Comscore Tracker

5 Kegiatan yang Bisa Bikin Kamu Bahagia, meski Belum Punya Pasangan

Sejatinya, bahagia itu dari diri sendiri!

Memasuki usia dewasa, memiliki pasangan menjadi mimpi setiap orang. Namun, kadang karena berbagai faktor, kita tidak selalu beruntung untuk bisa bertemu dengan pasangan yang cocok dengan kita.

Alih-alih menjalin hubungan, kita lebih sering menghabiskan waktu sendirian, bahkan kadang sampai disindir oleh orang-orang sekitar lantaran belum punya pasangan. Sebenarnya, gak punya pasangan bukan berarti kamu gak bisa bahagia. Ada beberapa hal seru yang bisa kamu lakukan sendiri dan bikin kamu bahagia, walau tanpa pasangan. 

1. Membaca buku

5 Kegiatan yang Bisa Bikin Kamu Bahagia, meski Belum Punya Pasanganpexels.com/Hoang Bin

Membaca buku adalah terapi mental yang menyenangkan. Selain menambah pengetahuan, membaca juga bisa bikin kamu bermain dengan imajinasi dan menambah kepekaan kamu.

Kalau suka baca novel, kamu juga bisa membayangkan bagaimana rasanya ada di dalam kehidupan orang lain. Ketika kamu sudah menemukan satu buku yang seru, dijamin kamu bakal ketagihan dan gak bisa berhenti! Di situlah, kamu bisa merasakan bahagia tanpa perlu punya pasangan.

2. Bermain musik

5 Kegiatan yang Bisa Bikin Kamu Bahagia, meski Belum Punya Pasanganpexels.com/Pixabay

Musik adalah bentuk ungkapan hati yang paling kaya akan emosi. Lewat musik, kamu bisa menceritakan suka, duka, amarah, kehilangan, hingga motivasi sekalipun.

Daripada galau meratapi nasib masih belum punya pasangan, bermain musik bisa bikin hatimu terasa lebih lega sekaligus jadi makin produktif. Bahkan, kalau kamu menekuninya dengan serius, bermusik bisa menghasilkan uang, lo!

Baca Juga: 5 Alasan Rasional Seseorang Memilih  Menjadi Jomblo Abadi 

3. Berolahraga

5 Kegiatan yang Bisa Bikin Kamu Bahagia, meski Belum Punya Pasanganpexels.com/Tirachard Kumtanom

Sehat dan bahagia itu saling berpengaruh, lo! Tubuh yang sehat bisa bikin kita lebih mudah berpikir positif dan lebih mudah juga untuk bahagia.

Kalau rajin olahraga, bukan cuma menjaga kesehatan, tapi kamu juga menunjukkan kalau kamu mencintai tubuh kamu. Ingat, ya, sebelum mencintai pasangan, kita harus pandai mencintai diri sendiri, salah satu caranya dengan menjaga kesehatan tubuh. 

4. Ikut kegiatan sosial

5 Kegiatan yang Bisa Bikin Kamu Bahagia, meski Belum Punya Pasanganpexels.com/rawpixel.com

Tidak punya pasangan bukan berarti kamu gak bisa menunjukkan kasih sayang kamu. Di dunia ini, banyak orang yang membutuhkan uluran tangan kamu.

Daripada bingung menunggu jodoh yang belum pasti, mending ikutan acara-acara bakti sosial. Kamu bisa memberikan afeksi dan kepedulian kamu untuk orang-orang yang kurang beruntung. Dari situ, kamu juga bisa belajar banyak, salah satunya menjadi lebih dewasa dalam melihat kehidupan. 

5. Mencintai diri sendiri

5 Kegiatan yang Bisa Bikin Kamu Bahagia, meski Belum Punya Pasanganpexels.com/Hiago Italo

Hal terpenting yang harus kamu lakukan agar tetap bahagia, walau tanpa pasangan adalah mencintai diri sendiri. Kalau punya banyak hobi dan kegiatan, tapi masih sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang sudah punya pasangan, kamu akan tetap dirundung kesedihan.

Coba untuk ingat selalu bahwa bahagia itu berasal dari diri sendiri, bukan orang lain. Kalau kamu belum bisa mencintai diri sendiri, saat memiliki pasangan pun, kebahagiaan belum tentu menghampiri kamu. Yuk, cintai diri sendiri!

Nah, Guys, Itu beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap bahagia walau belum punya pasangan. Gak punya pasangan bukan berarti kamu menyedihkan. Kamu justru bisa jadi seseorang nan tangguh dan mampu melawan dunia dengan segala keunggulan kamu. Sayangi diri kamu sendiri dan jangan lupa bahagia, ya!

Baca Juga: 6 Cara yang Dipakai Cewek Jomblo Biar Tak Kesepian

Mia Rahmawati Photo Community Writer Mia Rahmawati

Thinking, Caring, Loving

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You