Comscore Tracker

5 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Disalahkan Pasangan Pas Ada Masalah

Bangun lima sikap ini menjadi kebiasaan

Sebenarnya sikap kamu terhadap pasangan juga berpengaruh lho pada bagaimana ia memperlakukanmu. Saat pasangan punya kebiasaan menyalahkanmu pas ada masalah, coba introspeksi diri seperti apa selama ini sikapmu padanya.

Kalau ingin hubunganmu lebih berkualitas, tentu harus ada perubahan dimulai dari dirimu sendiri. Nah, beberapa sikap positif berikut perlu kamu bangun supaya kebiasaan menyalahkan antara kamu dan pasangan bisa menghilang seiring waktu.

1. Berani mengakui kesalahan dan meminta maaf

5 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Disalahkan Pasangan Pas Ada Masalahmarymekpop.com

Sebelum kemarahan pasangan memicunya untuk melontarkan kalimat-kalimat menyalahkan, sebaiknya kamu langsung mengakui dan meminta maaf kalau memang kamulah yang salah. Cara ini kalau dibiasakan bakal bikin pasangan berpikir bahwa ia gak perlu lagi mencari-cari kesalahanmu sebab kamu sudah mengakui dan menyadarinya sendiri.

Alasan pasangan menyalahkanmu adalah karena ia ingin kamu paham akan perbuatanmu yang salah. Tapi kalau kamu sudah meminta maaf lebih dulu, apalagi yang perlu disalahkan?

2. Jangan menyudutkan pasangan saat ia berbuat salah

5 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Disalahkan Pasangan Pas Ada Masalahdramabeans.com

Sebagaimana kamu yang gak ingin disalahkan, belajarlah untuk tidak menyudutkan pasangan meski kesalahannya bikin kamu jengkel. Sadar atau tidak, pasanganmu bakal merekam dengan baik bagaimana kamu menyikapi kesalahannya, apalagi kalau sampai berkali-kali.

Kelak, saat giliranmu yang berbuat salah, dia gak bakal tega untuk menyalahkan atau memarahimu. Seperti kamu yang terbiasa menegurnya dengan santai, dia pun bakal belajar untuk melakukan respon sepertimu.

3. Fokus pada solusi ketika konflik tak terduga menimpa

5 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Disalahkan Pasangan Pas Ada Masalahdramabeans.com

Saat hadir masalah, yang terpenting sebenarnya bukan mencari siapa yang salah. Toh, dampak dari kesalahan itu sudah terjadi dan gak bisa diulang kembali. Daripada menuntut pasangan mengakui kesalahannya, lebih baik cobalah untuk mengajaknya menemukan solusi terbaik.

Ajak ia bicara langsung pada pencarian jalan keluar seolah-olah kamu sudah memaafkan keteledoran yang dia perbuat. Lebih fokus pada solusi juga bikin masalah itu selesai lebih cepat.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Hubungan LDR Lebih Istimewa Dibandingkan Hubungan Lainnya

4. Tak perlu ikut membentak saat pasangan menyalahkanmu

5 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Disalahkan Pasangan Pas Ada Masalahdramabeans.com

Ini bagian paling sulit, ego seringkali tak ingin dikalahkan. Kebanyakan seseorang bakal menimpali bentakan pasangannya untuk menyamakan kekuatan ego. Tapi coba deh kamu diamkan luapan amarah pasangan yang menyalahkanmu, biarkan dia puas mengumpat sendirian tanpa respon darimu.

Semakin sering kamu gak terpancing untuk meladeni sikap marah pasangan, semakin dia menyadari kalau sikapnya itu sebenarnya berlebihan. Semua memang berproses, seiring waktu ia juga bakal belajar menghadapi masalah dengan kepala dingin.

5. Balas tuduhannya dengan sikap baik dan perhatian yang tetap tulus darimu

5 Cara Supaya Kamu Gak Gampang Disalahkan Pasangan Pas Ada Masalahdramabeans.com

Saat kamu berhasil untuk tidak meladeni sikap marah pasangan yang menyalahkanmu, kamu bisa maju ke tahap puncak dimana syarat utamanya adalah hatimu harus dipenuhi rasa cinta yang tulus. Pasangan mana yang gak terenyuh hatinya saat ia malah mendapat perhatian darimu setelah ia memarahimu.

Cara satu ini adalah cara paling jitu untuk menghentikan kebiasaan pasangan yang menyalahkan segala kesalahan padamu. Berat memang, tapi selama masih ada cinta dan komitmen yang kuat, harapan untuk mengubah hubunganmu menjadi lebih harmonis bakal selalu ada.

Baca Juga: 5 Alasan Hubungan Pertemanan Itu Sama Seperti Hubungan Percintaan

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You