Comscore Tracker

8 Cara Agar Kamu Gak Berat Mengalah Sama Pasangan Pas Bertengkar

Nomor 3, pasti bikin kamu baper!

Egois dan gengsi adalah dua sifat yang paling melekat saat kamu bertengkar dengan pasangan. Tapi kalau mau jujur, kamu sadar gak bahwa sikap itu hanyalah memperpanjang adu mulut dan membuat kalian saling menyudutkan tanpa akhir? Jika terus dibiarkan, gak menutup kemungkinan hubunganmu akan kandas.  

Dalam kondisi panas, jelas harus ada yang mengalah demi mendinginkan emosi. Saat salah satu pasangan mengalah, pintu komunikasi untuk menemukan solusi pun terbuka. Pertengkaran baik itu karena beda pendapat atau salah paham memang wajib dibicarakan. Tapi bukan dengan emosi, ya! Nah, salah satunya, ya dengan mengalah!

Jika saat ini kamu sedang bertengkar dan saling mendiamkan, tak ada salahnya untuk mengalah lebih dulu supaya kalian bisa berdamai. Kalau ego dan gengsimu masih besar, 8 cara supaya kamu gak berat untuk mengalah ini semoga bisa membantu.  

1. Mengalah bukan lemah, sikap itu justru menunjukkan sisi kedewasaanmu. Dampaknya dia bisa lebih tertarik padamu

8 Cara Agar Kamu Gak Berat Mengalah Sama Pasangan Pas Bertengkarhippoquotes.com

Siapa bilang mengalah pada pasangan mencerminkan pihak yang tertindas? Mengalah tak selalu identik dengan kata lemah. Sebaliknya, mengalah justru menunjukkan bahwa jiwamu kuat. Sisi kedewasaanmu akan lebih terasah. Saat kamu berbaikan dengan pasangan karena sikap satu ini, tak menutup kemungkinan dia akan lebih bersimpati dan terpikat padamu. Bahkan dia akan mensyukuri karena telah dianugerahi pendamping yang berjiwa besar sepertimu.  

2. Tutup matamu sejenak. Ingatlah segala kebaikan yang pernah ia beri tulus padamu

8 Cara Agar Kamu Gak Berat Mengalah Sama Pasangan Pas Bertengkaryoutube.com

Pertengkaran memang menyisakan emosi dan amarah. Segalanya menjadi tak nyaman dan menyebalkan. Dalam kondisi panas ini, kamu bisa mengambil ruang untuk menyendiri. Lalu bawalah ingatanmu pada segala bentuk kasih sayang yang pernah dia beri dengan tulus. Lupakan kesalahannya. Kamu hanya perlu fokus pada kenangan manis bersamanya. Tutuplah matamu. Diam-diam hatimu akan melunak dan celah untuk mengalah akan terbuka perlahan.

3. Jika masih belum cukup, tataplah benda kenangan kalian, baik itu barang, foto atau tempat favorit berdua

8 Cara Agar Kamu Gak Berat Mengalah Sama Pasangan Pas Bertengkarjp.mnet.com

Kamu pasti punya kenangan manis dalam hubunganmu selama ini. Benda pemberiannya bisa menjadi obat ampuh pereda amarahmu. Tatap dan ingatlah momen manis itu. Foto-foto kalian berdua atau tempat kenangan yang sering dikunjungi, bisa juga menjadi labuhan langkahmu untuk meredakan amarah padanya. Saat kamu sudah menemukan chemistry itu, segeralah untuk mengalah kepadanya.

4. Cobalah bertanya dan sharing pada mereka yang sudah lama menikah, kamu akan menyadari bahwa pertengkaran sesuatu yang lumrah

8 Cara Agar Kamu Gak Berat Mengalah Sama Pasangan Pas Bertengkardramafever.com

Meminta nasehat pada mereka yang telah lama menikah bisa juga menjadi solusi kegalauanmu. Cobalah untuk sharing. Mereka yang memiliki pernikahan panjang, bukan tanpa hambatan. Kamu akan menemukan bahwa pertengkaran itu biasa terjadi dan tak perlu dibesar-besarkan. Kamu akan dihadapkan nasehat klise bahwa pertengkaran bagai bumbunya sebuah hubungan.

5. Dengan mengalah, pasti cekcok yang kalian alami bisa berujung damai lebih cepat

8 Cara Agar Kamu Gak Berat Mengalah Sama Pasangan Pas Bertengkarinquisitr.com

Lebih cepat mengalah, lebih cepat juga hubunganmu membaik. Mengalah bukan berarti kamu menutup rapat-rapat pemikiranmu dan menerima pendapatnya bulat-bulat. Namun cekcok cenderung terjadi karena dua belah pihak merasa benar dan ingin paling didengar.

Ketika kamu sudah mengalah sebagai bentuk menghargai perbedaan, kamu bisa utarakan pemikiranmu saat emosi kalian mereda. Jalinlah komunikasi dengan kepala dingin.

6. Bila suatu saat nanti kalian kembali bertengkar, dia akan terlatih untuk mengalah karena belajar banyak darimu

8 Cara Agar Kamu Gak Berat Mengalah Sama Pasangan Pas Bertengkardramabeans.com

Jika dia mau menjalin hubungan denganmu, itu sudah jadi bukti ia memiliki perasaan spesial kepadamu. Hati kecilnya pasti akan menangkap segala perlakuan baikmu kepadanya. Secara tak sadar, ia akan merasa malu jika harus terus memenangkan egonya dalam pertengkaran. Darimu, ia akan belajar untuk mengalah.

Kamu memang harus bersabar dulu untuk melatihnya. Tapi yakinlah, kamu gak akan terus mengalah selama berhubungan dengannya, kok!

7. Dalam hati kecilnya, dia tahu letak kesalahan itu, meski kamu mengalah bukan berarti kamu sepenuhnya salah

8 Cara Agar Kamu Gak Berat Mengalah Sama Pasangan Pas Bertengkarkenh14.vn

Kamu gak perlu ragu untuk mengalah, bahkan jika kamu tidak dalam posisi yang salah. Dia tahu kok, dimana sebenarnya sumber permasalahan. Hanya saja emosi yang memuncak dan keegoisan menutupi itu semua. Namun disaat semuanya mereda dengan sikap bijakmu yang mengalah lebih dulu, ia akan sadar bahwa kalian tak seharusnya saling menyudutkan. Bahkan mungkin ia akan meminta maaf atas kekeliruannya.

8. Ingatlah bahwa mengalah bukan sekedar menghargai perbedaan, tapi untuk kebaikan masa depan kalian berdua

8 Cara Agar Kamu Gak Berat Mengalah Sama Pasangan Pas Bertengkardramafever.com

Kamu dan dia mempunyai isi kepala yang berbeda. Menyatukan pemikiran dan sudut pandang dalam hubungan memang tidak mudah. Itulah pentingnya mengalah demi menghargai pendapat pasanganmu. Ketika kamu bisa menghargainya, percayalah dia pun akan menghargai pemikiranmu.

Kerikil-kerikil masalah yang berhasil dilewati dengan sikap bijak, akan terus menguatkan hubunganmu ke depan. Kamu akan menemukan beratus kebaikan lewat jiwamu yang pemaaf. Ada pasangan yang semakin cinta, ada hubungan yang semakin mesra. Percaya, deh!

Bagaimana, masih berat untuk mengalah padanya?

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Hai !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya