Comscore Tracker

5 Cara Menghentikan Kebiasaan Menyalahkan Pasangan setelah Menikah

Bayangkan kamu berada di posisinya

Tinggal bersama pasangan dalam satu atap setelah menikah adalah fase dimana kamu dan dia bakal membuka karakter asli masing-masing. Keakraban berlipat-lipat dalam pernikahan gak hanya bikin bahagia. Sebaliknya, ada sebagian pasangan yang justru menjadikan kedekatan itu sebagai celah untuk menunjukkan sikap buruk, salah satunya adalah kebiasaan mudah menyalahkan.

Dampak negatifnya, semakin banyak kesalahan pasangan, semakin sering pertengkaran terjadi. Keharmonisan rumah tangga yang didambakan bakal memudar seiring waktu, kalau kebiasaan mudah menyalahkan ini gak bisa dihentikan. Lebih jauh lagi, pasangan yang terus merasa tersakiti karena gak dimengerti, memilih untuk pergi.

Jangan sampai deh dampak fatal itu terjadi dalam pernikahanmu. Kalau kamu juga sering mengalami masalah yang sama, yakni suka menyalahkan pasangan, coba yuk berhenti dari sekarang dengan beberapa cara dalam poin berikut!

1. Saat pasangan gak sengaja berbuat salah, pahami dia dengan membayangkan kamulah yang ada di posisinya

5 Cara Menghentikan Kebiasaan Menyalahkan Pasangan setelah Menikahfreepik.com/ArthurHidden

Sebelum terlanjur menyalahkan pasangan, coba kamu pahami kondisinya. Tahan amarahmu dengan bertanya apa yang sebenarnya terjadi. Mungkin dia memang salah, tapi pasti ada alasan yang jadi penyebab kesalahan itu terjadi.

Dalam kehidupan rumah tangga, komunikasi dan saling mengerti adalah hal utama. Sebelum kamu menyalahkannya, kamu bakal tahu kalau dia sebenarnya sudah merasa bersalah dan menyesali keteledorannya.

2. Sadari kalau kamu juga bertanggung jawab atas pernikahanmu, jangan melindungi diri dengan menyalahkan pasangan

5 Cara Menghentikan Kebiasaan Menyalahkan Pasangan setelah Menikahfreepik.com/freepik

Apa yang menjadi masalah rumah tangga seharusnya diselesaikan berdua. Masalah pasangan adalah masalahmu juga. Jangan menimpakan kesalahan padanya supaya kamu merasa aman dan lepas tanggung jawab. Pahamilah bahwa anggota keluarga ibarat satu tubuh yang merasakan sakit dan suka bersama.

 3. Kamu mungkin merasa lega setelah menyalahkan, tapi ingat kebiasaan ini gak sehat untuk jiwamu 

5 Cara Menghentikan Kebiasaan Menyalahkan Pasangan setelah Menikahfreepik.com/ArthurHidden

Apa kamu terlalu mudah menyalahkan pasangan dan menjatuhkannya? Apa kamu terlalu mudah mengangkat telunjuk untuk mengajari pasangan dengan segala tuntutan? Kalau iya, hentikan kebiasaan itu sekarang juga. Selain hubunganmu jauh dari kata harmonis, kamu akan menyerap kepribadian yang buruk.

Untuk memiliki mental yang sehat, kamu perlu belajar membangun empati. Belajar mendengarkan, menghargai dan membangun hubungan baik dengan pasangan. Hidupmu bakal terus dikelilingi masalah kalau kamu sendiri gak mampu mengubah sikap negatif ini.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga di Rumah 

4. Ganti kalimat menyalahkan dengan ungkapan perhatian, sebab hubungan rumah tangga itu memberi dan menerima 

5 Cara Menghentikan Kebiasaan Menyalahkan Pasangan setelah Menikahfreepik.com/cookie-studio

Misalnya saja masalah datang dari sang anak dan mengakibatkan suami istri saling tuding. Bukankah masalah yang dirasa malah semakin rumit? Beda lagi kalau salah satu pasangan membuka kalimat dengan ungkapan perhatian, misalnya saja menawarkan bantuan apa yang bisa diberi untuk memperbaiki keadaan.

Pahami perasaan pasangan yang pasti sedih dan gak menginginkan masalah itu datang, bukan malah menyalahkan dan membuatnya semakin depresi. Fokuslah pada solusi, sebab pernikahan itu harusnya saling mengerti.

5. Ingat segala kebaikan dan pengorbanan pasangan, sebuah kesalahan gak seharusnya bikin kalian selalu bertengkar 

5 Cara Menghentikan Kebiasaan Menyalahkan Pasangan setelah Menikahfreepik.com/ArthurHidden

Semakin lama usia pernikahan, seharusnya semakin besar pula rasa toleransimu terhadap kesalahan pasangan. Diantara kesalahan kecil yang lumrah terjadi itu, pasti ada adegan suka cita yang jadi bukti nyata pengorbanannya dalam mencintaimu.

Istri yang ikhlas melahirkan buah hati, suami yang rela berlelah-lelah mengais nafkah, menjadi contoh kekuatan cinta yang seharusnya mengokohkan hubungan. Ingatlah semua momen manis itu, dan jangan biarkan kesalahan yang sepele memudarkannya dengan mudah.

Semoga uraian di atas bisa menginspirasi dan bikin rumah tanggamu semakin harmonis, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa 'Ngebet' Nikah Bahaya Buat Kehidupan Rumah Tangga

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya