Comscore Tracker

5 'Resep' dalam Hubungan Percintaan Biar Selalu Langgeng

Cinta aja gak cukup

Saat masih remaja, pacaran yang kamu jalani mungkin hanya untuk bersenang-senang saja. Mengambang, tanpa tujuan. Tapi ketika kamu sudah dewasa, baik dari segi umur maupun pemikiran, kamu pasti berpikir jauh ke depan.

Kamu akan mencari seseorang yang bisa diajak berjuang untuk menjalin hubungan yang serius, yaitu yang berujung pada pernikahan. Saat sudah memutuskan untuk serius dalam berkomitmen, maka cinta saja tidak cukup. Ada hal-hal lain yang harus kamu miliki agar hubunganmu bisa terus terjaga dan langgeng sampai maut memisahkan.

1. Komitmen

5 'Resep' dalam Hubungan Percintaan Biar Selalu LanggengUnsplash/Kristina Litvjak

Salah satu tanda hubungan percintaan yang dewasa adalah adanya komitmen untuk serius. Bisa dibilang, komitmen adalah pengikat, karena membuat hubungan menjadi lebih kuat. Kamu dan pasangan akan sama-sama berusaha bertahan melewati segala cobaan dan masalah yang menerpa. Kalian sadar jika semakin serius niat kalian, semakin banyak juga ujiannya.

2. Kenyamanan

5 'Resep' dalam Hubungan Percintaan Biar Selalu LanggengUnsplash/freestocks.org

Jika kamu dan pasangan sudah berkomitmen, otomatis tujuan akhir kalian adalah pernikahan, kan? Dan jika sudah menikah, kalian akan menghabiskan sisa usia bersama. Coba bayangkan jika kalian saling merasa tidak nyaman satu sama lain, pasti hubungan akan terasa canggung dan menyiksa. Karena itu, kenyamanan sangat penting di dalam sebuah hubungan, karena bisa menciptakan perasaan sayang sekaligus aman.

3. Rasa percaya

5 'Resep' dalam Hubungan Percintaan Biar Selalu LanggengUnsplash/Ryan Franco

Apa jadinya jika kamu menjalin hubungan dengan seseorang yang tidak bisa kamu percayai? Pasti hubungan kalian akan diwarnai dengan banyak pertengkaran. Karena itulah, kepercayaan menjadi hal yang sangat penting, terutama dalam hubungan yang dewasa.

Jika sudah saling percaya, kamu dan pasangan akan lebih terbuka dan membutuhkan satu sama lain, sehingga komunikasi pun menjadi lebih lancar. Kalian juga akan terhindar dari drama percintaan seperti cemburuan, curigaan, atau posesif yang bisa membahayakan hubungan.

4. Kejujuran

5 'Resep' dalam Hubungan Percintaan Biar Selalu LanggengUnsplash/Joanna Nix

Kadang, bersikap jujur sulit untuk dilakukan. Entah itu karena takut menimbulkan masalah, atau semata-mata demi menjaga perasaan pasangan. Karena itu, banyak orang yang memilih berbohong atau menyembunyikan sesuatu dari pasangannya agar hubungan mereka baik-baik saja.

Padahal, meski menyakitkan atau sulit diterima pada awalnya, jujur tetap jauh lebih baik. Karena segala sesuatu yang diawali dengan kebohongan biasanya akan berujung dengan penyesalan.

5. Kesetiaan

5 'Resep' dalam Hubungan Percintaan Biar Selalu LanggengUnsplash/Christiana Rivers

Kesetiaan adalah hal yang amat sangat penting dalam sebuah hubungan. Setia mengajarkanmu bertanggung jawab pada pilihan yang kamu buat, dalam hal ini: pilihan untuk menjalin hubungan bersama kekasihmu. Mungkin, sesekali ada godaan yang datang untuk pergi kepada orang baru yang terlihat jauh lebih menarik.

Tapi jika hubunganmu dewasa, kamu akan berpikir berulang kali untuk pergi, karena kamu sadar jika yang menarik belum tentu lebih baik dari pasanganmu yang sekarang.                

Menjaga hubungan tetap langgeng sampai akhir mungkin tidak mudah. Tapi, jika kamu dan pasangan memiliki 5 hal di atas, kalian pasti akan bisa bertahan sesulit apa pun cobaan yang dialami dalam hubungan.

Ninna Lestari Afiati Photo Community Writer Ninna Lestari Afiati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You