Comscore Tracker

6 Tipe Toxic Friend yang Harus Kamu Jauhi di Tahun 2020

Jangan sampai membebani diri sendiri, guys..

Punya banyak teman dan sahabat memang menyenangkan. Akan tetapi, tidak semua hubungan pertemanan dapat berjalan dengan baik. Bisa saja salah satu pihak dalam hubungan tersebut berpikir jika teman yang dimilikinya bukanlah orang yang tepat untuk dijadikan teman. Bukannya membuatmu senang dengan hubungan pertemanan yang terjalin, mereka justru bisa membuatmu stres bahkan merasa seperti di neraka.

Nah, karena sebentar lagi memasuki tahun baru, maka kamu harus mempertimbangkan untuk menghindari teman-teman yang membawa dampak negatif. Berikut ini beberapa tipe teman yang sebaiknya kamu hindari di tahun 2020 mendatang.

1. Hanya ingin 'menerima' tanpa pernah mau 'membalas'

6 Tipe Toxic Friend yang Harus Kamu Jauhi di Tahun 2020pexels/@wildlittlethingsphoto

Saat ini banyak sekali orang yang mengaku sebagai teman atau sahabat tapi hanya mau menerima segala bentuk bantuan tapi tidak membalasnya. Nah, tipe orang seperti inilah yang termasuk toxic friend dan patut kamu hindari.

Tindakan mereka yang hanya mengharapkan pemberian ini merupakan kebiasaan yang dilakukan dengan niatan untuk menguntungkan diri sendiri. Jadi sebaiknya hindari saja teman macam ini.

2. Suka banget menyalahkan orang lain, termasuk kamu sebagai temannya

6 Tipe Toxic Friend yang Harus Kamu Jauhi di Tahun 2020pexels/@elijahsad

Jika kamu merasa memiliki teman yang kerjanya suka menyalahkan orang lain, termasuk kamu sebagai temannya, sebaiknya segera jauhi orang tersebut tahun depan. Pasalnya, orang-orang seperti itu akan mencoba menyerang, melemahkan, atau mempertanyakan persepsi tentang suatu hal yang berakibat pada rusaknya hubungan pertemanan.

Orang dengan sikap seperti ini juga kerap berbohong dan suka menyangkal pandangan orang lain tanpa memedulikan apa yang memang sebenarnya terjadi. Yakin masih mau temenan dengan model orang macam ini?

3. Dia menganggap dirimu dan teman lainnya sebagai saingan

6 Tipe Toxic Friend yang Harus Kamu Jauhi di Tahun 2020unsplash/@priscilladupreez

Persaingan dalam sebuah hubungan pada dasarnya merupakan hal yang wajar, selama persaingan tersebut adalah persaingan yang sehat. Namun, untuk teman yang beracun, mereka justru akan berusaha untuk bersaing secara tidak sehat bahkan selalu merasa iri dan seolah kamu dan dia sedang berkompetisi.

Mereka tidak akan mau dimintai saran atau bersikap 'bodo amat' agar terlihat lebih kompeten. Gak jarang, mereka juga justru merasa senang saat kamu sedang dalam kondisi terpuruk.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Banyak Orang Memilih Bertahan pada Toxic Relationship

4. Suka mengeluh dan memberikan energi negatif

6 Tipe Toxic Friend yang Harus Kamu Jauhi di Tahun 2020pexels/@tirachard-kumtanom-112571

Jika percakapan antara kamu dan temanmu hanya berisi tentang masalah yang ia miliki tanpa menyadari bahwa kamu dan semua orang juga punya masalah, berarti dia termasuk tipe teman yang toxic. Layaknya tempat sampah, dia membuang segala permasalahannya ke dalam pikiranmu sehingga mau tidak mau kamu jadi terkena imbasnya.

Energi negatif yang disalurkan dari topik yang dibahas membuatmu merasa kewalahan dan lelah. Seakan-akan semua energi positif habis untuk mendengarkan orang yang kamu anggap teman ini menceritakan kisah pilunya.

Menceritakan kisah yang tidak menyenangkan, dan menjadikan teman sebagai sandaran untuk curhat memang wajar. Namun, jika terlalu sering mengeluh atas kehidupan yang kamu jalani, itu bisa berarti masalahnya ada dirimu dan bukan orang lain.

5. Hanya datang saat butuh saja

6 Tipe Toxic Friend yang Harus Kamu Jauhi di Tahun 2020pexels/@hillaryfox

Ketika senang dia menghilang, ketika terpuruk dan merasa sedih dia datang seolah meminta pertolongan. Ya, begitulah teman yang beracun. Mereka akan menghubungi kamu hanya disaat sedang merasa membutuhkan bantuan saja.

Namun, sebenarnya sangat wajar jika sebagai teman kalian jarang berjumpa. Apalagi kamu atau dirinya sudah memiliki pasangan dan keluarga. Akan tetapi, teman yang beracun di sini biasanya akan tiba-tiba menjadi baik, lebih perhatian, dan mengajakmu jalan setelah sekian lama tidak bertemu. Saat bertemu, baru deh ketahuan jika ada maunya.

6. Suka memanfaatkan kebaikanmu untuk keuntungannya

6 Tipe Toxic Friend yang Harus Kamu Jauhi di Tahun 2020pexels/@daria

Sebagai manusia, kita dituntut untuk bersikap baik kepada semua orang. Namun tidak semua orang bisa melakukan hal yang sama. Jadi, jika kamu kebetulan orang yang tidak mengharapkan balasan atas segala perbuatan baik yang telah dilakukan, maka siap-siap saja untuk didekati oleh orang yang oportunis.

Mereka akan mendekat dan melekat agar dapat menjadi "teman" dan memanfaatkan kebaikan dan kemurahan hatimu demi keuntungan pribadinya. Kalau kamu merasa ada temanmu yang seperti itu, sebaiknya mulai hindari jika tidak ingin terjalin dalam toxic friendship.

Menyambut tahun baru yang sebentar lagi berlangsung, pasti kamu memiliki resolusi tersendiri bukan? Nah, jangan lupa juga untuk membuat resolusi agar terhindar dari teman yang membawa dampak negatif dalam hidup ya. 

Baca Juga: 5 Cara Bijak & Elegan Mengakhiri Toxic Friendship, Jangan Tunda Lagi

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Just For You