Comscore Tracker

5 Tips agar Kamu Disukai Banyak Orang dan Jadi Sosok Menyenangkan

Dijamin orang lain jadi nyaman berada di dekatmu!

Sebagai makhluk sosial, manusia tak bisa hidup sendirian. Akan selalu ada momen di mana kita membutuhkan orang lain untuk mengisi kekosongan dalam hidup. Bahkan, berada di lingkar pertemanan yang sehat bisa membawa dampak positif bagi diri kita, seperti memicu kita untuk lebih berkembang dan mencapai versi terbaik diri kita.

Namun, tak sedikit orang kesulitan mendapat teman. Bahkan, sering kali mereka merasa kebingungan saat berinteraksi dengan orang lain. Lantas, bagaimana cara membuat orang nyaman berada di dekat kita?

Kamu bisa ikuti beberapa tips ini agar bisa membangun hubungan pertemanan. Simak ulsannya sampai habis, ya!

1. Berpikiran terbuka

5 Tips agar Kamu Disukai Banyak Orang dan Jadi Sosok Menyenangkanilustrasi sekelompok orang berdiskusi (pexels.com/Fauxels)

Setiap orang punya sudut pandang beragam dalam menyikapi suatu masalah. Memiliki persepsi yang berbeda sejatinya merupakan hal yang wajar. Sayangnya, banyak orang cenderung tak bisa menerima fakta ini. Mereka tak segan mendebat, bahkan, menjauhi orang yang tak sependapat dengan mereka.

Hidup tak sesederhana hitam dan putih. Kehidupan manusia berjalan secara dinamis. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk berpikiran terbuka dan mendengarkan pendapat yang berbeda. Terlepas apakah kita menerima atau menolak gagasan tersebut, kita tetap perlu menghargai orang lain.

2. Bersikap baik tanpa pandang bulu

5 Tips agar Kamu Disukai Banyak Orang dan Jadi Sosok Menyenangkanilustrasi orang membantu rekan kerja (pexels.com/Fauxels)

Menyebarkan kebaikan terhadap sesama ternyata menjadikan kamu sebagai sosok yang inspiratif, lho. Banyak orang akan secara alami tertarik padamu. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan kebaikan ternyata bisa meningkatkan hormon oksitosin dan endorfin. Kedua hormon ini membuat kita lebih bahagia.

Bisa dibilang, kebaikan bisa mengaktifkan efek domino yang positif di dalam otak. Saat berbuat baik, otak kita merasakan sensasi bahagia yang kemudian terpacu untuk melakukan kebaikan lainnya.

Baca Juga: 5 Penyebab Kandasnya Hubungan Pertemanan, Mengalaminya?

3. Hindari mengkritik berlebihan

5 Tips agar Kamu Disukai Banyak Orang dan Jadi Sosok Menyenangkanilustrasi mengkritik (pexels.com/Mikhail Nilov)

Sebuah kritik tentunya bisa memperbaiki dan meningkatkan kemampuan seseorang. Namun, hal ini tak berlaku jika kamu mengkritik orang secara berlebihan. Terkadang, sikap ini justru dianggap menyebalkan.

Tak semua hal bisa kamu komentari. Bahkan, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu simpan di dalam diri sendiri. Sebab, menyampaikan kritik juga perlu memggunakan etika. Jadi, kamu gak bisa sembarangan berkomentar tanpa memikirkan perasaannya, ya!

4. Sopan santun

5 Tips agar Kamu Disukai Banyak Orang dan Jadi Sosok Menyenangkanilustrasi sekelompok orang berbincang (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Kita hidup di tengah masyarakat yang menjunjung tinggi norma-norma. Kesopanan menjadi salah satu nilai yang perlu kamu pegang erat di mana pun dan kapan pun, tak terkecuali saat bercengkrama dengan teman sebaya.

Karena menganggap berada di kelompok usia yang sama, kita sering kali kelepasan dan berlaku seenaknya tanpa berpikir panjang. Ini bisa membuat kamu dicap buruk sehingga orang malas berada di dekatmu. Oleh karena itu, tetap pegang kontrol diri saat bersama orang lain, ya! Terutama saat berada di sekitar orang-orang yang baru kamu kenal.

5. Jujur apa adanya

5 Tips agar Kamu Disukai Banyak Orang dan Jadi Sosok Menyenangkanilustrasi sekelompok orang menghabiskan waktu bersama (freepik.com/freepik)

Saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya, kita ingin menciptakan kesan baik di mata mereka. Sebab, first impression menentukan bagaimana orang lain menilai kepribadian kita. Sayangnya, gak sedikit orang bersikap fake sehingga terlihat memaksakan. Apa yang dilakukan pun tidak terasa tulus dan justru membuat orang lain merasa tak nyaman.

Untuk menghindari hal ini, sebisa mungkin cobalah untuk bersikap jujur pada diri sendiri. Ini bukan berarti kamu gak memperbaiki kekuranganmu. Tapi, ketahui jati diri kamu sesungguhnya dan hindari untuk mencoba menjadi orang lain.

Meski terdengar sederhana, tips-tips ini tentu akan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, tentu kamu bisa mulai mencoba menerapkannya secara perlahan. Jika dilakukan secara konsisten, kelima hal ini akan menjadi kebiasaan dan bagian dari diri kamu dalam jangka waktu panjang. Semoga menginspirasi!

Baca Juga: 5 Cara Menolak Ajakan Pertemanan dari Mantan, Harus Tegas!

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya