Comscore Tracker

5 Cara Cerdas Mengatasi Kecemasan di Hubungan Percintaan

Kenali pribadi pasanganmu lebih dalam lagi

Ketika suatu hubungan menyebabkan kecemasan, kita akan dipersiapkan bahwa kecemasan kita adalah masalah. Jika kita merasa cemas, kita sangat perlu untuk mengendalikan diri agar kita tidak merusak hubungan kita dan menambah tekanan pada kecemasan yang sudah kita rasakan.

Jika hubunganmu menyebabkan kamu cemas, berikut beberapa cara untuk mengatasi kecemasan dalam hubungan percintaan.

1. Sadari itu semua berasal dari pikiranmu

5 Cara Cerdas Mengatasi Kecemasan di Hubungan Percintaanpixabay/geralt

Kecemasan adalah ketika sesuatu terjadi secara internal, biasanya sebagai akibat dari peristiwa traumatis atau menyakitkan. Jika kamu kemudian meneruskan negativitas ini dan ketika negativitas ini diabaikan, kecemasan akan menjadi yang kamu rasakan dalam hidup. Inilah sebabnya mengapa kecemasan memberimu gejala fisik. Tidak peduli seberapa nyata rasanya, sebenarnya pikiranmu mempermainkanmu. Karena itu, biarkan dirimu untuk berhenti, tutup matamu dan ingatkan dirimu, "Aku baik-baik saja."

2. Tanyakan pada dirimu apa pesannya

5 Cara Cerdas Mengatasi Kecemasan di Hubungan Percintaanpixabay/Sophieja23

Seperti yang telah disebutkan dalam dalam poin pertama, kecemasan adalah kesadaran batinmu yang mencoba mengatakan kepadamu bahwa kamu sedang merasa cemas. Untuk mengatasi kecemasan, kamu perlu mencari tahu apa yang ingin disampaikan oleh kesadaran batinmu. Kamu perlu mencari tahu apa pesannya. Karena inilah yang dimaksud dengan kecemasan, sebuah pesan. Pesan untuk mengajarimu untuk mewujudkan cara berpikir yang lebih baik atau sikap yang lebih baik yang dapat kamu terapkan.

Baca Juga: 5 Cara Jenius Agar Kamu Tidak Selalu Insecure Dalam Percintaan

3. Rangkullah semua kecemasan itu

5 Cara Cerdas Mengatasi Kecemasan di Hubungan Percintaanpixabay/mrcolo

Untuk mengatasi kecemasan, kamu harus belajar untuk menerimanya. Ketika kamu mengalami hal yang seperti ini, cintailah dirimu sendiri dulu. Jangan mulai berkata, "Mengapa ini harus terjadi pada saya? Sebaliknya, berbaik hatilah kepada diri sendiri. Rangkul kecemasan dengan cinta dan perlakukan dirimu dengan cara yang sama seperti kamu ingin diperlakukan oleh orang lain, dengan cinta dan perhatian. Kecemasan adalah suara hatimu yang berteriak kepadamu, meminta kamu untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi.

4. Bicaralah dengan seseorang

5 Cara Cerdas Mengatasi Kecemasan di Hubungan Percintaanpexels/Mircea Iancu

Berbicara dengan seseorang tentang kecemasanmu merupakan hal yang baik. Bicarakan dengan teman dekat atau anggota keluarga tentang apa yang sedang kamu alami. Dan bahkan jika kamu merasa tidak ada orang yang dapat kamu ajak bicara, masih banyak dukungan online.

5. Luangkan waktumu untuk diri sendiri

5 Cara Cerdas Mengatasi Kecemasan di Hubungan Percintaanunsplash/Daniel Mingook Kim

Kamu perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri atau bersama diri sendiri. Ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan meditasi untuk membantu mengatasi masalahmu. Jika kamu belum pernah bermeditasi, kamu dapat memulai dengan hanya lima menit. Atur penghitung waktu, lalu tutup matamu. Berfokuslah untuk mengambil napas panjang dan dalam. Pernapasan dalam ini sangat bagus untuk mengatasi pikiran yang panik.

Saat kamu menarik napas dalam-dalam, rasakan bagian-bagian tubuhmu rileks satu demi satu dengan setiap napas. Yang penting adalah mendengarkan pikiranmu tanpa menilai atau membiarkan ketakutanmu mengambil alih.

Baca Juga: Ini 6 Nasihat Percintaan Paling Top yang Tak Lekang Oleh Waktu

Rahmat Fajar Alam Photo Community Writer Rahmat Fajar Alam

Seorang penulis di waktu luang - JADIKANLAH DIRIMU OLEH DIRI SENDIRI -

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You