Comscore Tracker

6 Alasan Temanmu Tak Selalu Memberikan Respon Baik Saat Kamu Curhat

Jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal kecil

Tak hanya soal solusi, curhat juga bertujuan untuk mengeluarkan unek-unek di hati agar merasa lebih lega. Dalam pertemanan, sesi curhat memang salah satu hal ternyaman.

Namun, apa pernah kamu merasa ada kalanya temanmu tak melulu memberi respon baik terhadap curhatanmu? Ketika kamu bertanya-tanya dalam hati tentang apa alasannya, bisa jadi faktornya memang dari temanmu atau bahkan dirimu sendiri.

Inilah 6 alasan mengapa temanmu tak selalu memberikan respon baik ketika kamu curhat.

1. Kamu curhat tentang hal yang sama berulang kali

6 Alasan Temanmu Tak Selalu Memberikan Respon Baik Saat Kamu CurhatUnsplash/bewakoofficial

Sekali dua kali, temanmu masih dengan senang hati menjadi pendengarmu. Namun, ketika kamu mulai bercerita tentang topik yang sama berulang kali tanpa poin yang jelas, temanmu bisa jadi bosan mendengarkannya terus-terusan. Alhasil, dia jadi malas meladeni curhatanmu dan hanya menjawab sekadarnya saja.

2. Selalu curhat tentang keluhan sepele yang tak perlu dipermasalahkan

6 Alasan Temanmu Tak Selalu Memberikan Respon Baik Saat Kamu CurhatUnsplash/krewellah87

Ketika selalu diceritakan tentang hal-hal sepele yang sebenarnya tak begitu penting untuk diceritakan, siapa yang tidak bosan? Begitu juga saat kamu menceritakan keluhanmu yang sebenarnya tak perlu dipermasalahkan sama sekali, awalnya mungkin temanmu tulus mendengar dan memberi respon.

Tapi jika kamu lakukan dengan sering, lama-kelamaan temanmu bisa menjadi jengah lho, sehingga dia hanya memberi respon sekenanya saja.

Baca Juga: 5 Alasan Pantang Curhat Masalah Asmara ke Orang Lain, Rawan Selingkuh!

3. Awalnya minta saran, tapi sudah diberikan saran baik pun juga tak didengarkan olehmu

6 Alasan Temanmu Tak Selalu Memberikan Respon Baik Saat Kamu CurhatUnsplash/priscilladupreez

Nah, apa kamu pernah meminta saran namun ujung-ujungnya tak ada satu pun saran dari mereka yang kamu lakukan? Bisa saja ini membuat temanmu jadi dongkol dan merasa tidak dihargai. Tak heran ketika kamu curhat lagi di lain waktu, temanmu berhenti memberi respon curhat yang baik padamu.

4. Kamu curhat tanpa bertanya lebih dulu apakah dia sedang ada waktu luang atau tidak

6 Alasan Temanmu Tak Selalu Memberikan Respon Baik Saat Kamu Curhatunsplash.com/etienne boulanger

Ketika ingin curhat via chat atau telepon, pastikan dulu temanmu sedang punya waktu luang atau bersedia mendengarkan keluhan hidupmu. Bisa saja temanmu sedang ada urusan penting atau deadline, lantas tak bisa merespon curhatmu dengan baik atau bahkan hanya mengabaikannya.

Sebelum kamu kecewa sendiri karena responnya, lebih baik pastikan lagi ya agar kalian juga sama-sama merasa nyaman.

5. Kamu curhat pada saat keadaannya sedang tidak baik-baik saja

6 Alasan Temanmu Tak Selalu Memberikan Respon Baik Saat Kamu CurhatUnsplash/priscilladupreez

Meski tak diperlihatkan, bisa jadi temanmu juga sedang menyimpan masalahnya sendiri. Sehingga ketika kamu curhat pun, dia juga tak mampu berpikir jernih karena tak bisa membagi beban pikirannya dan masalahmu.

Akhirnya responnya terhadapmu jadi kurang baik dan tidak sesuai harapan. Selain menanyakan waktu luang, ada baiknya juga kamu menanyakannya terlebih dahulu apakah dia sedang baik-baik saja dan bisa menjadi pendengar curhatmu atau tidak.

6. Dia bukan tipikal orang yang pandai merespon curhatan dengan baik

6 Alasan Temanmu Tak Selalu Memberikan Respon Baik Saat Kamu Curhatunsplash.com/eliott reyna

Kamu pasti pernah menemukan satu atau dua teman yang terlihat kebingungan saat merespon ceritamu. Bukan karena tak mau merespon, melainkan mereka memang bingung dan takut salah memberi tanggapan.

Bisa saja temanmu khawatir, bukannya membuatmu lebih tenang, responnya justru membuatmu merasa lebih buruk. Maka dari itu, tak jarang mereka hanya memberi respon untuk menyemangati sebisanya saja tanpa berniat menyumbangkan pendapat terhadap masalahmu.

 

Itulah 6 alasan mengapa temanmu tak selalu memberikan respon sesuai harapan saat kamu curhat. Perhatikan lagi hal-hal kecil sebelum kamu ingin curhat, ya! Demi kenyamananmu dan teman curhatmu. Have a nice day!

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Lebih Nyaman Curhat Melalui Tulisan, Kalau Kamu?

Nindy Debbytha Adystifanny Photo Writer Nindy Debbytha Adystifanny

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya