Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Bandingkan Kamu dengan Mantannya

Pasangan kamu juga begitu, gak?

Masalah dalam hubungan sangat beragam dan cara mengatasinya, tentu berbeda-beda. Misalnya saja, kamu memiliki pasangan yang suka bandingkan diri kamu dengan mantannya. 

Hal ini tentu akan menjadi masalah besar dalam hubungan, jika tidak diatasi dengan cara yang tepat. Mungkin saja pasangan kamu belum bisa move on sepenuhnya dari mantannya, karena itu dia melakukan hal tersebut. 

Tetapi kalau memang rasa cinta dan kedewasaan kalian lebih besar, pasti masalah ini akan cepat selesai. Yuk, simak baik-baik lima cara berikut ini tentang bagaimana, menghadapi pasangan yang suka bandingkan kamu dengan mantannya. 

1. Tanya kepada pasangan mengapa dia melakukan hal itu

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Bandingkan Kamu dengan MantannyaPexels/cottonbro

Semua masalah yang terjadi dalam hubungan, pasti akan ada solusinya. Langkah pertama yang harus kamu lakukan, ketika pasangan suka bandingkan kamu dengan mantannya adalah tanyakan kenapa dia melakukan hal itu. 

Kamu sebagai pasangannya juga butuh alasan. Dengan bertanya, kamu juga akan mendapat kejelasan tanpa harus berasumsi sendiri. Jadi tidak adanya kesalahpahaman dan kamu jadi tahu, bagaimana seharusnya bersikap. 

2. Buat kesepakatan

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Bandingkan Kamu dengan MantannyaPexels/cottonbro

Setelah kamu mengetahui alasan doi sering melakukan itu, kamu harus buat kesepakatan. Namun, jangan buat kesepakatan yang menguntungkan satu pihak saja. Tetapi keduanya harus sama-sama adil dan tidak saling menyakiti. 

Contohnya, kamu berjanji akan buktikan bahwa kamu bisa lebih baik dari mantannya, tetapi selama itu dia tidak boleh membandingkan kamu dengan mantannya. Setelah dia setuju, maka kalian masing-masing boleh melakukan hal-hal yang sudah disepakati. 

Baca Juga: 5 Tips Mendekati Gebetan yang Susah Move On dari Mantannya

3. Jangan respons ucapannya dengan emosi

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Bandingkan Kamu dengan MantannyaPexels/Nick Bondarev

Waktu doi membandingkan kamu dengan mantannya, jangan sampai kamu meresponsnya dengan emosi. Terima segala hal yang dia ucapkan pada kamu, baru setelah itu katakan segala rasa kekecewaan kamu. 

Tidak perlu emosi saat berbicara dengan pasangan. Karena dengan penyampaian yang lembut dan sabar saja, masalah sudah dapat terselesaikan. 

4. Tetap buktikan bahwa kamu memang yang terbaik dari mantannya

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Bandingkan Kamu dengan MantannyaPexels/Ba Tik

Kalau kata orang, rasa cinta yang besar bisa mengalahkan segalanya. Jika memang kamu mencintainya kamu hanya perlu sedikit usaha untuk menyadarkan dia, bahwa kamu memang yang lebih baik dari mantannya. 

Lakukan segalanya bukan karena kamu takut berpisah, tetapi memang kamu sangat menyayanginya. Kalau memang kamu jago masak tidak salah untuk masakin pasangan. Agar dia juga bisa melihat sisi kelebihan baik dari kamu daripada mantannya. 

5. Kamu harus lebih banyak menghabiskan waktu bersamanya

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Bandingkan Kamu dengan MantannyaPexels/Samson Katt

Dengan menghabiskan waktu bersama, kamu dan dia bisa semakin mengenal. Dan juga dengan begitu, pasangan akan pelan-pelan melupakan mantannya. 

Akibat kehadiran kamu yang selalu ada untuknya, pasti buat doi sadar bahwa kamu lebih baik dari mantannya. Jadi jangan langsung menyerah begitu saja, jika salah satu cara ini belum kamu coba lakukan. 

Jika kamu sudah melakukan lima cara tersebut tetapi dia malah tidak berubah, kamu harus mengambil sikap yang serius yaitu dengan putus. Karena pada dasarnya untuk membangun suatu hubungan, perlu yang namanya saling menghargai dan menerima. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Kamu Harus Stop Membandingkan Pacar sama Mantan

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi Lewat Karya:) Find me on IG: @marr_thaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya