Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Ketika Memiliki Sahabat Baru

Menjaga hubungan persahabatan tidaklah mudah

Persahabatan akan sangat indah apabila dijalani secara bersama. Tidak ada iri hati, kebohongan apalagi ketidaksetiaan dalam hubungan persahabatan. Penting untuk menyadari bahwa menjaga hubungan persahabatan tidaklah mudah karena, butuh pengorbanan yang besar untuk mempertahankannya. 

Untuk kamu yang baru memiliki seorang sahabat, jagalah dia dan pahami akan setiap kehidupannya. Tetapi jangan pernah melakukan lima hal berikut yang justru membuatnya akan menjauh darimu. 

1. Mau langsung tahu tentang rahasia pribadinya

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Ketika Memiliki Sahabat BaruPexels/Jopwell

Menjalin persahabatan dengan orang yang baru pasti membuat kita senang dan bersyukur. Itu juga menandakan bahwa kamu adalah orang yang sangat bersahabat. Ketika kalian sudah cukup mengenal, bukan berarti kamu harus tahu tentang rahasia pribadinya. Bisa jadi ia belum nyaman atau menunggu waktu yang tepat untuk menceritakan semua hal itu kepadamu. 

Dan jika kamu sudah memaksa atau mencari tahu tanpa seizin darinya, akan membuat dia tidak nyaman menjalin persahabatan dengan kamu. Alhasil, hanya karena sifat ingin tahu akan membuat kamu kehilangan sahabat. 

2. Jangan pernah meminjam uangnya

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Ketika Memiliki Sahabat BaruPexels/rawpixel.com

Meminjam uang ke sahabat baru hanya menimbulkan masalah bahkan perselisihan di antara kalian. Oleh sebab itu, usahakan untuk menjauh dari hal ini agar tidak terjadi hal yang negatif. 

Kamu juga belum mengenal dia lebih dalam dan jika kamu telat membayar maka membuat ia kecewa dan bisa jadi ia menceritakan keburukanmu dengan sahabatnya yang lain. Semakin lama ia akan menjauh akibat kesalahanmu sendiri. 

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Menciptakan Lingkaran Persahabatan Sehat dan Produktif

3. Memberikan perilaku tidak suka ketika dia dekat dengan orang lain

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Ketika Memiliki Sahabat BaruPexels/Ana Francisconi

Perlu diingat bahwa kamu tidak ada hak melarangnya untuk bersahabat dengan siapa saja. Jika kamu sudah memberikan perilaku yang tidak suka, maka ia akan menilai bahwa kamu orang yang mengekang dan tidak dewasa. Bagaimana orang lain akan betah dengan sikapmu dan akan dia akan berpikir dua kali untuk dekat denganmu. 

4. Mengajaknya hangout setiap hari

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Ketika Memiliki Sahabat BaruPexels/rawpixel.com

Kehidupan sahabat barumu tidak sepenuhnya harus bersama denganmu. Dia pasti memiliki kesibukan tetapi kamu tidak dapat mengerti. Bayangkan jika setiap hari kamu hanghout dengan dia, tentu akan membuatnya bosan juga risih akan sikapmu. 

Mungkin tujuanmu baik yaitu untuk pendekatan tetapi ini namanya terlalu berlebihan. Pilihlah waktu dan hari untuk hanghout dalam seminggu sekali, pasti ia akan setuju dan membuat kamu tidak khawatir akan persahabatan kalian. 

5. Memutuskan untuk sering menginap di rumahnya

5 Hal yang Harus Kamu Hindari Ketika Memiliki Sahabat BaruPexels/Afta Putta Gunawan

Menghabiskan waktu dengan sahabat adalah hal yang paling menyenangkan. Tetapi jika kamu memutuskan untuk sering menginap di rumahnya, justru tidak nyaman dengan orangtuanya karena kalian baru saja kenal dan dekat. 

Hindari segera kalau kamu tidak mau hubungan persahabatan kalian akan hancur begitu saja akibat masalah sepele. Penting untuk menyadari ketidaknyamanan dan privasi orang lain, bukan mementingkan kepentinganmu saja. 

Mencari sahabat yang baik tidak mudah tetapi jika kamu menjaganya dengan tidak melakukan lima hal di atas, bisa jadi hubungan persahabatan kalian akan langgeng. 

Baca Juga: 7 Tips Ampuh Anti-Toxic untuk Menjaga Relationship dengan Sahabatmu 

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya