Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk dalam Menjalin Cinta yang Harus Segera Dihilangkan

Udah ganti tahun lho ini, masak urusan cinta gitu-gitu aja

Langgeng hingga menua bersama, adalah impian bagi setiap pasangan yang menjalin kasih. Entah apa istilahnya, apakah pacaran atau sekedar PDKT saja, semua ingin berakhir bahagia. Tapi menjalani hubungan yang selalu baik-baik saja tentu tidak mudah.

Ada saja tantangan yang memang harus dilalui. Ada yang bertahan tapi ada yang menyerah di tengah jalan. Semua karena satu yang memang ada dan harus diubah, kebiasaan buruk.

Beberapa perilaku atau perbuatan yang dilakukan secara terus menerus bisa menjadi kebiasaan. Mau baik atau buruk, kebiasaan berdampak pada pasangan yabg sedang menjalin hubungan. Jika melihat tahun yang sudah berganti, apakah masih mau hubungan yang sudah terjalin begitu-begitu saja tanpa perubahan menjadi lebih baik?

1. Menuruti hanya karena takut kehilangan

5 Kebiasaan Buruk dalam Menjalin Cinta yang Harus Segera DihilangkanDramabeans.com

Menjadi kekasihnya bukan berarti kamu harus menuruti semua keinginannya. Kamu tetaplah kamu yang bisa menjadi dirimu sendiri. Kamu bisa tetap melakukan apa yang kamu mau. Kamu tetap bisa menjalani hari-hari sebagai dirimu sekalipun menjadi bagian dari hidupnya. Terlebih saat kamu menurutinya hanya karena takut kehilangannya. Termasuk dia.

Wajar saja kamu dan dia saling menjaga. Tidak ingin saling kehilangan. Tapi bukan berarti kita mengekang kekasih kita satu dengan lainnya. Biarkan dia menjadi yang dia inginkan, sama seperti saat kita ingin diperlakukan olehnya. Menurutinya hanya karena takut kehilangannya, begitupun mengekangnya hanya karena kamu takut ditinggalkan, semua akan percuma bagi kalian.

2. Membatasinya menggapai impian hanya karena takut tersaingi

5 Kebiasaan Buruk dalam Menjalin Cinta yang Harus Segera DihilangkanDramabeans.com

Menjalin hubungan bukan hanya tentang cinta penuh dengan romansa dan keromantisan. Saling memiliki dan saling mendukung termasuk dalam urusan mimpi dan cita-cita masing-masing dari kita. Sama halnya denganmu yang memiliki impian, kekasihmu sudah pastis edang berjuang menggapai mimpinya.

Jangan biarkan keegoisan kita mengekang pasangan kita. Apapun yang ingin dicapainya, biarkan saja. Selagi hal itu baik dan tidak merugikan. Maka dukung saja dia. Urusan waktunya yang banyak tersita karena terlalu fokus bekerja keras. Maka semua bisa dibicarakan. Jangan menahannya apalagi mencegahnya hanya karena kamu takut tersaingi. Kamu dan dia memiliki hak yang sama untuk sukses dan berhasil menggapai impian kalian.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Hubunganmu Selalu Gagal di Tengah Jalan

3. Merasa iri dengan kebahagiaan pasangan lainnya

5 Kebiasaan Buruk dalam Menjalin Cinta yang Harus Segera DihilangkanDramabeans.com

"Rumput tetangga memang lebih hijau". Kita bisa saja merasa hubungan pasangan lainnya jauh lebih baik. Mereka bisa bahagia, pergi kesana kemari tanpa beban, tidak pernah berselisih, awet dan bahkan bisa sampai menikah. Sedangkan hubungan kita sendiri masih banyak kurangnya. Masih sering berselisih dan tidak jarang putus nyambung.

Tapi jika kita hanya iri tanpa melakukan perbaikan dalam hubungan kita, apa gunanya? Yang paling penting adalah memperbaiki apa yang salah dan melanjutkan apa yang sudah baik. Jangan hanya merasa hubungan orang lain jauh lebih baik dan menyalahkan hubungan kita sendiri. Tapi yang terpenting adalah memperbaiki setiap yang salah dalam hubungan kita.

4. Meremehkannya dalam berbagai aspek

5 Kebiasaan Buruk dalam Menjalin Cinta yang Harus Segera DihilangkanDramabeans.com

Tidak peduli kamu laki-laki atau perempuan. Bagaimanapun pasanganmu adalah teman yang siap menemanimu dan menjagamu kapan saja. Termasuk dia yang sekalipun memiliki karir atau status sosial di bawahmu saat ini.

Menjalin hubungan bukan tentang menyombongkan diri sendiri dengan segala kelebihan yang dipunya. Tapi saling melengkapi dan menutupi kekurangan dengan kelebihan masing-masing. Jangan hanya berharap kita dihormati, sedangkan kita sendiri masig sulit menghargainya.

5. Merasa paling benar

5 Kebiasaan Buruk dalam Menjalin Cinta yang Harus Segera DihilangkanDramabeans.com

Mungkin kamulah yang paling dominan dalam hubungan kalian. Mungkin juga kamu adalah orang yang sangat aktif baik dalam berbicara maupun bertindak. Tapi bukan berarti kamu tidak pernah mau mendengarkan orang lain berbicara. Dan merasa dirimulah yang paling benar dalam segala hal.

Jangan hanya karena kamu tahu banyak hal daripada dia. Kamu bisa menjadi orang yang sok tahu. Kalian tetap bisa saling melengkapi satu dengan lainnya. Bukan menyalahkannya dan berharap kamu diakui karena ucapanmu yang paling benar.

Baca Juga: Girls, Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Chat yang Tidak Disukai Cowok Ini!

Nelsi Photo Community Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You