Comscore Tracker

Hubungan Selalu Berakhir Sendiri? 6 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Coba introspeksi diri dulu

Terlepas dari perkembangan media sosial, kesepian menjadi semacam wabah bagi orang-orang saat ini. Banyak orang dewasa kesulitan menemukan pasangannya, mungkin termasuk kamu? Lalu mengapa hal itu bisa terjadi? Apa yang salah sehingga kamu sulit membangun hubungan yang panjang dan harmonis? Berikut ini 6 alasan paling populer yang menjadi penyebab seseorang masih dan selalu sendirian, check this out guys!

1. Kamu terlalu menjunjung tinggi hubungan

Hubungan Selalu Berakhir Sendiri? 6 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnyaunsplash.com/@hannahbusing

Setiap orang memiliki impian mereka sendiri tentang hubungan yang sempurna: yang mungkin terinspirasi oleh film romantis atau buku. Sayangnya, ilusi terkadang dihancurkan oleh kenyataan, tidak ada yang namanya hubungan ideal, dan tidak ada pasangan yang sempurna. Kamu harus memahami bahwa pasanganmu adalah orang biasa, bukan karakter dari buku atau film. Jadi, ketika menjalani suatu hubungan, sadarilah bahwa pasanganmu dapat melakukan kesalahan sama seperti orang lain.

2. Kamu tidak percaya diri

Hubungan Selalu Berakhir Sendiri? 6 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnyaunsplash.com/@andrewtneel

Percaya diri berarti menghargai diri sendiri. Dengan percaya diri kamu juga bisa menghargai orang lain, dan itu adalah dasar sebuah hubungan. Bisakah kamu mencintai orang yang tidak percaya dan tidak menghargai dirinya sendiri? Orang yang tidak percaya diri akan berujung pada perasaan bersalah, dimana dia tidak akan melakukan apa pun yang baik untuk pasangan.

Kamu perlu menemukan dukungan internalmu sendiri untuk membantu diri ketika kamu merasa sedih dan tertekan. Ini bisa berupa pencapaian, hobi, pengetahuan, atau prinsip hidup kamu.  Apa pun yang penting bagi kamu dan apa pun yang membantu kamu melihat nilaimu sendiri. Jangan biarkan siapa pun membuat kamu meragukan kepercayaan dan kepentinganmu sendiri.

3. Kamu terlalu suka mengekang

Hubungan Selalu Berakhir Sendiri? 6 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnyaunsplash.com/@scottwebb

Ada pendapat bahwa teknik manipulasi dapat membantu memperbaiki hubungan. Tapi bukankah tidak ada yang suka dimanipulasi guys? Apalagi ketika seseorang mencoba mengubah kita diri kita sendiri. Contohnya saat kita ingin menghukum pasangan karena dia selingkuh dengan menjadikannya seperti boneka, memaksanya melakukan banyak perintah dan keinginan kita.

Tapi, setelah kita menyadari cinta dan kepercayaan pasangan sudah lenyap, kita jadi takut akan hidup sendiri. Dalam hubungan apa pun, kamu harus bertindak dalam batas-batas tertentu. Jika kami tidak menyukai perilaku pasanganmu dan dia tahu tentang hal itu, tetapi tetap tidak ingin berubah. Kamu harus membuat pilihan untuk tetap bersamanya atau pergi. Mengubah pribadi orang lain yang tidak ingin berubah adalah hal yang sulit untuk dilakukan.

Baca Juga: 5 Gosip yang Sering Mampir di Hidup Para Jomblo

4. Kamu tidak bisa memaafkan

Hubungan Selalu Berakhir Sendiri? 6 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnyaunsplash.com/@christianfregnan

Semua orang membuat kesalahan, dan kamu mungkin juga melakukannya. Tetapi kadang-kadang, ketika kamu membuat kesalahan, kamu tidak bisa mendapatkan kepercayaan kembali bahkan ketika kamu benar-benar yakin untuk tidak mengulanginya lagi. Karenanya, seringkali kita terlalu ketat ketika menilai orang lain dan tidak cukup ketat ketika mengevaluasi diri kita sendiri.

Jangan mencoba memaksakan diri untuk menerima hal-hal yang tidak kamu setujui, tetapi pada saat yang sama bisa bermanfaat agar kamu bisa berpikir lebih jernih. Bahkan saat kamu merasa sangat tersinggung dengan apa yang dilakukan oleh pasanganmu, berikan dia kesempatan untuk mencoba lagi jika kamu ingin hubunganmu bertahan.

5. Kamu belum siap untuk suatu hubungan

Hubungan Selalu Berakhir Sendiri? 6 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnyaunsplash.com/@maiaalhab

Kita terbiasa mendefinisikan cinta sebagai kebahagiaan dan sukacita tertinggi. Tapi sebelum itu, ada hal yang lebih penting dan lebih mendesak untuk ditangani sebelum membangun hubungan.

Terkadang kamu hanya perlu sendirian untuk dapat memperbaiki apa pun yang salah dan menemukan kebahagiaan terutama sebelum kamu memulai hubungan lagi. Ini bisa jadi lebih baik daripada bersandar pada bahu seseorang ketika kamu sedang mengalami kesulitan sehingga kamu bisa  lebih mengembangkan diri dan keinginanmu.

6. Kamu terlalu fokus pada diri sendiri

Hubungan Selalu Berakhir Sendiri? 6 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnyaunsplash.com/@elijahsad

Sifat egois diyakini menjadi salah satu alasan utama mengapa sebuah hubungan berakhir putus. Jika seseorang hanya memikirkan diri mereka sendiri dan kebutuhan mereka sendiri, pada akhirnya itu akan membunuh cinta antara mereka dan pasangannya. Meskipun jika hal itu dilakukan demi kebaikan berdua. Kamu  mengurangi sifat egois sehingga bisa mengerti bahwa dunia tidak berputar di sekitarmu saja, terutama jika kamu menginginkan hubungan yang langgeng.

Baca Juga: Tahu Pahitnya Putus Cinta! 5 Hal yang Menjadikanmu Jomblo Terhormat

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Communications student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You