Comscore Tracker

5 Hal Penyebab Seseorang Tak Percaya Pada Cinta

Siapa nih yang sedang di posisi ini? #IDNTimesLife

Tidak semua hal yang kita ketahui tentang cinta itu menyenangkan. Justru di beberapa momen, cinta juga dapat membuat kita terluka atau bahkan melupakannya. Dan itu nyata adanya, bukan hanya ada di drama.

Terlalu dalam sakit karena cinta, bukan tak mungkin membuat kita merasa bahwa cinta itu hanya omong kosong. Bahkan pada kenyataannya, banyak dari kita yang tak percaya dengan cinta! Kira-kira apa penyebabnya? Berikut jawabannya!

1. Pernah disakiti di masa lalu

5 Hal Penyebab Seseorang Tak Percaya Pada CintaBerusaha untuk tetap bahagia (Unsplash.com/keenanconstance)

Rasa sakit akan kenangan masa lalu, bisa saja membuat kita tak lagi mau dan percaya dengan daya tarik cinta. Apa yang pernah dirasa dulu, seolah hanya kebetulan dan kesalahan fatal yang pernah terjadi.

Sebenarnya bukan salah kamu apabila kamu tak percaya cinta seusai disakiti oleh mantan. Tetapi, tidak sepantasnya kamu menilai bahwa cinta itu 'fana' semata. Percayalah, akan ada saatnya kamu menyadari bahwa cinta sejati itu benar adanya.

2. Punya masa lalu keluarga yang buruk

5 Hal Penyebab Seseorang Tak Percaya Pada CintaKebingungan (Unsplash.com/NickKarvounis)

Anak-anak yang tumbuh di keluarga yang tidak harmonis, cenderung menjauhi segala perkara yang menyangkut cinta. Mereka menilai bahwa cinta hanya penyebab trauma baginya. Sebagaimana yang mereka saksikan dulu. Ini bukan salah mereka, ini juga bukan salah cinta. Mereka hanya belum memahami makna dari cinta yang sebenarnya, hingga mereka terlalu terburu-buru menyimpulkannya.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Hubungan Tetap Awet saat LDR, Komitmen adalah Kuncinya!

3. Terlalu banyak bermain-main

5 Hal Penyebab Seseorang Tak Percaya Pada CintaTertawa karena cerita (Unsplash.com/BrookeCagle)

Terlalu banyak bermain-main dengan perasaan akan membuat kamu kehilangan yang namanya keseriusan! Kamu lupa bagaimana cinta itu terbentuk, dan juga bagaimana cinta itu bertahan. Terlalu banyak pengalaman-pengalaman singkat dirimu yang berdasarkan perasaan cinta. Sehingga tanpa kamu sadari kamu hanya bermain-main dengan siapa saja yang menurutmu menarik. Bukan serius terhadap dia yang terbaik.

4. Kurang merasakan kasih sayang

5 Hal Penyebab Seseorang Tak Percaya Pada CintaBerpikir sendiri (Unsplash.com/ScottWarman)

Pengalaman adalah bagian terpenting dalam hidup kita yang membentuk pribadi kita di masa depan. Pengalaman buruk, cenderung membentuk kepribadian buruk di dalam diri kita, begitu pun sebaliknya. Sama halnya dengan pengalaman buruk tentang kasih sayang.

Minimnya kasih sayang yang kita rasakan, membuat kita tak mengerti bagaimana rasanya. Sehingga apa yang kita tafsirkan tentang kasih sayang itu bukan apa-apa. Dan dampaknya, cinta yang dirasakan tak sepenuhnya tersampaikan.

5. Merasa tertipu terhadap perasaan

5 Hal Penyebab Seseorang Tak Percaya Pada CintaMasih sendiri (Unsplash.com/priscilladuprezz)

Memberi ruang untuk seseorang masuk ke dalam hati, tetapi disia-siakan begitu saja. Sakit rasanya dan tentu memberikan ketakutan setelahnya. Di mana kita berharap untuk mendapatkan dirinya seutuhnya, tetapi justru malah tersakiti karenanya. Pada kondisi seperti itu, siapa saja pasti akan melupakan yang namanya cinta. Sebab trauma yang diterima membuat kita takut untuk kembali memulai.

Cinta memang tidak bisa disentuh apalagi dilihat. Tetapi satu hal yang pasti tentang cinta adalah semua akan bahagia di saat sudah bertemu dengan orang yang tepat!

Baca Juga: Pengin Hubungan dengan Si Taurus Awet, 5 Tips Ini Bisa Membantumu

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya