Comscore Tracker

Jangan Lupakan 5 Hal Ini Ketika Kamu Dibantu Teman Sejati

Jangan seperti orang yang tak tahu terima kasih

Kamu punya teman, bukan? Kira-kira apa gunanya teman untuk dirimu? Apakah hanya sebatas mengenal dan tempat untuk bercerita tentang segala sesuatu? Atau bahkan lebih dari itu. Faktanya teman adalah sosok yang paling dekat dengan kita secara pribadi selain keluarga kita sendiri. Mereka adalah sosok terdepan yang tahu diri kita selain diri kita sendiri.

Di saat kita membutuhkan bantuan, teman yang baik sudah pasti akan senantiasa membantu. Bahkan, tanpa kita minta seorang teman sejati sudah pasti memberikan yang terbaik untukmu. Untuk kamu, jika kamu dibantu oleh teman kamu juga tidak boleh melupakan lima hal. Hal apa sajakah itu? Yuk, simak jawabannya berikut ini!

1. Berterima kasih

Jangan Lupakan 5 Hal Ini Ketika Kamu Dibantu Teman SejatiBerbagai opini (Unsplash.com/AnnaVanderStel)

Hal pertama, paling penting, dan paling mendasar. Jangan pernah lupa untuk berterima kasih ketika kamu dibantu oleh teman, atau bahkan orang lain sekalipun. Berterima kasih tak akan membuat kamu rugi, sebaliknya berterima kasih akan membuat kamu lebih dihargai dan diingat sebagai sosok yang baik karena ikut menghargai orang di sekitarmu.

Orang-orang yang sombong akan sulit untuk mengatakan terima kasih atas apa yang orang lain perbuat untuknya. Oleh karena itu, jangan sampai lupa mengucapkan terima kasih jika kamu sudah dibantu, ya! Karena hanya dengan berkata seperti itu, kamu akan merasa lebih tenang dan orang lain pun akan merasa senang dengan kemurahan hatimu.

2. Menerima apa pun hasilnya

Jangan Lupakan 5 Hal Ini Ketika Kamu Dibantu Teman SejatiPemimpin tangguh (Unsplash.com/CherryDeck)

Sudah dibantu kok masih berharap lebih? Sebenarnya gak masalah kok ketika kita berharap yang terbaik meski itu datangnya dari bantuan sukarela teman kita sendiri. Akan tetapi, akan lebih baik jika kita menyerahkan apa pun hasilnya kepadanya. Karena itu akan membuat kita sama-sama nyaman dan tidak membebani teman yang ikut membantu kita.

Dan lagi pula, jika kita terlalu banyak meminta ini itu ketika dibantu, ditakutkan akan membuat teman kita berpikir bahwa kita tidak tahu terima kasih. Lebih baik kita serahkan yang terbaik dari apa yang bisa ia berikan. Urusan hasil, bisa kamu lihat nilai belakangan. Yang terpenting adalah kebaikan hatinya karena sudah mau membantu kamu.

Baca Juga: Berbagi dan Peduli, Ini 8 Cara Membantu Teman yang Sedih

3. Niatkan untuk membalas perbuatan baiknya

Jangan Lupakan 5 Hal Ini Ketika Kamu Dibantu Teman SejatiAda untuk membantu (Unsplash.com/jw)

Mungkin sebagian orang di luar sana tidak sepakat dengan hal ini. Tetapi, memang sebaiknya kita tidak begitu saja menganggap bantuan orang di sekitar sebagai hal lumrah. Akan jauh lebih baik jika kita memberikan sedikit apa yang kita mampu beri. Tidak harus uang, harta, atau semacamnya. Tetapi bisa berupa kebaikan lainnya yang mampu membalas perbuatannya.

Sebab, membalas kebaikan dengan kebaikan lainnya adalah tindakan yang sangat sempurna. Kita tidak pernah tahu apa isi hati orang lain. Tetapi, kita semua tahu bahwa semua orang menginginkan yang terbaik untuknya. Oleh karena itu, jika kita sudah mendapatkan yang terbaik untuk diri kita. Maka tak ada salahnya untuk memberikan yang terbaik untuknya!

4. Jaga hubungan baik sebagai teman

Jangan Lupakan 5 Hal Ini Ketika Kamu Dibantu Teman SejatiSenang-senang bareng (Unsplash.com/PriscillaDuPreez)

Jangan sampai, nih sesudah dibantu kamu malah kabur dan menghilang seperti orang yang tak tahu terima kasih! Sebisa mungkin kamu wajib menjaga hubungan baik sebagai teman. Tak masalah jika kamu tak mengikutsertakan perasaan terima kasihmu dalam menjaga hubungan baik ini. Karena itu juga akan membuat kamu lebih tulus dalam berteman.

Ketimbang orang lain yang mungkin memilih untuk berteman demi mendapatkan keuntungan seperti dengan apa yang kamu dapatkan layaknya dari seorang teman. Kamu akan menganggap bahwa saling tolong menolong di dalam pertemanan itu wajar dan kamu juga akan melakukannya. Tak perlu ragu, tak perlu sungkan, menolong itu kewajiban dan kamu tahu itu.

5. Jangan lari ketika ia membutuhkan bantuanmu!

Jangan Lupakan 5 Hal Ini Ketika Kamu Dibantu Teman SejatiTolong menolong itu penting (Unsplash.com/joelmuniz)

Kesalahan dan dosa terbesar dari seseorang yang ‘mengaku teman’ adalah ketika ia dibutuhkan, ia justru lari dan menolak untuk membantu. Itu bukan contoh teman yang baik. Bahkan disebut sebagai teman saja sudah tidak layak. Karena semestinya teman itu selalu ada ketika dibutuhkan, baik di saat senang ataupun sulit.

Jangan mengaku teman jika kamu masih saja beralasan ketika temanmu meminta bantuan. Karena ketika ia membantumu dulu, ia sama sekali tak berpikir bahwa kamu akan meninggalkannya seperti ini. Di mana letak hatimu? Jangan sampai kamu malu ketika sadar bahwa apa yang kamu perbuat sama sekali tak mencerminkan kebaikan hati seorang teman.

Tak peduli apakah ia teman baik atau hanya sekadar kenal, tolong menolong itu wajib untuk semua orang. Jika kita menolong orang lain hari ini, mungkin kita akan mendapatkan balasan baiknya nanti. Ketika kita ditolong hari ini, maka jangan lupa membalas kebaikannya!

Baca Juga: 5 Alasan Menolong Teman dengan Pamrih Itu Sekali-kali Boleh Dilakukan

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya