Comscore Tracker

6 Alasan Kadang Kamu Gak Perlu Cinta 100% untuk Siap Menikahinya

Komitmen bakal membuat perasaan itu tumbuh dengan sendirinya

Bicara soal cinta, gak semua orang bisa merasakannya dengan mudah. Ada yang langsung jatuh cinta pada pandangan pertama, tapi ada juga yang baru luluh hatinya setelah butuh waktu lama untuk didekati. Faktanya cinta itu perasaan rumit yang bisa tumbuh dan pergi kapan saja. Untuk itu, perlu ada yang merangkul cinta supaya tetap tumbuh dan terjaga, itulah komitmen dalam pernikahan.

Kalau kamu sudah melihat kelebihan yang ada pada si dia, juga merasakan karakter baik yang berhasil mencuri restu semua orang, kamu gak perlu takut untuk memasuki gerbang pernikahan meski cintamu belum tumbuh seratus persen padanya. Masih gak yakin? Yuk baca alasan selengkapnya!

1. Percaya deh kalau cinta bakal semakin berkembang seiring kebersamaan

6 Alasan Kadang Kamu Gak Perlu Cinta 100% untuk Siap Menikahinyadramabeans.com

Pernah dengar statement cinta adalah persahabatan? Yang namanya sahabat pasti selalu bersama suka dan duka kan? Kebersamaan itulah yang membuat cinta menetas dan mekar. Bahkan dua orang yang gak kenal sekalipun, kalau kemana-mana selalu bersama, gak menutup kemungkinan cinta akan tumbuh di hati mereka.

Apalagi kalau kamu sudah ada rasa sreg dan kecondongan hati sama dia, gak bakal sulit deh menumbuhkan cinta setelah kamu dan dia tinggal satu atap. Kamu hanya perlu berani melangkah, kalau niat kamu dan pasangan baik, pernikahan pasti akan melahirkan cinta yang berlimpah seiring kebersamaan.

2. Kalau kamu dan dia punya keinginan yang sama dalam pernikahan, itu pertanda baik buat hubunganmu

6 Alasan Kadang Kamu Gak Perlu Cinta 100% untuk Siap Menikahinyasoompi.com

Rasa sreg yang muncul di hatimu pasti karena kamu melihat sisi positif dari si dia, visi misi atau keinginan yang sama misalnya. Fokuslah untuk melihat poin-poin yang jadi kelebihannya supaya hatimu lebih yakin. 

Kalau tujuan hidupmu dan dia sejalan, ini adalah pertanda baik untuk hubunganmu di masa mendatang. Kesamaan visi dan misi bisa dengan mudah menumbuhkan cinta di hati kalian berdua. Percaya deh!

3. Cinta memang penting, tapi ajakkan menikah dan komitmenlah yang bakal membuat perasaan itu tumbuh

6 Alasan Kadang Kamu Gak Perlu Cinta 100% untuk Siap Menikahinyaunsplash.com/Scott Webb

Ada begitu banyak pasangan yang kasmaran dan jatuh cinta berat, tapi karena alasan belum siap dan beragam faktor, akhirnya tak kunjung menikah. Pada kasus ini biasanya akan muncul kegalauan dan pertanyaan akan dibawa kemana hubungan mereka.

Beda hal nya kalau kamu mengedepankan komitmen meski cintamu belum tumbuh subur. Kamu gak akan merasakan kegalauan itu sebab bingkai pernikahanlah yang bakal mebuatmu dan pasangan leluasa menumbuhkan cinta sebesar apa pun itu. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Menikah tanpa Prosesi Adat Itu Gak Masalah!

4. Keraguan sebelum menikah itu memang sering menghantui, entah kamu menikah sekarang atau 5 tahun lagi

6 Alasan Kadang Kamu Gak Perlu Cinta 100% untuk Siap Menikahinyapinterest.com

Wajar kalau kamu merasa ragu sebelum menikah. Kalau mau jujur, jangankan berada dalam kondisimu yang belum mencintainya seratus persen, bahkan pada pasangan yang sudah pacaran lama dan saling cinta saja, masih ada kekhawatiran dia akan berubah ditengah jalan setelah menikah. Bener gak?

Jadi rasa ragu, takut dan kegalauan yang menghantui itu sangat wajar kamu rasakan. Yang penting adalah kamu gak sampai mundur gara-gara kekhawatiran yang belum terbukti itu.

5. Banyak faktor selain cinta yang gak kalah penting untuk kamu pertimbangkan

6 Alasan Kadang Kamu Gak Perlu Cinta 100% untuk Siap Menikahinyaunsplash.com/freestocks.org

Faktor kemapanan, kemandirian dan kesalehan adalah poin-poin penting yang juga perlu kamu pertimbangankan selain cinta. Kalau semua kriteria itu terpenuhi bahkan punya penilaian bagus yang bikin kamu sreg, soal cinta pasti bisa menyusul asal kamu dan dia punya niat baik dalam pernikahan.

6. Jangan takut kalau hatimu masih terganjal cinta masa lalu, justru pernikahan akan membantumu membuka lembar baru

6 Alasan Kadang Kamu Gak Perlu Cinta 100% untuk Siap Menikahinyadramabeans.com

Kalau kamu punya pengalaman patah hati akut yang sulit dilupakan, itu bukan berarti kamu membiarkan diri terkungkung masa lalu dan menutup hati dari cinta yang baru. Justru karena bekas cinta itu sulit dilupakan, kamu harus berani mengambil tindakan yang bisa bikin kamu move on sepenuhnya.

Dia yang datang dengan kesungguhan. Dia yang menawarkan cinta baru dengan komitmen kuat, gak seharusnya kamu sia-siakan. Yakinlah bahwa pernikahan bakal membantumu membuka lembaran baru.

Intinya jangan sampai kamu menyesal telah menolak ajakan menikah dari seseorang yang baik, hanya karena kamu belum mencintainya seratus persen. Harapan itu selalu ada kok!

Baca Juga: Meski Terlihat Normal, 5 Tanda Ini Bukti Pernikahanmu Tidak Sehat

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You