Comscore Tracker

Tak Sia-sia, Ini 5 Pembelajaran Saat Cinta Tak Mendapat Balasan

Jangan sedih hanya karena cintamu belum disambut

Cinta bertepuk sebelah tangan atau perasaan yang tak berbalas memang menyakitkan. Bagimu yang sedang merasakan ini, jangan cuman mengambil rasa sakitnya. Jangan pula merasa perasaanmu padanya sia-sia. Nggak ada yang sia-sia, di bawah ini ada 5 pembelajaran yang dapat kamu ambil dari rasa sakit hati akibat cinta tak terbalas. 

1. Kamu menyadari bahwa rasa sakit hatimu tak berlangsung selamanya

Tak Sia-sia, Ini 5 Pembelajaran Saat Cinta Tak Mendapat BalasanInstagram.com/winnercity

Rasa sakit hatimu takkan bertahan selamanya. Kamu mulai menyadari hal tersebut kala lebih menerima kenyataan bahwa dia tak membalas perasaanmu. Tidak masalah, setidaknya kamu mau berusaha menyembuhkan rasa sakit hatimu. Usahamu tersebut juga patut menjadi pembelajaran yang patut diacungi jempol. 

2. Proses penyembuhan rasa sakit hati membuatmu menjadi sosok yang lebih kuat

Tak Sia-sia, Ini 5 Pembelajaran Saat Cinta Tak Mendapat BalasanInstagram.com/daesung89

Kamu berusaha keras menyembuhkan rasa sakit hatimu, sehingga menjadikanmu sosok yang lebih kuat. Kamu bertahan dengan baik dan tentu saja kamu patut bersyukur akan rasa sukamu padanya dulu. Sebab tanpa hadirnya dia, kamu takkan merasakan yang namanya perjuangan menyembuhkan rasa sakit hati. 

3. Kamu sadar bahwa ekspektasimu terlalu tinggi

Tak Sia-sia, Ini 5 Pembelajaran Saat Cinta Tak Mendapat BalasanUnsplash/josechomali

Kamu mempunyai harapan yang tinggi padanya. Kamu berharap ia membalas perasaanmu, tetapi ternyata dikecewakan oleh realita yang ada. Karenanya, kamu pun memutuskan tak mengharapkan sesuatu pada manusia, melainkan menggantungkan seluruh harapan pada Tuhan. Tentu saja, ini pengaruh positif yang ditimbulkan dari rasa kecewamu yang mendalam. 

Baca Juga: 5 Hal Utama yang Bisa Memberi Dampak Besar dalam Hubungan Asmara

4. Kamu mulai belajar mengendalikan perasaanmu

Tak Sia-sia, Ini 5 Pembelajaran Saat Cinta Tak Mendapat Balasanfreepik/dragana_nordic

Tak ingin lagi tenggelam dalam rasa sakit hati, kamu pun mulai mencoba mengendalikan perasaanmu, sebab kamu sadar betapa kamu kerap terbawa perasaan. Sisi positif ini akan menjadikanmu lebih selektif dan mencoba lebih mengendalikan perasaanmu. 

5. Melalui rasa sakit hati, kamu mulai mencari jati diri

Tak Sia-sia, Ini 5 Pembelajaran Saat Cinta Tak Mendapat BalasanInstagram.com/mamamoo_official

Cinta bertepuk sebelah tangan boleh jadi membuatmu amat kecewa, sehingga kamu menjadi enggan fokus pada sosoknya lagi. Kamu enggan bersikap peduli akan apa yang disukainya, pun apapun yang tidak disukainya. Kamu akan mulai sebal pada dirimu yang terlalu fokus pada dia yang bahkan tak memberikan sedikit saja perhatiannya padamu. 

Maka dari itu, kamu belajar untuk lebih memahami dirimu sendiri ketimbang terus penasaran tentangnya. Proses mencari jati dirimu menjadi lebih intens. Dia yang mengecewakanmu berjasa bagimu ketika kamu telah benar-benar memahami dirimu sendiri. 

Nah, itulah 5 pembelajaran yang dapat kamu ambil kala dia tak membalas perasaanmu. Sekali lagi, jangan menganggap perasaanmu padanya sia-sia, ya. Buktinya, kamu menjadi lebih kuat dari rasa kecewa yang timbul di perasaanmu. 

Baca Juga: 8 Penyebab Hubungan Asmara Berakhir, Bukan Berarti Tidak Cocok

Fina Efendi Photo Community Writer Fina Efendi

let's go up to the sky --Winner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You