Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Orang Introvert Kadang Enggan Berpacaran

Banyak-banyak 'me time' sebenarnya adalah energi introvert

Introvert adalah orang yang pada umumnya pendiam, pemalu dan cukup tertutup. Ketika memulai suatu hubungan, pastinya sebagai pasangan kita harus saling terbuka dan memahami satu sama lain.

Namun menjadi sebuah tantangan untuk para introvert. Mengapa cukup sulit bagi introvert untuk menjalin suatu hubungan? Ayo kita baca alasannya.

1. Overthinking

5 Alasan Kenapa Orang Introvert Kadang Enggan Berpacaranunsplash.com/nate_dumiao

Bukan kemauan sendiri, memang sudah menjadi kebiasaan mereka sebagai para introvert berpikir terlalu banyak. Hal-hal yang sepele pun turut mereka pikirkan.

Ini karena dalam suatu hubungan banyak hal baru yang mereka lakukan dan pelajari yang belum pernah ada sebelumnya sehingga mereka banyak mempertimbangkan hal yang sebenarnya biasa saja bagi orang pada umumnya.

2. Khawatir dengan pasangan yang kurang memahami mereka

5 Alasan Kenapa Orang Introvert Kadang Enggan Berpacaranunsplash.com/itsmiki5

Karena sikap mereka yang kebanyakan pasif, kadang banyak pasangan yang salah menilai atas sikap yang dilakukan oleh para introvert. Terkadang hal ini dapat mengganggu mereka karena mereka berpikir bahwa pasangan tidak dapat memahami mereka yang pada akhirnya jatuh dalam kesalahpahaman dan overthinking lagi.

3. Ia sulit menikmati percakapan ringan

5 Alasan Kenapa Orang Introvert Kadang Enggan Berpacaranunsplash.com/punttim

Kebanyakan para introvert merupakan orang yang to do point, tidak bertele-tele dan tak pandai basa-basi. Dalam menjalin suatu hubungan tentu saja komunikasi itu penting untuk dilakukan setiap harinya dan didalamnya terdapat obrolan atau pertanyaan-pertanyaan sepele.

Hal ini kurang berkenan bagi para introvert karena mereka lebih menghargai percakapan yang memiliki arti dan tidak ingin menghabiskan waktu atau energi bagi hal yang mereka anggap tidak terlalu penting.

Baca Juga: 7 Alasan Logis Para Introvert yang Suka Menyendiri Lebih Pintar & Kuat

4. Terkurasnya banyak energi

5 Alasan Kenapa Orang Introvert Kadang Enggan Berpacaranunsplash.com/yrss

Mungkin kedengaran cukup aneh namun bagi para introvert yang lebih suka sendiri dan melakukan hal-hal sendiri membuat mereka cukup lelah terhadap hal-hal berupa kencan ke mall, hangout bareng temen-temen pacar, berbincang panjang lebar dan lainnya yang membuat mereka tidak menjadi diri mereka sendiri.

Inilah yang membuat mereka sulit untuk menjalin suatu hubungan karena capek akibat terkurasnya banyak energi.

5. Mempengaruhi kedamaian diri

5 Alasan Kenapa Orang Introvert Kadang Enggan Berpacaranunsplash.com/benwhitephotography

Para introvert biasanya adalah tipikal yang cinta damai dan menjunjung tinggi ketenangan hati maupun pikiran. Karena itulah mereka lebih memilih menyendiri, melakukan hal-hal dan kesenangan mereka sendiri untuk mendapatkan keseimbangan antara pikiran dan hati.

Mereka akan lebih memilih di rumah daripada pergi keluar yang biasa dilakukan oleh orang yang sedang berpacaran. Dan dalam menjalin suatu hubungan, introvert akan lebih mengutamakan kesan pasangannya dan lebih mementingkan diri pasangan mereka dibanding diri mereka sendiri sehingga terkadang hal itu mengganggu fokus mereka terhadap diri sendiri.

Apakah pasanganmu adalah seorang introvert? Atau kamu yang introvert?

Baca Juga: 5 Tanda Nyata Introvert Suka Padamu Tapi Gak Berani Bilang

n d Photo Verified Writer n d

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya