Comscore Tracker

Eits! Jangan Tergesa-gesa Menikah Kalau Kamu Masih Punya 5 Sifat Ini

Sifat-sifat ini bikin pasangan gak harmonis loh

Banyak orang yang punya target usia untuk menikah. Padahal sebenarnya menikah bukan perkara usia saja. Ada hal lain yang jauh lebih penting, yaitu mengenai kesiapan mental. Mempertahankan pernikahan itu butuh perjuangan loh, bukan sekadar sayang atau cinta. Sebelum memutuskan untuk menikah, alangkah lebih baik kalau kamu perhatikan dulu, apakah masih memiliki beberapa sifat ini atau enggak.

1. Masih kekanak-kanakan dan manja sama orang tua

Eits! Jangan Tergesa-gesa Menikah Kalau Kamu Masih Punya 5 Sifat IniUnsplash/freestocks.org

Bukannya gak bisa manja-manjaan sih kalau udah menikah. Tapi, saat masih anak-anak kan manjanya sama orang tua. Nah, setelah menikah sebaiknya manjanya sama pasangan dan udah gak kekanak-kanakan lagi. Kasihan loh pasanganmu kalau kamu masih kekanak-kanakan padahal udah berumah tangga. Jangan sampai juga pasanganmu jadi merasa seolah gak dibutuhkan kasih sayangnya.

2. Belum bisa untuk hidup mandiri

Eits! Jangan Tergesa-gesa Menikah Kalau Kamu Masih Punya 5 Sifat IniUnsplash/Anthony Tran

Ada kalanya pasanganmu harus lembur atau asisten rumah tangga sedang butuh libur. Wah, gimana tuh mengatasi semua kegiatan kalau gak bisa mandiri. Apalagi kalau harus hidup merantau jauh dari keluarga. Jadi, mulai belajar untuk bisa mandiri ya sebelum menikah.

Baca Juga: 5 Hal yang Dirasakan Wanita yang Berhenti Bekerja karena Menikah

3. Sering nongkrong sama teman-teman sampai larut malam

Eits! Jangan Tergesa-gesa Menikah Kalau Kamu Masih Punya 5 Sifat IniUnsplash/Ethan Hu

Kalau pasanganmu ikut diajak buat nongkrong sih gak masalah. Tapi, kalau dia hanya bisa nunggu di rumah ya pasti bikin ribut tuh. Gak mau kan rumah tangga berantakan hanya karena kamu masih suka nongkrong sampai larut malam. Boleh-boleh aja ketemu teman-teman, tapi harus tahu waktu ya.

4. Kalau belanja masih suka berlebihan, tanpa tahu batasannya

Eits! Jangan Tergesa-gesa Menikah Kalau Kamu Masih Punya 5 Sifat IniUnsplash/freestocks.org

Tampak sepele ya, hanya tentang belanja berlebihan. Namun, kalau sudah menikah hal itu menjadi penting. Saat berumah tangga, apapun sikap dari salah satu pihak selalu bisa membuat pasangan bereaksi. Kalau kamu belanja tanpa tahu batasannya begitu, bisa-bisa perekonomian keluarga barumu yang terkena dampaknya. Pasangan pun pasti akan memberi reaksi juga. Boleh aja belanja banyak, asalkan masih sesuai sama penghasilan.

5. Masih sering berantem sama pacar

Eits! Jangan Tergesa-gesa Menikah Kalau Kamu Masih Punya 5 Sifat IniUnsplash/Christian Fregnan

Mungkin aja kamu memang udah lama pacaran, tapi itu bukan berarti kamu udah siap untuk menikah. Apalagi kalau masih sering berantem sama pacar. Saat pacaran sih kalau lagi malam mingguan terus kesal sama pacar, abis itu pulang ke rumah masing-masing. Nah, gimana tuh kalau udah menikah? Walau lagi kesal tetap aja harus ketemu terus karena memang udah tinggal bersama. Kebayang kan bagaimana suasananya.

Sekarang udah tahu kan kalau banyak hal yang harus diperhatikan jika ingin menikah. Bukan hanya karena udah lama pacaran berarti kamu siap menikah. Cari tahu dulu kamu masih punya beberapa sifat tadi atau enggak. Kalau udah gak punya sifat itu sih kamu bisa segera mempersiapkan pesta pernikahan. Tapi, kalau ternyata masih memiliki beberapa sifat yang tadi disebutkan, perbaiki diri dulu ya sebelum memutuskan untuk menikah.

Baca Juga: Siap Menikah, 5 Tips Ini Akan Membuang Keraguanmu Menjelang Hari H!

Ninda Ayu Hapsari Photo Community Writer Ninda Ayu Hapsari

Menulis & membaca itu selalu beriringan dan tak bisa terpisahkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You