Comscore Tracker

5 Cara Bersikap pada Orang yang Membencimu, Jangan Balas Dendam

Tetaplah menjadi diri sendiri

Kebaikan dan keburukan. Dua hal yang selalu melekat pada setiap manusia. Tidak akan ada orang yang sepenuhnya baik, dan juga tidak akan ada orang yang sepenuhnya buruk. Sebaik-baiknya orang baik, dia pasti memiliki sisi buruk. Begitupun sebaliknya. 

Karena itu kamu tidak bisa menghindari kebencian atas orang lain kepada dirimu. Sebaik-baiknya kamu menjadi manusia, tetap akan ada yang membenci dirimu. Berikut ini adalah lima cara menanggapi orang yang membenci dirimu. 

1. Tak perlu mendengarkan

5 Cara Bersikap pada Orang yang Membencimu, Jangan Balas Dendamilustrasi dua orang berbicara (pexels.com/Monstera)

Apapun yang kamu lakukan hanya akan menjadi alasan orang-orang yang membenci dirimu untuk semakin membenci dirimu. Entah itu hal baik ataupun hal buruk, jika mereka sudah membenci dirimu, tak akan ada alasan lain untuk menyukai dirimu.

Hal yang pertama kamu harus lakukan adalah tak perlu mendengarkannya. Karena apapun kalimat yang keluar dari ucapannya hanyalah sebagian dari unek-uneknya kepadamu. Tak peduli kamu berbuat baik atau buruk.  

2. Tetaplah jadi diri sendiri

5 Cara Bersikap pada Orang yang Membencimu, Jangan Balas Dendamilustrasi wanita bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu tidak akan pernah benar dari mata orang yang membencimu. Selalu banyak tuntutan dari orang-orang yang membencimu. Intinya, kamu selalu salah di matanya. Jangan pernah mengikuti perkataan orang yang sedang membencimu. 

Dia hanya ingin membuatmu lebih sengsara. Dia hanya ingin membuatmu dipermalukan. Ketika kamu sengsara, dia bahagia. Ketika kamu bahagia, dia yang sengsara. Tetaplah menjadi diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Penyebab Orang Lain Susah Percaya, Kamu Mengalaminya?

3. Jangan pernah puaskan mereka

5 Cara Bersikap pada Orang yang Membencimu, Jangan Balas Dendamilustrasi wanita menyesal (pexels.com/Alex Green)

Memuaskan ekspektasi orang-orang akan membuat kamu lupa terhadap dirimu sendiri. Ingat, kamu juga butuh puas. Kamu juga berhak bahagia di dunia ini. Lalu apa yang harus kamu lakukan? 

Berhentilah memuaskan ekspektasi orang-orang, apalagi orang yang membencimu. Tidak akan pernah selesai jika kamu terus menerus memuaskan mereka. Jangan lupakan kebahagiaanmu hanya untuk memenuhi ekspektasi orang-orang yang membencimu. 

4. Jangan balas dendam

5 Cara Bersikap pada Orang yang Membencimu, Jangan Balas Dendamilustrasi wanita menyanggah kepalanya (pexels.com/Monstera)

Ketahuilah, balas dendam tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Balas dendam hanya akan membuat lubang kebencianmu dan dia semakin dalam. Lebih baik kamu selesaikan masalahmu dengannya baik-baik. 

Tanyakanlah kepadanya secara baik-baik. Tanyakanlah kepadanya kenapa dia membenci dirimu. Tak perlu membencinya juga. Percayalah, tidak akan ada yang akan kamu dapatkan dengan balas dendam. 

5. Tetaplah baik kepadanya

5 Cara Bersikap pada Orang yang Membencimu, Jangan Balas Dendamilustrasi wanita yang berteman (pexels.com/Thirdman)

Tetaplah baik kepadanya walaupun dia terus-menerus membencimu. Percayalah bahwa Tuhan punya jalan yang terbaik untuk memberikan rasa damai di antara kalian berdua. Dan kamu tidak tau itu terjadi kapan. 

Jika kamu berhenti melakukan kebaikan kepadanya. Mungkin kamu tidak akan pernah menemukan jalan keluarnya. Layaknya orang yang terus mencari jalan keluar di dalam labirin. Dia tidak bisa menemukannya jika hanya duduk dan mengeluh. 

Itulah lima cara bersikap kepada orang yang membenci dirimu. Perlu kamu ketahui, tidak akan ada orang yang sempurna di dunia yang tidak sempurna ini. Jika ada orang yang membencimu itu adalah hal yang wajar. 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Menurunkan Rasa Percaya Diri Seorang Pria, Hindari!

Muhammad alvian Photo Verified Writer Muhammad alvian

Hanya manusia yang juga mencintai manusia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya