Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Menentukan Pasangan Terbaik

Pastikan bahwa dia layak menjadi teman hidup

Semua orang mendambakan pasangan yang terbaik dalam hidupnya. Namun, sebelum akhirnya menemukan pasangan terbaik tentu harus melewati tantangan dan jalannya masing-masing. Sebab, menentukan pasangan terbaik memang tidak mudah dan  membutuhkan proses yang panjang

Oleh sebab itu, agar tidak salah mencari pasangan terbaik, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut, simak ulasannya di bawah ini, ya.

1. Memiliki self control baik 

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Menentukan Pasangan Terbaikilustrasi orang yang mudah emosi (pexels.com/MART PRODUCTION)

Salah satu sebab hubungan berakhir adalah seringnya terjadi pertengkaran ataupun perselisihan. Tak jarang adu debat tersebut menjadi pemicu utama terjadinya kekerasan fisik maupun verbal. Oleh sebab itu, sebelum menjalin hubungan lebih jauh, kontrol diri pasangan menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Karena pasangan yang terbaik tidak akan berani berbuat kasar seperti memukul, mengancam, ataupun bullying tapi mampu untuk mengendalikan dirinya dari emosi yang berlebih. Orang yang memiliki kemampuan mengontrol diri tentu dapat menyikapi setiap permasalahan dengan bijaksana, baik perdebatan kecil ataupun besar.

2. Bersikap kondisional 

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Menentukan Pasangan Terbaikilustrasi pasangan (pexels.com/Athena)

Pasangan terbaik yang layak dipertahankan adalah pasangan yang bersikap kondisional, artinya mau menerima keadaan baik susah maupun senang. Apabila pasangan sedang mengalami gagal atau jatuh akan tetap menerima dan tidak merendahkanmu. Bentuk dukungannya ditunjukkan dengan tidak banyak mengeluh tapi tetap bersyukur dalam keadaan sulit.

Sebab, tak sedikit yang hubungannya kandas karena ada pasangan yang ingin senangnya saja sehingga saat ditimpa musibah justru ditinggalkan.

3. Sudah selesai dengan masa lalunya 

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Menentukan Pasangan Terbaikilustrasi pasangan (pexels.com/Bethany Ferr)

Menjalin hubungan bersama orang yang belum selesai dengan masa lalunya merupakan pertimbangan yang gak boleh disepelekan. Banyak hubungan berakhir karena salah satunya merasa gagal move on dan belum mampu berdamai dengan masa lalu.

Hal itu sangat menyakitkan karena kamu akan dibanding-bandingkan dengan mantannya dari sikap, perilaku, penampilan, dan lainnya. Bahkan, dia akan mudah kembali ke mantan karena terkadang orang lamalah yang akan menjadi pemenangnya. Maka dari itu, kalau mendapati pasangan yang belum move on dengan masa lalunya lebih baik untuk menyudahi saja karena berpotensi membuatmu sakit hati.

Baca Juga: 5 Alasan Pacar yang Berawal dari Perselingkuhan Bukan Jodoh Terbaik

4. Royal dan murah hati 

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Menentukan Pasangan Terbaikilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Siapa yang tidak mengingkan memiliki pasangan yang royal dan murah hati? karena kalau bersikap royal berarti dia tahu cara membahagiakan pasangan. Selalu memastikan bahwa pasangan bahagia dan tidak kekurangan sesuatu apa pun.

Sebagai orang yang berharga dalam hidupnya tentu akan berusaha menyenangkan pasangan. Jadi, kamu pun mesti berhati-hati dengan pasangan yang sangat perhitungan dan tidak pernah berinisiatif untuk membayar.

5. Tahu cara menghormati pasangan 

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Menentukan Pasangan Terbaikilustrasi pasangan (pexels.com/Samson Katt)

Saling menghormati pasangan merupakan aspek penting dalam hubungan. Sehingga kalau pasanganmu dari awal sudah mengekang waktumu, tidak menghargai privasimu, menjatuhkanmu, dan sering berbohong. Hal itu menandakan bahwa dia tidak menghormati dan menghargaimu sebagai pasangan.

Sebab, kalau dia tahu bagaimana caranya menghormati pasangan tentunya akan mendukung pilihanmu, memberi kebebasan, menjaga privasi, menerima kekurangan bukan mencelamu, dan terbuka kepadamu. Dengan begitu, pasangan pun akan merasa aman dan tenang dalam menjalin hubungan.

Mencari pasangan terbaik memanglah tidak mudah, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan dahulu sebelum menjadikannya pendamping hidup. Karena pasangan terbaik tidak didapatkan dalam waktu sebentar sehingga pastikan bahwa pasanganmu adalah orang yang akan membuatmu merasa bahagia dan bersyukur.

Baca Juga: 7 Tanda Tingginya Kecocokan di Antara Kalian, Jodoh Nih!

Murniawati Photo Verified Writer Murniawati

nothing is impossible if you keep trying.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya