Comscore Tracker

8 Hal yang Harus Kamu Mantapkan Sebelum Membuka Pintu Taaruf

#AdaCinta Karena taaruf bukan pelarian...

Ketika usia dan karirmu sudah cukup matang, keinginan untuk menggenapi hidup bersama pasangan halal pasti menjadi impian. Taaruf atau penjajakan calon pasangan sebelum pernikahan menjadi metode yang wajib kamu lakukan. Meski gak pacaran lama, kamu tetap bisa kok mengenal karakter pasangan lewat taaruf.

Berbeda dengan gaya pacaran yang kebanyakan tak membahas prospek hubungan ke depan, taaruf menjembatani kamu untuk segera menghalalkan hubungan. Jika tak ada aral melintang dan keduanya cocok, pasangan taaruf tak akan berlama-lama menunda akad.

Karena makna taaruf yang besar itulah kamu gak boleh buru-buru melakoninya  sebelum memantapkan kesiapanmu. Niat sih boleh menggebu, tapi cek dulu deh kesiapanmu dalam 8 hal penting ini. Jangan-jangan banyak poin yang belum kamu kondisikan secara maksimal untuk menyambut jodoh. Apa saja itu? Langsung aja deh disimak!

1. Move on dari cinta masa lalu dan buka lembaran hati yang baru

8 Hal yang Harus Kamu Mantapkan Sebelum Membuka Pintu TaarufInstagram.com/ichasoebandono

Pengalaman mencintai seseorang di masa lalu mungkin pernah kamu rasakan. Saat kamu belum bisa move on sepenuhnya, lebih baik kamu tunda dulu niatan bertaaruf . Sebab menerima kehadiran seseorang yang baru tentunya harus dengan hatimu yang baru.

Taarufmu gak akan sukses selama kamu masih berat melupakan calon pasanganmu yang tak berjodoh karena suatu hal. Mungkin memang berat, tapi kamu wajib membuang jauh-jauh masa lalu dan mengosongkan hatimu sebelum kembali membuka pintu taaruf.   

2. Teguhkan niatmu! Sebab taaruf bukan pacaran tetapi gerbang menuju pernikahan

8 Hal yang Harus Kamu Mantapkan Sebelum Membuka Pintu TaarufInstagram.com/ichasoebandono

Selain kemantapan hati, kamu juga harus meneguhkan  niat untuk menjalani proses  taaruf sesuai syariat, dimana komunikasi tidak dilakukan setiap saat seperti orang pacaran. Kamu memang perlu bicara atau berdiskusi dengan sang calon untuk saling mengenal, tapi belum boleh mesra-mesraan dengan panggilan sayang, ya...

Jika kamu dan si dia merasa cocok, tetap ada batasan hubungan yang harus dijaga sebelum akad nikah dilaksanakan. Karena taaruf akan membawamu pada gerbang pernikahan, kamu harus benar-benar siap lahir dan batin.

3. Banyak membaca ilmu seputar pernikahan atau mengikuti seminar pra nikah

8 Hal yang Harus Kamu Mantapkan Sebelum Membuka Pintu TaarufInstagram.com/ichasoebandono

Banyak pengetahuan yang harus kamu ketahui tentang pernikahan. Jika selama ini kamu hanya sibuk belajar materi kuliah, sekarang sudah saatnya kamu baca-baca tema seputar rumah tangga. Sebab pengetahuan itulah yang akan membantumu mengarungi bahtera pernikahan kelak.

Kamu juga bisa mengikuti seminar pra nikah yang saat ini cukup banyak terselenggara. Membekali diri dengan ilmu tentu membuat langkahmu makin mantap.

4. Asah diri dengan skill seputar berumah tangga. Meski sepele ini penting, lho!

8 Hal yang Harus Kamu Mantapkan Sebelum Membuka Pintu TaarufInstagram.com/ichasoebandono

Menikah mengharuskan kamu hidup mandiri. Buat cowok, hal-hal seperti memasang tabung gas atau membetulkan genting bocor, setidaknya harus kamu kuasai. Masa iya nanti malah minta tolong tetangga terus?

Buat cewek, kira-kira kamu udah bisa masak belum, nih? Gak ada salahnya kamu mulai belajar akrab dengan alat-alat penggorengan meski hanya memasak menu-menu sederhana. Belajar bagaimana membersihkan dan merawat peralatan rumah tangga, juga perlu kamu ketahui. Skill sederhana ini jangan dianggap remeh, lho!

5. Bicarakan pada orangtua tentang kesiapanmu menikah lewat taaruf

8 Hal yang Harus Kamu Mantapkan Sebelum Membuka Pintu TaarufInstagram.com/ichasoebandono

Tentunya restu dari orangtua adalah hal utama yang wajib kamu dapatkan saat ingin menikah. Untuk itu kamu harus utarakan niatanmu bertaaruf sebelum memulainya kepada kedua orangtua. Tanyakan apa pendapat dan masukkan mereka tentang kriteria pasangan sebagai bentuk penghargaanmu terhadap orangtua.

Tanyakan perihal keuangan dan kesiapan mereka. Jangan sampai kamu sudah mulai taaruf dan menemukan kecocokan, ternyata orangtuamu belum memberi izin untuk menikah.   

6. Kamu harus punya visi misi pernikahan untuk dibicarakan dengan calon pasanganmu nanti

8 Hal yang Harus Kamu Mantapkan Sebelum Membuka Pintu TaarufInstagram.com/ichasoebandono

Tak hanya menggali apa saja kelebihan dan kekurangan pasangan, dalam taaruf bahkan kamu dianjurkan untuk mengutarakan seperti apa visi misi pernikahan yang kamu harapkan ke depan.

Misalnya saat kamu ingin tetap eksis berdakwah setelah menikah,kamu harus ungkapkan itu pada calon pasangan supaya ia mengetahui bahwa waktumu kelak akan terbagi dengan dakwah. Disinilah pentingnya membicarakan visi misi, karena boleh jadi ada pertimbangan yang harus didiskusikan kembali.

7. Taaruf tak selalu berujung pernikahan, kamu harus menyiapkan mental saat menemui ketidakcocokan

8 Hal yang Harus Kamu Mantapkan Sebelum Membuka Pintu TaarufInstagram.com/ichasoebandono

Selain menjaga kesucian diri, salah satu kelebihan taaruf adalah meminimalisir terjadinya patah hati saat hubunganmu berujung gagal. Dalam taaruf, kamu gak perlu terlanjur terikat perasaan sebab hubungan kalian baru sebatas saling mengenal satu sama lain.

Ketidakcocokan memang bisa saja terjadi dan itu sesuatu yang lumrah. Mungkin kamu akan sedikit kecewa, tapi jangan sampai patah semangat, ya! Yakinlah bahwa akan ada seseorang yang lebih baik setelahnya untukmu.

8. Perbanyak doa supaya kamu bisa memilih dan diberi pilihan yang terbaik

8 Hal yang Harus Kamu Mantapkan Sebelum Membuka Pintu TaarufInstagram.com/ichasoebandono

Iringi langkahmu menuju pernikahan dengan doa, bahkan sebelum proses taaruf itu dimulai. Mintalah pada Allah SWT agar kamu diberi pilihan yang terbaik. Lewat doa, hatimu akan merasa lebih tenang dan mantap.

Nah, itulah beberapa poin yang perlu kamu mantapkan sebelum membuka pintu taaruf. Pernikahan adalah ibadah, apalagi jika prosesnya dilakukan dengan ketaatan pada aturan agama. Semoga dengan awal yang baik dan proses yang baik, pernikahan akan berbuah berkah di dunia dan akhirat. Buat kamu yang mau taaruf, ayo siapkan diri dari sekarang!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Stay at Home Mom and Happy Wife

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You