Comscore Tracker

5 Tanda Kamu dan Pasangan Sudah Saling Percaya, Harus Dijaga

Jangan menghancurkan kepercayaannya, ya!

Hubungan percintaan mesti didasari rasa saling percaya dan keterbukaan. Sebab, cinta saja gak cukup untuk mempertahankan hubungan. Dua hal tersebut memungkinkan kamu dan pasangan untuk mengenal satu sama lain lebih dalam. Dengan demikian, hubungan pun semakin erat dan harmonis.

Memang, sih, menaruh kepercayaan pada pasangan bukanlah hal yang mudah. Tapi ini bisa dibangun bersama, kok. Perjuangan kalian bisa dikatakan berhasil dengan kehadiran lima tanda ini. Yuk, simak sampai habis!

1. Terbuka soal cerita pahit di masa lalu

5 Tanda Kamu dan Pasangan Sudah Saling Percaya, Harus Dijagailustrasi bercerita soal masa lalu (pexels.com/SHVETS Production)

Gak mudah, lho, untuk menceritakan masa lalu yang mungkin membangkitkan luka tertentu. Butuh keberanian lebih untuk bisa membuka kisah lama yang sudah dikubur dalam-dalam. Ini akan lebih sulit pada orang yang tertutup akan kehidupan pribadinya.

Namun jika kalian akhirnya saling terbuka dan menerima masa lalu masing-masing, artinya kalian sangat memercayai satu sama lain. Baik kamu maupun pasangan merasa aman dan nyaman sehingga mampu mengorek kembali kisah yang pahit.

2. Berani tampil apa adanya

5 Tanda Kamu dan Pasangan Sudah Saling Percaya, Harus Dijagailustrasi pasangan merasa nyaman (pexels.com/Andres Ayrton)

Saat masih PDKT, kamu pastinya akan bersolek dan berpakaian all out agar terlihat menarik di mata doi. Hal itu wajar saja, sih. Namun seiring waktu, saat kamu mulai merasa nyaman dengannya, kamu gak akan merasa masalah jika memerlihatkan sisi sederhana kamu. 

Begitu pula dengan pasangan. Kalian menerima satu sama lain apa adanya sehingga tak ragu untuk tampil biasa saja. Tanpa riasan, tanpa pakaian memukau. Bahkan, kalian gak malu untuk bertemu meski baru bangun tidur atau saat belum mandi.

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Membawa Pengaruh yang Tidak Sehat dalam Hubungan

3. Mengizinkan berteman dengan siapa saja

5 Tanda Kamu dan Pasangan Sudah Saling Percaya, Harus Dijagailustrasi sekelompok orang berbincang (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Berpacaran bukan berarti kita harus memutuskan hubungan pertemanan dengan orang lain. Sebelum menjadi kekasihmu, si doi terlebih dahulu menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Tentu gak adil jika kamu melarangnya untuk nongkrong dengan mereka.

Kalau kamu dan pasangan gak masalah dengan pertemanan satu sama lain, maka kalian sudah saling percaya banget, nih! Kalian tahu bahwa perasaan yang dimiliki sama-sama kuat sehingga tak ada ruang untuk cinta yang lain. Jadi, gak ada yang perlu dikhawatirkan tentang hal itu.

4. Merasa aman saat bersamanya

5 Tanda Kamu dan Pasangan Sudah Saling Percaya, Harus Dijagailustrasi pasangan (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Menjadi diri sendiri di depan pasangan juga bukan hal yang mudah. Dengan menunjukkan sifat dan sikap asli masing-masing, itu tandanya kalian merasa aman saat berada di dekat satu sama lain. Segala ketakutan dan kekhawatiran seperti terlepas dari kepala, sebab kalian percaya gak akan saling menyakiti.

Saat berhasil mencapai titik ini, kalian bahkan gak ragu untuk mengutarakan pendapat meski saling bertentangan dan bisa jujur terhadap apa yang dirasakan. Meski begitu, tetap perhatikan koridornya. Jangan sampai kamu kelepasan dan justru menyakiti pasangan.

5. Menghargai satu sama lain

5 Tanda Kamu dan Pasangan Sudah Saling Percaya, Harus Dijagailustrasi pasangan berdiskusi (pexels.com/cottonbro)

Kalau ini berkaitan dengan poin sebelumnya, nih. Saat sudah percaya, kamu akan merasa aman bahkan saat memiliki pandangan yang berbeda.

Namun meski memiliki banyak perbedaan, kalian tetap menghargai satu sama lain. Bagi kalian, perbedaan bukanlah sesuatu yang perlu diributkan.

 

Memupuk kepercayaan memang butuh proses. Demi hubungan langgeng, kamu butuh berjuang pastinya.

Jika lima tanda di atas hadir dalam hubungan, artinya kamu dan si doi sudah saling percaya sepenuhnya. Jaga kepercayaan ini baik-baik, ya. Kalau sudah hancur, akan sulit membangunnya kembali!

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan yang Bisa Memberi Masa Depan, Pertahankan!

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya