Comscore Tracker

Jatuh Cinta Lagi dan Mau Mengakhiri Asmara Lama? Cek 5 Pertanyaan Ini!

#IDNTimesLife Ambil keputusan setelah jawab pertanyaan ini

Jatuh cinta rasanya berjuta rasa yang gak akan mampu didefinisikan secara menyeluruh. Jadi, gak jarang semua orang dibuat gila oleh rasa cinta. Bahkan, orang yang sedang jatuh cinta pun gak mampu menggunakan logikanya untuk berpikir secara jernih. Hal tersebut bisa kita sebut cinta buta. 

Tapi nih, seiring berjalannya waktu hubungan cinta juga terdapat kerikil penghadangnya, lho. Salah satunya adalah sudah memiliki pasangan namun jatuh cinta lagi pada orang lain. Mungkinkah itu benar-benar cinta? Ataukah ada sesuatu yang melatarbelakangi? Yuk, deh buktikan saja langsung lewat 5 pertanyaan di bawah ini, ya!

1. Bagaimana perjuanganmu mendapatkannya dulu?

Jatuh Cinta Lagi dan Mau Mengakhiri Asmara Lama? Cek 5 Pertanyaan Ini!pixabay.com/3194556

Sebuah hubungan selalu diawali dengan perjuangan hingga pada akhirnya dapat bersatu, ya. Lantas bagaimana nih perjuanganmu dulu untuk mendapatkannya? Apakah dengan perjuangan yang sebegitu rumitnya hendak kamu hancurkan begitu saja?

Tidakkah kamu merasa rugi melepaskan apa yang dulu begitu kamu perjuangkan? Coba deh, dipikirkan lagi baik-baik.

2. Apakah hubungan lama terdapat masalah?

Jatuh Cinta Lagi dan Mau Mengakhiri Asmara Lama? Cek 5 Pertanyaan Ini!Pixabay.com/Takmeomeo

Gak mungkin ada asap kalau gak ada api, nih. Artinya, gak mungkin kamu bisa jatuh cinta lagi pada seseorang yang baru jika hubunganmu baik-baik saja. Coba saja tanyakan pada dirimu apa sih kesalahan yang telah ia lakukan sampai kamu mampu jatuh cinta pada orang lain? Mungkinkah jika dibicarakan lagi hubunganmu yang lama ini masih bisa diperbaiki? 

Ataukah justru hubunganmu gak bisa dipertahankan karena masalah berada pada dirimu sendiri? Jika iya, coba pikirkan jika kekasihmu yang melakukan hal seperti itu terhadapmu? Sakit pastinya. Ingat juga bahwa hubungan baru yang dimulai dengan cara gak baik pastinya gak akan pernah berjalan dengan baik-baik, lho.

3. Apa yang kamu rasakan terhadap orang baru?

Jatuh Cinta Lagi dan Mau Mengakhiri Asmara Lama? Cek 5 Pertanyaan Ini!pixabay.com/StockSnap

Bagaimana sih sejujurnya perasaanmu terhadap orang baru tersebut? Apakah kamu sudah yakin bahwa benar-benar mencintainya? Jangan-jangan kamu hanya sekadar mengaguminya untuk jangka waktu tertentu saja, lho. 

Mungkinkah perasaanmu padanya hanyalah sebuah pelarian semata karena kamu bosan pada kekasih lamamu? Ada lho cinta yang terbiasa melakukan rutinitas yang sama hingga menyebabkan rasa bosan dan akhirnya tergoda pada orang lain yang terlihat menarik. Ingat, hanya terlihat menarik atau kamu hanya kagum dan menjadikannya pelarian semata. Nah, apakah itu yang kamu rasakan saat ini?

Baca Juga: Ketahui 5 Sebab Kenapa sampai saat Ini Kamu Masih Sulit Jatuh Cinta

4. Bagaimana kepribadian antara keduanya?

Jatuh Cinta Lagi dan Mau Mengakhiri Asmara Lama? Cek 5 Pertanyaan Ini!Pexels.com/Olya Kobruseva

Memang hubungan cinta selalu didasari atas sebuah rasa. Namun, cinta sejati juga mencintai kepribadian orang tersebut, ya. Jika ia mampu membuatmu tergoda sedang ia tau bahwa kamu telah mempunyai pasangan bisakah kamu menyimpulkan orang seperti apa ia? Coba tanya hatimu, deh.

Apakah kamu telah yakin kepribadian orang baru lebih baik daripada kekasihmu saat ini? Jangan sampai kamu menukar emas dengan kotoran, lho. Jadi, jangan terburu-buru dan pikiran dulu secara matang-matang, ya!

5. Sanggupkah dirimu bertanggung jawab?

Jatuh Cinta Lagi dan Mau Mengakhiri Asmara Lama? Cek 5 Pertanyaan Ini!pixabay.com/vait_mcright

Jika poin-poin di atas gak mampu membuatmu bertahan pada hubungan asmara lamamu maka bertanggung jawab ialah satu-satunya jawaban bijaksana jika kamu ingin mengakhiri hubungan dengannya. Mengapa demikian? Bayangkan saja setelah mengakhiri hubungan secara sepihak ini kamu akan langsung berbahagia dengan orang baru tersebut, sedangkan mantan kekasihmu? Tentu tidak seperti yang kamu rasakan.

Ingat bahwa yang sudah gak cinta ialah kamu sedangkan ia masih begitu mencintaimu. Oleh karenanya kamu harus bertanggung jawab dengan melakukan sesuatu supaya hasil akhirnya ia mampu melepaskanmu dengan lapang dada. Nah, barulah setelah itu kamu berhak menjalin hubungan cinta dengan orang baru tersebut.

Memang gak ada yang salah dengan cinta meski terjadi dalam situasi dan kondisi gak benar juga. Namun, sebagai seorang manusia yang memiliki akal hendaknya selalu berpikir sebelum bertindak dan mampu bertanggung jawab secara bijaksana atas setiap keputusannya nih. Jadi, pilihlah apa yang membuatmu yakin dan bertanggung jawablah atas pilihanmu, ya!

Baca Juga: 5 Momen Jatuh Cinta yang Bakal Dialami sebelum Bertemu Cinta Sejati

Melinda Fujiana Photo Verified Writer Melinda Fujiana

Instagram : @melindaf__ Wish ur day always shine as a star!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya