Comscore Tracker

5 Cara Meminta Maaf Usai Bertengkar dengan Pasangan, Dijamin Baikan!

Tunjukkan permintaan maaf kamu yang paling tulus

Bukan hanya sekadar mengucapkan kata maaf, permintaan maaf lebih baik lagi ketika diucapkan dengan hati yang benar-benar tulus. Namun, gak semua orang dengan mudah mau meminta maaf dan mengakui kesalahannya.

Padahal, dengan meminta maaf semua permasalahan akan terselesaikan dengan baik, termasuk dalam hubungan percintaan. Minta maaf sudah seharusnya dilakukan jika kamu atau pasangan merasa mempunyai kesalahan atau setelah pertengkaran terjadi di antara kalian.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminta maaf setelah bertengkar dengan pasangan. Yuk, simak!

1. Tunjukkan bahwa kamu menyesal

5 Cara Meminta Maaf Usai Bertengkar dengan Pasangan, Dijamin Baikan!ilustrasi pasangan meminta maaf (pexels.com/ketut subiyanto)

Saat meminta maaf, pastikan itu bukan hanya sekadar ucapan saja. Kamu juga harus menunjukkan penyeselan dengan bersikap tulus dan mengakui kesalahan yang kamu lakukan sehingga pertengkaran itu bisa terjadi.

Seperti yang ditulis oleh Sheri Stritof, seorang penulis tentang pernikahan dan hubungan percintaan pada laman VerywellMind, katakan bahwa kamu menyesal dan ucapkan maaf sebagai bukti penyesalan tersebut. Hal itu kemudian disetujui oleh Sabrina Romanoff, PsyD selaku psikolog klinis berlisensi pada laman yang sama.

"Meskipun menunjukkan jika kamu menyesal mungkin bisa membutuhkan waktu yang lama, namun itu tetap lebih baik daripada terus berdiam diri. Intinya, kamu hanya perlu bersabar," ucapnya.

2. Meminta maaf di waktu yang tepat

5 Cara Meminta Maaf Usai Bertengkar dengan Pasangan, Dijamin Baikan!Ilustrasi meminta maaf (pexels.com/Polina Zimmerman)

Usai pertengkaran terjadi, biasanya kamu dan pasangan membutuhkan waktu untuk menenangkan diri dan merenungkan kesalahan masing-masing. Untuk itu, ketika hendak meminta maaf carilah waktu yang tepat dengan melihat keadaan pasangan, apakah sudah cukup tenang untuk diajak berbicara atau belum.

Pada saat-saat seperti itu, kamu hanya perlu waktu berdua tanpa adanya orang lain. Kalian bisa berbicara dari hati ke hati untuk mengakhiri situasi gak mengenakan setelah pertengkaran panjang yang terjadi.

3. Ucapkan kata cinta untuk pasangan

5 Cara Meminta Maaf Usai Bertengkar dengan Pasangan, Dijamin Baikan!Ilustrasi pasangan berpelukan (pixabay.com/free-photos)

Dalam keadaan yang penuh emosi, biasanya ada saja kata menyakitkan yang terlontar tanpa sengaja. Selain kata maaf, kamu bisa mengiringinya dengan pernyataan cinta untuk menunjukkan bagaimana perasaanmu tetap ada untuknya, walaupun kalian sedang berada di masa-masa yang sulit.

“Dengan memberi tahu pasangan anda bahwa anda mencintai (mereka), itu mengakui bahwa pertengkaran hanyalah kemunduran sementara dalam hubungan dan anda berkomitmen untuk bergerak maju," kata Jonathan Bennett, seorang ahli hubungan dan kencan di Double Trust Dating, yang dikutip Bustle.

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Meminta Maaf yang Harus Kamu Hindari

4. Jelaskan tanpa melakukan pembenaran

5 Cara Meminta Maaf Usai Bertengkar dengan Pasangan, Dijamin Baikan!Ilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Mengucapkan kata maaf dengan kalimat pembenaran adalah tindakan kurang tepat yang kamu ambil untuk menyelesaikan masalah. Itu sama saja memperlihatkan bahwa kamu gak ingin merasa disalahkan.

Maka dari itu, cukup jelaskan solusi dari masalah yang terjadi tanpa membuat alasan yang lain. Menurut Sheri, alih-alih mengatakan “Aku seharusnya gak meneriakimu, tapi aku benar-benar stres”, lebih baik untuk mengakui kesalahan dengan menekankan maaf dan berkata “Aku mengalami banyak tenakan, tapi itu bukan alasanku untuk berteriak”, seperti dikutip dari VerywellMind.

5. Belajar dari apa yang telah terjadi dengan selalu mendengarkan yang ia katakan

5 Cara Meminta Maaf Usai Bertengkar dengan Pasangan, Dijamin Baikan!Ilustrasi sedang berbicara (pexels.com/arvi refo)

Pertengkaran yang kerap terjadi bisa membuat hubunganmu perlahan hancur, bahkan berujung pada perpisahan. Maka dari itu, belajarlah dari apa yang terjadi untuk mencegah hal tersebut kembali di kemudian hari.

Selalu ingat penyebab pertengkaran sebelumnya dan apa saja yang dikatakan oleh pasanganmu sebagai bahan agar kamu lebih memahaminya. Jika kamu merasa ragu, segera komunikasikan dengan bertanya, daripada menebak-nebak.

“Penting bagi pasangan untuk mengetahui bahwa kamu mendengar apa yang mereka katakan. Jika kamu masih bersikap gak jelas, cobalah dan renungkan pertengkaran itu lagi,” ucap Amica Graber seorang ahli hubungan, tertulis pada laman Bustle.

Itu dia lima cara yang bisa segera kamu lakukan untuk meminta maaf usai bertengkar dengan pasangan. Kamu boleh memberi waktu luang untuk pasangan menenangkan diri dan kembali tenang, namun jangan lupa untuk segera meminta maaf agar hubungan kalian kembali harmonis, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dipahami sebelum Nabung Bareng Pasangan

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya