtua kalian malah gak memberi restu. Kalau sudah seperti ini pasti kamu gak bisa menentang keputusan orangtua. 

Oleh sebab itu, ketika kamu menjalin hubungan yang baru setengah atau satu tahun, ada baiknya langsung kenalkan pasangan kepada orangtua. Tujuannya, biar nanti hubungan kalian bisa mendapat kepastian. 

5. Dia menilai kalau kamu gak bisa berbaur dengan teman-temannya

5 Alasan Mengapa Waktu Lama Berpacaran Gak Jaminan Kalian akan MenikahPexels/Ketut Subiyanto

Kamu selama ini berpacaran lama dengan dia tetapi kamu gak bisa berbaur dengan teman-temannya. Walaupun hubungan kalian sudah cukup lama tetapi kalau kamu melakukan hal ini, berarti jangan harap untuk dia mau melanjutkan hubungan kalian ke jenjang yang lebih serius. 

Kamu seharusnya tahu bahwa berbaur dengan teman-teman doi adalah hal yang wajar. Dan doi pun merasa nyaman jika kamu bisa melakukan hal tersebut. Tetapi kalau kamu gak bisa melakukan hal itu dia pasti akan merasa, bahwa kamu bukan orang yang suka bersosialisasi dan dia gak nyaman dengan hal tersebut. 

Kalau memang kamu dan dia sudah berjodoh, pasti apa pun yang terjadi gak akan bisa menghalangi kalian untuk tetap menikah. Jadi kalau lima hal di atas terjadi dalam hubungan kamu, jangan paksakan untuk terus lanjut. Sabar saja menunggu jodoh terbaik kamu dan semuanya akan indah pada waktunya. 

Baca Juga: Meski Pacaran Lama, Ini Tanda Kalian Tak Punya Ikatan Batin yang Kuat

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi Lewat Karya:) Find me on IG: @marr_thaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya