Comscore Tracker

5 Pelajaran Ini Harus Diresapi Pasangan Suami Istri yang Baru Menikah

Tak hanya senangnya saja

Menikah dan menjadi sepasang suami istri yang resmi diakui adalah impian semua pasangan. Tak hanya lagi bebas melakukan apapun berdua, namun menikah juga seolah menjadi pembuktian bahwa mereka telah siap mengarungi hidup berumah tangga berdua selamanya.

Meski selama menikah tak ada hal yang mudah dilakukan. Artinya semua butuh usaha, waktu dan mengalami proses untuk menjadi keluarga impian atau family goals yang kita impikan. Tapi itulah sebenarnya tujuan menikah. Mengarungi hidup berdua, melalui semua suka duka bersama hingga mencapai apa yang membuat kita bahagia pun bersama.

Di awal menikah, mungkin banyak orang meyakini bahwa hanya bahagia yang dirasakan. Sebab mereka masih baru merasakan hidup bersama tanpa batasan, malah semakin mudah melakukan apapun yang diinginkan. Tapi lebih dari itu, menjadi pasangan suami istri yang baru menikah tentu ada pelajaran berharga yang harus dijalani berdua. Apa saja itu?

1. Mengelola keuangan di awal hidup bersama

5 Pelajaran Ini Harus Diresapi Pasangan Suami Istri yang Baru MenikahInstagram.com/kdrama.official

Tentu saja hal ini menjadi sangat krusial saat kamu dan pasanganmu mulai hidup bersama. Kebutuhan yang awalnya hanya tentang kamu atau dia, kini berubah menjadi kalian. Menjadi dua kali atau bahkan beberapa kali lipat dari yang biasanya kalian keluarkan. Meski kalian sama-sama berpenghasilan, kamu dan dia harus pandai mengatur pengeluaran. Tentu saja agar kalian tetap bisa memenuhi kebutuhan dan lebih-lebihnya bisa untuk menabung.

Di awal menikah kamu dan pasangan pun harus memisahkan mana kebutuhan dan keinginan kalian. Kamu dan dia adalah manusia yang memiliki keinginan masing-masing. Ingin dimengerti dan dituruti. Tapi jika sudah berdua, semua harus saling memahami. Pisahkan mana yang harus kalian penuhi lebih dulu dan mana yang bisa kalian penuhi nanti. Dari yang awalnya kamu dan dia adalah orang yang tanpa perhitungan, kini kalian harus benar-benar mengatur agar bisa memenuhi semua yang dibutuhkan.

2. Mengatur waktu agar tetap bisa seperti saat pacaran

5 Pelajaran Ini Harus Diresapi Pasangan Suami Istri yang Baru MenikahInstagram.com/kdrama.official

Selama pacaran, kamu dan dia seolah berlomba-lomba meluangkan waktu untuk bisa bertemu berdua. Sekedar makan atau nonton film kesukaan. Bahkan kamu dan dia seolah tak keberatan jika harus menggunakan hari libur untuk istirahat, asal bisa menemani dia melakukan yang dia sukai. Tapi mungkin semua akan berbeda saat kamu dan dia menikah.

Kalian memang sudah hidup berdua sekarang. Tapi bukan berarti kamu dan dia bisa lebih bebas kencan di malam minggu atau hari libur. Kamu dan dia yang sudah mulai sibuk dengan pekerjaan masing-masing, mungkin akan lebih sulit menyesuaikan jadwal atau mempertemukan waktu berdua. Meski tak wajib keluar di malam minggu, setidaknya kalian harus menyisihkan waktu agar tetap harmonis.

3. Belajar membagi cinta untuk semua keluarga

5 Pelajaran Ini Harus Diresapi Pasangan Suami Istri yang Baru MenikahInstagram.com/kdrama.official

Di awal sebelum menikah, harusnya kamu dan dia tuntas memahami tugas maisng-masing. Salah satunya yaitu tetap menjadi anak bagi orang tua masing-masing dan orang tua pasangan. Setelah menikah tidak ada lagi kamu atau dia, semua sudah menjadi kalian. Membagi cinta hingga waktu bagi orang tua dan keluarga lainnya sangatlah penting dilakukan.

Kamu dan dia akan sama-sama memahami kebiasaan dan perilaku saat berkumpul dengan keluarga pasangan. Mungkin ada hal yang disukai dan yang membuatmu tidak nyaman. Tapi kamu dan dia harus tetap saling mengerti. Di sinilah kalian agar belajar mencintai dan membagi waktu untuk keluarga. Tak ada yang merasa diunggulkan atau dikesampingkan. Semua sama dan semua akan mendapatkan apa yang harusnya didapatkan.

Baca Juga: 19 Ilustrasi Ini Cuma Bisa Dipahami Suami Istri yang Super Kompak!

4. Mendalami hobi agar bisa saling memahami

5 Pelajaran Ini Harus Diresapi Pasangan Suami Istri yang Baru MenikahInstagram.com/kdrama.official

Mungkin sebelumnya kamu dan dia sudah lama bersama. Kalian sama-sama mengerti kesukaan atau hobi pasangan. Seolah tidak lagi membutuhkan saran ini, tapi bagaimanapun kamu dan dia harus terus belajar memahami hobi yang disukai pasangan.

Bagaimana mungkin kamu dan dia bertahan, jika kalian sulit memahami keinginan atau hobi pasangan. Kamu akan marah saat dia terlalu lama menjalani hobinya. Dia tidak mengijinkanmu melakukan hobimu. Menyebalkan bukan? Tentu saja, sebab bagaimanapun kamu dan dia harus terus belajar saling memahami dan mendukung.

5. Menempatkan diri agar tak mudah baper

5 Pelajaran Ini Harus Diresapi Pasangan Suami Istri yang Baru MenikahInstagram.com/kdrama.official

Dalam pernikahan, perselisihan itu wajar terjadi. Semua pasangan wajar merasa paling benar dan ingin lebih dimengerti. Bagaimana tidak, dua orang dengan kepribadian yang berbeda, dua sifat dan pola pikir yang berbeda. Kamu dan dia akan bersama menyatukan keinginan. Bukan memaksakan kehendak lalu baper karena tak sesuai dengan ekspektasimu.

Ingat! Baper bukan hanya dialami wanita karena mereka terlalu berperasaan. Pria pun bisa baper namun dengan cara yang berbeda. Di sini kalian akan sama-sama belajar memahami karakter dan kepribadian masing-masing. Apa yang disuka? Apa yang dihindari? Akan kalian pelajari bersama untuk bisa saling memahami keinginan dan harapan berdua.

Baca Juga: 5 Alasan Tak Perlu Ragu Sekolah Tinggi Hanya Jadi Ibu Rumah Tangga

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya