Comscore Tracker

Jangan Menyerah Dulu, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Insecure

Yakinkan bahwa dia bisa berubah

Suatu hubungan akan diuji dengan berbagai tantangan. Seperti sifat pasangan yang buruk bisa menjadi tantangan dalam hubungan. Untuk itu, penting saling membantu pasangan agar dapat keluar dari sifat buruknya. 

Tetapi ingat, jangan terlalu memaksa atau sampai membentaknya. Karena dengan begitu akan membuat pasangan ingin mengakhiri hubungan. Nah, berikut ini lima tips membantu pasangan untuk keluar dari sifatnya yang insecure. 

1. Memberi setiap hari kata-kata motivasi

Jangan Menyerah Dulu, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang InsecurePexels/bruce mars

Menjalin hubungan dengan pasangan yang insecure tidaklah mudah. Butuh pengertian yang extra agar membuatnya bisa keluar dari sifat buruk tersebut. Salah satu cara yang harus kamu coba, memberinya setiap hari kata motivasi. 

Ingat, harus konsisten agar dia merasa bahwa dirinya begitu hebat dari apa yang ia pikirkan. Bisa jadi dengan motivasi kamu, dia akan memiliki semangat baru dan membuktikan bahwa ia harus keluar dari sifat insecurenya. 

2. Jangan bandingkan dia dengan orang lain

Jangan Menyerah Dulu, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang InsecurePixabay/StockSnap

Pasangan insecure pasti tidak memiliki teman yang banyak. Karena dia belum dapat berdamai dengan dirinya sendiri. Sehingga sulit membuka diri dengan orang sekitar, apalagi yang berhubungan dengan masalah pribadi. 

Itulah yang menjadi permasalahannya, agar pasangan yang insecure dapat percaya diri jangan bandingkan dia dengan orang lain. Ini akan sangat membantu dalam pembentukan karakternya, sehingga sifat insecure akan terganti dengan sifat optimis dan percaya diri. 

3. Tambah kepercayaan dirinya dengan hal sederhana

Jangan Menyerah Dulu, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang InsecurePexels/rawpixel.com

Orang yang insecure sebagian besar memiliki sisi pemalu. Oleh sebab itu ia sangat menutup diri dan merasa orang lain lebih hebat darinya. Boleh mencoba hal sederhana agar menambah rasa kepercayaan dirinya. 

Misalnya mengajak ia selfie lalu upload  ke media sosial dan tambah caption menarik untuk memujinya. Pasti hati dan perasaannya akan bangga melihat kamu berusaha melihat sisi positif dalam dirinya. Tapi ingat, jangan setiap saat kamu lakukan karna bisa jadi orang menilai hubungan kamu lebay. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Beruntung Punya Pasangan Cewek Virgo, Tak Cuma Setia Lho

4. Memberi pujian yang tulus

Jangan Menyerah Dulu, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang InsecurePexels/Luis Quintero

Cobalah belajar untuk memberi pujian kepada pasangan dengan tulus. Sebab pasangan yang insecure akan merasa ketulusan dari hatimu dan menilai bahwa kamu sangat mengerti akan kelemahannya. 

Dengan pujian yang tulus membuatnya semakin melihat kelebihan dalam diri. Namun, memberi pujian jangan terlalu sering jika itu tidak penting. Akibatnya dapat membuat pasangan haus akan pujian, sehingga itu tidak akan baik baginya. 

5. Mengajak dia traveling

Jangan Menyerah Dulu, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang InsecurePexels/Andre Furtado

Bisa jadi dia membutuhkan waktu untuk traveling berdua dengan kamu. Dengan begitu ia akan banyak cerita tentang sifat buruknya sehingga kamu bisa membantunya. Oleh sebab itu, lebih peka terhadap pasangan sangat penting. Jangan tunggu ia meminta tetapi berusahalah inisiatif. 

Traveling di alam terbuka akan menjadi kesempatan untuk kamu mengajarkan dia tentang apa arti bersyukur. Sehingga ia mengerti seharusnya ada rasa syukur dalam diri dan meninggalkan sifat insecure. 

Pacaran bukan hanya mengikat janji sampai akhir tetapi mengerti apa artinya saling melengkapi kekurangan. Dan lima tips diatas bisa kamu coba agar membuat hubungan kalian semakin langgeng. 

Baca Juga: Cewek Harus Ngerti! Ini Alasan Cowok Tolak Pacaran Padahal Sudah Suka

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You