Comscore Tracker

Awet! 6 Cara Menyenangkan untuk Menjaga Pertemanan Setelah Lulus 

Mari saling menghubungi kembali

Setelah lulus, banyak hal yang bisa kita lakukan. Melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, bekerja, melakukan hobi, atau apa saja. Banyak dari kita yang akhirnya berpisah dengan teman-teman karena keputusan masing-masing. Namun, di era yang modern ini kamu tidak perlu khawatir. Kamu masih tetap saling terhubung. 

Berikut enam cara menyenangkan untuk tetap menjaga pertemanan tetap awet setelah lulus. Masih bisa berkomunikasi walau jarak jauh! Yuk simak apa saja caranya.

1. Penting banget! Buat grup chat

Awet! 6 Cara Menyenangkan untuk Menjaga Pertemanan Setelah Lulus https://unsplash.com/@anniespratt

Zaman sekarang, tidak perlu khawatir untuk masalah komunikasi. Hanya dengan menggunakan smartphone, kamu bisa berkomunikasi dengan siapa saja. Nah, cara terbaik agar tetap saling berhubungan dengan teman sekolah atau kuliah adalah dengan membuat grup chat

Kamu bisa memulai dengan obrolan hal-hal yang sedang tren saat ini. Mengirim foto random yang menghibur seperti meme atau gambar lucu. Cara ini akan membantu kamu mengurangi jarak satu sama lain.

2. Merayakan ulang tahun satu sama lain

Awet! 6 Cara Menyenangkan untuk Menjaga Pertemanan Setelah Lulus unsplash.com/@eliottreyna

Cara lain untuk mengumpulkan teman-teman kamu adalah dengan merayakan ulang tahun. Mengingat dan merayakan ulang tahun bersama memang menyenangkan. Kamu bisa merencanakan kejutan ulang tahun bersama-sama dengan temanmu.

Kalian juga bisa saling membuat kartu ucapan, hadiah buatan tangan, atau barang yang disukai oleh teman yang sedang berulang tahun. Jadikan perayaan ini sebagai tradisi yang kalian lakukan setiap tahun. Kamu juga bisa merayakannya secara virtual juga loh!

3. Atur jadwal untuk saling mengunjungi

Awet! 6 Cara Menyenangkan untuk Menjaga Pertemanan Setelah Lulus unsplash.com/@blakewisz

Bila jarak rumah kalian berdekatan atau masih dalam satu kota yang sama, kalian bisa mulai membuat jadwal untuk saling mengunjungi. Bisa satu minggu sekali, sebulan sekali, atau sesuai kesepakatan. Kalian bisa melakukan hal-hal yang menghibur dan menyenangkan seperti maraton drama favorit, memasak, atau sekadar mengobrol santai. 

Kalian juga bisa memutuskan untuk hangout bersama saat weekend atau hari libur. Bila tidak bisa melakukan karena terkendala jarak kalian bisa mengatur pertemuan dengan cara video conference call misalnya.

Baca Juga: 5 Ciri Kamu Telah Berada di Lingkungan Pertemanan yang Sehat, Cek!

4. Rencanakan perjalanan liburan bersama

Awet! 6 Cara Menyenangkan untuk Menjaga Pertemanan Setelah Lulus unsplash.com/@miinyuii

Kehidupan selepas lulus sekolah atau kuliah tentunya akan terasa berbeda. Di saat kamu sedang merasa stres dan bekerja terlalu banyak, kamu butuh waktu untuk istirahat. Kamu bisa mulai dengan ide liburan bersama sahabat-sahabatmu dan merencanakan liburan impian kalian. 

Kalian bisa melakukan perjalanan dekat atau memanfaatkan waktu libur panjang untuk jarak jauh. Mengunjungi tempat yang belum pernah kalian datangi sebelumnya atau tempat yang selalu kalian kunjungi. Rencana perjalanan ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk kalian.

5. Ingin bernostalgia? Bisa kunjungi acara sekolah atau kampus

Awet! 6 Cara Menyenangkan untuk Menjaga Pertemanan Setelah Lulus unsplash.com/@aranxa_esteve

Setelah lulus, selalu ada tempat yang dirindukan yaitu sekolah atau kampus. Sebagi alumni, tentunya kalian juga bisa datang ke acara yang diadakan oleh sekolah atau universitas kalian dulu. Kalian bisa mengunjungi turnamen olahraga, pertunjukan musik, pameran seni, dan sebaginya. Kembali bernostalgia memang menyenangkan! 

Nah, itulah enam cara yang bisa kalian lakukan agar pertemanan tetap awet. Sudah lakukan yang mana saja? Jangan sampai pertemanan yang telah kalian jalin bisa awet sampai nanti, ya.

Baca Juga: 5 Kalimat Ini Menghancurkan Hubungan Pertemanan, Jangan Diucapkan!

Michelle Maryeta Photo Verified Writer Michelle Maryeta

Palembang, Sumatera Selatan. 8teen. A girl with a million dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya