Comscore Tracker

5 Cara Wanita Luapkan Perasaan yang Dianggap Suami Mengganggu

Bisa cekcok kalau pria gak paham! #IDNTimesLife

Memahami wanita itu ada ilmunya, gak cukup dengan pengalaman saja. Kalau sudah paham, para pria yang kelak akan menjadi suami, bisa lebih mudah menyikapi hal-hal yang gak sesuai ekspektasi. Sebab yang dicari dalam suatu hubungan adalah rasa nyaman. Salah menyikapi karakter pasangan, benih pertengkaran bakal terus bermunculan.

Lantas seperti apa saja sih cara wanita mengekspresikan perasaan yang kadang dianggap mengganggu oleh suami? Cek daftarnya di bawah ini, ya!

1. Selalu mengandalkan suami dengan banyak meminta tolong 

5 Cara Wanita Luapkan Perasaan yang Dianggap Suami Menggangguilustrasi pasangan peragakan baju bayi (Pexels.com/Amina Filkins)

Sebenarnya, bukan soal bisa atau enggaknya seorang wanita melakukan pekerjaan tertentu. Namun, ia lebih suka menghabiskan waktu bersama suaminya. Memanggil suami untuk menolong pekerjaannya, bisa jadi momen yang berharga buat istri, sebab detik itulah ia merasa dilindungi.

Jadi, kalau istri di rumah banyak meminta tolong untuk hal-hal yang terlihat remeh di mata pria, jangan sekali-kali bilang, “Gitu aja kok gak bisa!” Karena belum tentu istri gak bisa melakukannya. Dia hanya ingin mengerjakannya bersama-sama denganmu.

2. Meluapkan emosi dengan kata-kata yang menyakiti 

5 Cara Wanita Luapkan Perasaan yang Dianggap Suami Menggangguilustrasi wanita bersedih sendirian (Pexels.com/Austen Guevara)

“Aku mau pisah sama kamu!”

“Aku benci kamu!”

Apa yang diucapkan wanita adalah eksplorasi perasaannya detik itu. Maka saat wanita marah, luapan emosinyalah yang keluar. Kalimat yang kadang tak sempat dipikirkan dampak ke depannya.

Karena itu, saat istri marah, jangan telan mentah-mentah apa yang dia ucap. Sebab bukan berarti itu yang sebenarnya dia maksud. Namanya juga emosi sesaat. Tunggulah sampai istri tenang, pasti perasaan dan ucapannya bakal berubah.

3. Bicara panjang lebar sebelum ke inti masalah 

5 Cara Wanita Luapkan Perasaan yang Dianggap Suami Menggangguilustrasi pasangan berdebat (Pexels.com/ketutsubiyanto)

Para suami wajib tahu, wanita itu bisa berbicara 20 ribu kata per hari. Apalagi kalau sudah selevel ibu-ibu yang notabene lebih cerewet pada suaminya. Kalau mau bercerita masalah C, wanita bakal menceritakan dulu kasus A, nyambung ke B baru lanjut ke C. Ketika ceritanya melenceng kesana kemari, suami jangan buru-buru menyodorkan solusi ke inti masalah.

Kadang, bukan benar-benar solusi yang wanita butuhkan. Ia hanya ingin suami mendengar seluruh curhatannya. Istri ingin suaminya memahami apa yang telah ia lalui. Dengan berbagi perasaan dan keluh kesahnya, hati wanita akan merasa lebih tenang. Nah, saat itulah suami bisa menyampaikan solusi.

Baca Juga: 5 Pertengkaran Ini Biasa Dialami Pasangan yang Sudah Lama Jadian

4. Sering memberi perhatian yang terkesan mencurigai suami  

5 Cara Wanita Luapkan Perasaan yang Dianggap Suami Menggangguilustrasi wanita pegang ponsel (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bentuk cerewetnya istri gak cuma di rumah, tapi juga saat suaminya jauh di mata. Kalau istri dikit-dikit bertanya kamu dimana, lagi apa dan sama siapa, bukan berarti ia mencurigai dan gak percaya pada suami sendiri. Perhatian yang mungkin mengganggu aktifitasmu itu adalah bentuk cintanya. Itu tanda dia butuh kehadiranmu.

Jangan bosan untuk membalas, jawab saja apa adanya. Jangan sampai kamu malah merespon perhatiannya dengan ketus, “Gak usah tanya-tanya terus deh!” Kalaupun kamu lagi sibuk, jelaskan saja baik-baik. Wanita bisa mengerti, kok!

5. Sering mengganggu aktifitas suami saat di rumah 

5 Cara Wanita Luapkan Perasaan yang Dianggap Suami Menggangguilustrasi pasangan mengecat dinding (Pexels.com/Blue Bird)

Mungkin para suami merasa sudah menemani istri dengan berada di rumah sepulang kerja. Tapi ternyata hal itu belum cukup kalau sikap pria masih cuek. Jangan heran kalau wanita bakal mengganggu aktifitas suaminya saat di rumah. Entah itu kegiatan depan laptop atau mencampuri hobi suami.

Jangan melabeli istri sosok yang menyebalkan, sebab gangguannya tak lain karena ia butuh perhatian. Kamu sudah meninggalkannya seharian untuk bekerja di luar. Maka saat libur di rumah, wanita ingin ditemani suami sepenuhnya.    

Kebayang deh kalau para suami masih menganggap sikap-sikap di atas sebagai ‘gangguan’ yang menyebalkan. Rasanya suami istri bakal sulit menemukan keharmonisan. Padahal ‘gangguan’ itu hanyalah ekspresi perasaan wanita yang sederhana.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Menjaga Pernikahan agar Minim Pertengkaran

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

IG 👉 nita.nurfitria

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya