Comscore Tracker

Semua Pasti Bisa Kok! Ini 7 Tips Agar Hubungan LDR Pertamamu Berhasil

Kalian harus saling mengerti

Dalam kehidupan manusia, tidak ada yang pernah menginginkan sebuah kegagalan hadir di dalam perjalanan hidupnya. Mulai dari gagal dalam ujian sekolah, gagal mendapat pekerjaan, hingga gagal menjalani suatu hubungan.

Beberapa orang justru menjadikan keberhasilan sebuah hubungan sebagai tolak ukur kebahagiaan dalam hidup. Namun nyatanya tidaklah seperti itu. Banyak hal yang membuat sebuah hubungan tidaklah mudah dijalani. Terlebih bagi bagi pasangan yang harus melalui hubungan jarak jauh.

LDR memang menjadi suatu momen yang mungkin saja paling ditakuti oleh sebagian besar pasangan. Tak hanya karena tidak memiliki banyak waktu untuk bertemu dan menjalani hubungan layaknya pasangan pada umumnya, namun banyaknya isu kegagalan yang mengancam dan justru membuat mereka yang menjalani hubungan LDR semakin takut.

Nyatanya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan hubungan LDR yang akan segera kamu lakukan. Tentu saja tidak menjamin semua berhasil, namun setidaknya kamu harus mencoba.

1. Sadari kalian akan segera 'berpisah'

Semua Pasti Bisa Kok! Ini 7 Tips Agar Hubungan LDR Pertamamu Berhasilinstagram.com/kdrama.official

Banyak pasangan yang gagal menjalani hubungan LDR karena tidak mempersiapkan segalanya sejak awal. Daripada mempersiapkan mereka cenderung menyangkal dan mengalihkan seolah semua tidak akan pernah terjadi.

Kenyataan kamu dan pasangan yang harus segera 'berpisah' mungkin memang berat. Tidak mudah harus terbiasa tanpa dia di sampingmu. Namun semua memang benar akan kamu alami.

Jika sudah begitu, yakinlah bahwa kamu dan pasangan akan segera 'berpisah'. Dalam hal ini tentu bukan berpisah yang sesungguhnya sebagai seorang pasangan. Kamu dan dia hanya akan sedikit berjauhan dan semakin jarang untuk saling bertemu.

Meski sulit, kamu dan dia harus sama-sama saling tahu dan mengerti bahwa perpisahan ini akan terjadi. Jangan menyangkal, sebab kamu pun butuh mempersiapkan segalanya sebelum pada akhirnya benar-benar tidak saling bertemu untuk aktu yang lama.

2. Sepakati media dan cara komunikasi berdua

Semua Pasti Bisa Kok! Ini 7 Tips Agar Hubungan LDR Pertamamu Berhasilinstagram.com/kdrama.official

Dalam sebuah hubungan, hal yang paling sulit namun sangat kalian butuhkan adalah komunikasi. Kamu dan pasangan yang kini saling berjauhan tetap harus saling menjaga agar hubungan terus harmonis. Tidak menutup kemungkinan kalian akan sering bertengkar dan banyak berselisih paham tentang suatu hal yang sepele. Namun semua itu akan jauh lebih ringan jika kalian tetap berkomunikasi.

Terlebih di zaman yang sudah sangat maju ini, media komunikasi tidaklah sulit untuk ditemukan. Kamu dan dia bisa saling menyepakati melalui media apa kalian berkomunikasi dan kapan kalian bisa saling menghubungi.

Jarak yang jauh atau mungkin perbedaan waktu yang menyulitkan, harus tidak lagi menjadi suatu hal yang menakutkan. Terlebih saat menyadari bahwa kalian berdua pun saling membutuhkan.

3. Saling menyampaikan harapan dan keinginan masing-masing

Semua Pasti Bisa Kok! Ini 7 Tips Agar Hubungan LDR Pertamamu Berhasilinstagram.com/kdrama.official

Tentu saja, saat kalian berkomunikasi bukan hanya membahas tentang apa yang kalian lakukan di hari itu, apa kesibukan dan apa tantangan yang kalian hadapi. Tapi gunakan waktu kalian yang sangat langka untuk saling menyampaikan keinginan dan harapan tentang hubungan kalian di masa depan.

Tentu saja kalian tahu bahwa banyak hubungan jarak jauh yang gagal karena kedua orang tidak pernah saling menyampaikan keinginan dan harapan. Keduanya saling memendam dan pada akhirnya merasa tidak diperhatikan.

Cari waktu yang pas untuk saling menyampaikan isi hati. Jangan memaksa jika memang kalian sama-sama sedang tidak dalam kondisi yang baik. Kamu dan dia bisa menggunakan waktu libur untuk menelpon atau melakukan video call. Menyampaikan apa yang kalian rasakan hingga menyampaikan bagaimana keinginan kalian. Jangan memendam, sampaikan dan bersabarlah.

Baca Juga: Jangan Galau, 5 Sisi Positif LDR yang Bikin Cintamu Makin Tangguh

4. Tidak ada salahnya membuat kesepakatan di antara kalian berdua

Semua Pasti Bisa Kok! Ini 7 Tips Agar Hubungan LDR Pertamamu Berhasilinstagram.com/kdrama.official

Banyak kesepakatan diantara kalian yang bisa saja membuat hubungan semakin baik. Bukan bermaksud mengekang dan tidak memberi kebebasan. Hal ini lebih membantu diri sendiri agar bisa berkomitmen kepada diri sendiri maupun pasangan.

Tidak hanya tentang media atau cara berkomunikasi. Kamu dan dia pun bisa membuat kesepakatan tentang apa saja yang bisa kalian ceritakan kepada pasangan, dan apa yang tidak ingin kalian bahas saat sedang berkomunikasi.

Bukan bermaksud untuk menutup-nutupi dari pasangan. Kamu dan dia tetaplah dua orang yang memiliki kehidupan masing-masing. Ada bagian yang tidak bisa diganggu sekalipun kamu merasa menjadi bagian penting di dalam hidupnya. Kamu dan dia harus mengetahui posisi masing-masing dan saling menghargai.

5. Saling menghargai kegiatan masing-masing membuat kalian semakin dekat

Semua Pasti Bisa Kok! Ini 7 Tips Agar Hubungan LDR Pertamamu Berhasilinstagram.com/kdrama.official

Berjauhan mungkin saja tidak membuatmu tahu apa yang sedang ia kerjakan. Kamu mungkin akan banyak cemburu dengan waktu dan kegiatan yang ia lakukan. Namun tahukah kamu, dia pun sama halnya denganmu. Berusaha keras menahan rindu dan bertahan dalam kegiatan yang membuatnya lelah. Sebelumnya kamupun dan dia sudah pasti saling bercerita dan menyampaikan apapun kegiatan yang sedang dilakukan.

Jika sudah begini, masih maukah kamu melarang dia melakukan segala bentuk kegiatan yang ia sukai? Bahkan melarangnya melakukan kegiatan yang membuatnya menjadi lebih maju? Jika kamu menyayanginya, bukankah memberikan dukungan adalah cara terbaik untuk menyampaikan perasaanmu padanya?

6. Menjaga kepercayaan itu sudah pasti

Semua Pasti Bisa Kok! Ini 7 Tips Agar Hubungan LDR Pertamamu Berhasilinstagram.com/kdrama.official

Tidak ada hal lain yang tidak kalah penting dalam sebuah hubungan jarak jauh, yaitu menjaga kepercayaan pasangan. Kamu dan dia tidak saling bersama dan mungkin akan kesulitan saling mengawasi. Tapi bukan berarti kamu akan merusak kepercayaan itu dan membuat dia merasa selalu khawatir saat kalian berjauhan.

Selain waktu dan kegiatan, tentu saja orang lain apalagi lawan jenis yang dekat dengannya membuatmu menjadi sangat mudah cemburu. Meski tidak tersampaikan, semua akan tersirat dengan sangat mudah.

Jika sudah begitu, kamu perlu membicarakan hal ini kepada pasanganmu. Jangan menahannya. Sampaikan saja, bahwa kamu cemburu atau saat kamu mulai gelisah melihat ia dan orang lain menjadi lebih dekat.

Tapi ingat, tanyakan dulu segala kekhawatiranmu tentangnya. Pastikan dan perjelas bagaimana kondisi kalian saat ini. Jangan memaksa karena kamu membutuhkan penjelasan lebih dulu daripada pengakuan.

7. Jangan merasa paling merana, sadari juga posisinya

Semua Pasti Bisa Kok! Ini 7 Tips Agar Hubungan LDR Pertamamu Berhasilinstagram.com/kdrama.official

Yang terakhir adalah saling memahami kondisi hati masing-masing. Kamu mungkin merasa paling merana karena harus menahan rindu dalam waktu yang cukup lama. Namun kamu pun harus tahu, dia merasakan hal yang sama denganmu.

Meski tak mudah menyampaikan sepertimu, sadari bahwa ia memiliki hati yang sama denganmu. Kamu perlu memiliki keyakinan ini, supaya kalian tidak saling mencurigai dan lebih saling menghargai.

Hubungan jarak jauh memang tidak mudah dijalani. Namun jika kalian sadar bahwa ini adalah waktu untuk melaluinya, maka kalian pun akan lebih mudah menerima dan menjalaninya. Meski tidak menutup kemungkinan suatu hubungan yang dijaga dengan sangat baik pun akan menemui badainya masing-masing.

Kalian bisa saja berpisah dan tidak lagi bersama. Namun percayalah, bahwa apa yang kalian jalani akan membuat kalian semakin kuat menjalani hubungan berikutnya. Yang terpenting bukan hanya hubungan yang bertahan, namun hati yang saling menerima dan terus mencoba melakukan yang terbaik.

Baca Juga: 15 Ilustrasi Momen Manis Sebelum LDR Ini Bikin Para Cewek Kangen Pacar

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya