Comscore Tracker

Hati-hati, 7 Perilaku Ini Membuatmu Sulit Mendapat Kepercayaan

Saling percaya membuat hubungan semakin kuat

Menjalani hidup bersosial dengan orang lain tentu membutuhkan sikap toleransi yang cukup besar. Kesadaran bahwa kini kita tidak hanya memikirkan diri sendiri namun juga harus memikirkan orang lain pun akan membuat kita semakin siap menjalani hidup dengan banyak orang.

Tidak mudah terlebih saat harus berhadapan dengan mereka yang memiliki karakter yang berbeda dengan kita. Selain sikap saling toleransi, salah satu yang tidak bisa kita abaikan begitu saja adalah menjaga kepercayaan orang lain.

Banyak hubungan yang rusak atau tidak bisa berlanjut karena tidak adanya lagi rasa percaya diantara kedua belah pihak. Mungkin hal ini pernah juga kamu alami, saat kamu merasa tidak lagi dipercaya oleh orang lain. Kamu mungkin akan bertanya apa alasannya, di bawah ini beberapa alasan yang mungkin saja terjadi.

1. Kamu sering ingkar janji

Hati-hati, 7 Perilaku Ini Membuatmu Sulit Mendapat Kepercayaaninstagram.com/kdrama.official

Tidak hanya merusak hubungan dengan orang lain, mengingkari janji membuat kamu sulit untuk kembali dipercaya. Tak hanya tentang amanah besar yang harusnya kamu tepati, bahkan sekecil menepati janji di waktu yang sudah disepakati pun harusnya menjadi pelajaran berharga untukmu.

Tak mudah memang jika kamu terlanjut membuat janji dengan orang lain. Kamu akan merasa itu beban untukmu dan harus berusaha menepatinya. Namun, semua bisa kamu lakukan jika kamu sadar, bahwa kamu pun akan membutuhkan seseorang menepati janjinya kepadamu.

Jagalah sekecil apapun amanah yang diberikan kepadamu. Jangan menyepelekan apalagi meninggalkan hanya karena kamu merasa hal itu tidak penting. Bisa jadi bagimu hal itu sangat sepele dan semua akan baik-baik saja sekalipun tidak dijalani. Namun bagi orang lain hal itu bisa jadi sangat penting.

2. Menjaga rahasia itu memang sulit, tapi kamu sering lalai

Hati-hati, 7 Perilaku Ini Membuatmu Sulit Mendapat Kepercayaaninstagram.com/kdrama.official

Dalam hidup sebuah rahasia memang akan selalu ada. Sekalipun namanya rahasia, akan ada saja kesempatan bagi orang lain untuk mengetahuinya. Namun hal itu tidak akan terjadi jika kita menyadari betapa pentingnya menjaga sebuah rahasia.

Sekecil apapun itu, kamu yang terlanjur mengetahui atau bahkan diberi tahu sebuah rahasia janganlah sekali-kali mengumbarnya. Kamu mungkin akan merasa ini baik-baik saja, tapi apakah orang yang mempercayakan hal itu padamu akan merasakan hal yang sama?

Mereka yang bercerita dan berbagi rahasianya padamu sudah sangat percaya kamu bisa menjaganya. Tapi jika kamu melewatkan bahkan mengabaikannya, bukankah kamu sudah merusak kepercayaan itu sendiri. Jangan lakukan jika kamu pun tidak ingin hal yang sama terjadi padamu.

3. Di depan menjadi apa, di belakang lain cerita

Hati-hati, 7 Perilaku Ini Membuatmu Sulit Mendapat Kepercayaaninstagram.com/kdrama.official

Kamu akan merasa muak jika berhadapan dengan orang macam ini. Di depan ia menjadi A, di belakang ia menjadi B. Sosok yang berbeda dalam satu raga yang sama. Tidak menutup kemungkinan hal ini pun akan terjadi padamu.

Banyak hal yang akan membuat kita kemungkinan masuk menjadi salah satu di dalamnya. Berusaha untuk tampil baik di depan kelompok A, dan berusaha untuk selalu ada saat dibutuhkan oleh kelompok B.

Namun kamu bisa mencegahnya saat sadar bahwa hal itu justru akan merugikan kalian di masa depan. Kamu dan dia saling membutuhkan. Mungkin tidak saat ini, namun di kemudian hari. Menjaga kepercayaan tidak mudah, terlebih saat kamu harus berhadapan dengan banyak pihak yang menganggapmu penting bagi mereka.

Baca Juga: Sulit Dipercaya, Ini 5 Zodiak yang Konon Gak Pandai Menjaga Rahasia

4. Bagimu semua cerita harus diperlakukan sama

Hati-hati, 7 Perilaku Ini Membuatmu Sulit Mendapat Kepercayaaninstagram.com/kdrama.official

Saat kamu dipilih menjadi tempat bercerita, hal itu juga termasuk amanah yang harusnya kamu jaga. Pastikan kamu mendengarkan tidak hanya dengan telinga dan mencernanya dengan pikiran, tapi juga memahami dengan hati.

Banyak yang kamu terima, harusnya di sinilah kamu bisa menjadi sosok yang adil kepada mereka. Bukan memperlakukan semua sama rata. Namun berusaha untuk memperlakukan sesuai kebutuhan dan keadaan mereka.

Menjadi orang yang sangat dipercaya untuk mendengarkan dan mengatasi suatu masalah memang tidak mudah. Namun kamu akan menjadi sosok yang kuat untuk menghadapi masalahmu di kemudian hari.

5. Kamu selalu ingin diperlakukan istimewa

Hati-hati, 7 Perilaku Ini Membuatmu Sulit Mendapat Kepercayaaninstagram.com/kdrama.officia

Sebagai manusia, wajar jika kamu ingin diterima dengan baik dan diperlakukan dengan istimewa oleh orang lain. Tapi apakah itu yang kamu butuhkan sehingga membuatmu lupa dan mengabaikan orang lain? Tidak masalah mungkin justru memang seharusnya kamu pun memikirkan dirimu sendiri. Namun tidak dengan merugikan atau merusak kepercayaan yang telah orang lain berikan.

Bersikap adillah kepada diri sendiri dan juga orang lain. Jangan memaksakan kehendakmu. Kamu dan mereka bisa hidup saling berdampingan, tanpa merugikan siapapun. Tanpa merasa paling penting dan justru semakin saling menghargai keberadaan masing-masing.

6. Merasa selalu benar akan membuatmu jauh dari rasa percaya

Hati-hati, 7 Perilaku Ini Membuatmu Sulit Mendapat Kepercayaaninstagram.com/kdrama.official

Bukan hanya bertahan dengan semua keinginan yang harus diistemawakan. Kamu yang merasa selalu tahu dan selalu benar akan membuatmu jauh dari rasa percaya orang lain.

Bersikap baik dan selalu benar di hadapan orang lain tidak selalu membuat kita benar-benar dianggap baik. Bersikaplah apa adanya kamu. Jika kamu tahu katakan tahu, jika tidak tahu, katakan tidak tahu. Segera cati tahu dan sampaikan apa yang kamu tahu.

Kamu berhak untuk berkata kamu tidak bisa dan meminta bantuan kepada orang lain. Tidak menutup kemungkinan orang lain lebih mudah kecewa saat kamu berusaha berkata iya sedangkan kamu tidak tahu yang sesungguhnya.

7. Saat kamu mulai ragu kepada orang lain

Hati-hati, 7 Perilaku Ini Membuatmu Sulit Mendapat Kepercayaaninstagram.com/kdrama.official

Rasa percaya yang diberikan orang lain kepadamu tidak akan bertahan lama, saat kamu pun ragu dengan mereka terlebih ragu terhadap dirimu sendiri. Kamu dan dia bisa saling berbagi cerita, pengalaman dan juga rasa percaya.

Bukan hanya ingin dipercaya namun kamu sendiri yang menaruh ragu padanya. Kamu dan dia adalah manusia yang saling membutuhkan rasa percaya. Jangan tutupi itu, akui saja.

Sekecil apapun amanah yang diberikan kepadamu tetap saja ia adalah sebuah amanah yang harus kamu jaga. Tidak mudah terlebih jika kamu sendiri tidak ingin menerima amanah itu. Sadari setiap yang sanggup dan tidak sanggup kamu lakukan. Katakan iya jika memang kamu bisa, dan katakan tidak jika kamu ragu tidak mampu melakukan.

Kamu memiliki kesempatan besar untuk mencoba menjadi manusia yang amanah, bukan yang sok bisa dan selebihnya kamu justru banyak mengingkari.

Baca Juga: 5 Perasaan Insecure yang Sering Muncul dalam Hubungan, Hati-hati!

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya