Comscore Tracker

5 Keuntungan Punya Teman dari Berbagai Latar Belakang yang Berbeda

Temanmu jangan yang itu-itu terus dong!

Memiliki teman dari berbagai latar belakang membawa banyak keunikan dalam hubungan pertemananmu. Mulai dari perbedaan latar belakang profesi, pendidikan, suku, hingga bahasa membuatmu memperoleh lebih banyak manfaat untuk hidupmu.

Kalau teman-temanmu sekarang berasal dari latar belakang yang berbeda gak, nih? Nah, setidaknya lima keuntungan berikut yang bisa kamu dapatkan saat punya teman dari latar belakang yang berbeda!

1. Semakin menghargai dan menghormati satu sama lain

5 Keuntungan Punya Teman dari Berbagai Latar Belakang yang Berbedaunsplash.com/ann_van_

Memiliki banyak teman yang berbeda membuatmu makin menghargai dan menghormati perbedaan. Kamu bisa lebih memandang bahwa setiap orang punya kehidupannya masing-masing. Sekaligus, kamu bisa meredam sikap egois dalam dirimu agar tidak memaksakan keinginanmu pada temanmu.

Punya teman dari berbagai latar belakang juga membawa keistimewaan tersendiri dalam pertemanan kalian. So, hubungan kalian bisa semakin berwarna.

2. Dapat saling bertukar pikiran

5 Keuntungan Punya Teman dari Berbagai Latar Belakang yang Berbedaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Jika punya teman yang terbatas pada satu lingkungan saja, maka bisa membuat pikiranmu tidak terbuka luas. Karena memang sudah punya kesamaan latar belakang, sehingga sangat sedikit hal-hal yang bisa dibagikan satu sama lain.

Berbeda jika kamu punya teman dari berbagai latar belakang, kamu bisa belajar hal baru dari mereka dan mereka juga bisa belajar hal baru dari kamu. Selain itu, saat kalian ngumpul dan ngobrol bersama akan ada hal baru yang ingin dibahas. So, bakal jarang bosan deh kalau lagi ngumpul.

Baca Juga: 7 Tipe Teman yang Seharusnya Kamu Miliki dalam Hidup

3. Menambah pengetahuan dan pengalaman baru

5 Keuntungan Punya Teman dari Berbagai Latar Belakang yang Berbedaunsplash.com/@matheusferrero

Punya teman dari berbagai latar belakang memberikan banyak kesempatan bagimu untuk mempelajari dan mendapatkan pengetahuan maupun pengalaman baru. Banyak sudut pandang baru yang bisa kamu gali dari temanmu.

Kamu bisa lebih cerdas dan berpengalaman dalam berbagai hal disebabkan dampak positif dari pertemananmu. So, lebih banyaklah belajar dari temanmu. Tanamkan rasa dan ingin tahu untuk hal-hal baik dan bermanfaat bagi dirimu sendiri.

4. Membiasakan diri untuk berkembang di lingkungan berbeda

5 Keuntungan Punya Teman dari Berbagai Latar Belakang yang Berbedaunsplash.com/Sherman Yang

Jangan berfokus pada pertemanan di lingkungan tertentu saja misal, lingkungan kantor, organisasi sekolah, atau rumah. Milikilah teman seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya. Jika kamu gak bisa menjadikan mereka semua jadi teman dekatmu, setidaknya jadikan mereka kenalan yang bisa mengingatmu.

Coba tantang dirimu agar mampu bersosialisasi dengan individu dari berbagai latar belakang. So, kamu bisa makin terlatih untuk berkembang di lingkungan mana saja.

5. Semakin memperluas relasi pertemanan

5 Keuntungan Punya Teman dari Berbagai Latar Belakang yang Berbedaunsplash.com/Dylan Gillis

Dari satu teman bisa menghubungkanmu ke teman yang lainnya. Ibaratnya, relasi pertemananmu saling terkoneksi satu dengan yang lain. Begitulah keuntungan yang bisa kamu peroleh dari teman yang berasal dari berbagai latar belakang.

Kamu bisa memiliki teman yang semakin luas. Jadi, saat kamu pergi ke mana pun kamu sudah punya kenalan yang bisa membantumu.

Jadi, kamu masih mau berteman dengan orang yang itu-itu saja? Yuk, coba mulai berkenalan dengan orang-orang yang berbeda latar belakang denganmu.

Baca Juga: Teman yang Tulus vs. Teman Palsu, Ini 8 Perbedaan Paling Nyata!

Mia Lubis Photo Verified Writer Mia Lubis

Tulisan saya= sudut pandang saya. Silahkan ambil baiknya dan buang buruknya. Terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Ask me: miariantilubis4798@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya