Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk dalam Bertengkar yang Wajib Diubah Setelah Menikah

Perbaiki sikap yuk!

Pasangan yang pernah pacaran untuk waktu yang cukup lama, pasti pernah mengalami cekcok. Entah itu masalah lama yang terus berulang, atau masalah baru yang berganti. Kedewasaan diri yang belum matang dalam menyikapi masalah, kadang bikin hubungan itu putus nyambung.

Tapi dunia pacaran gak bisa kamu samakan dengan pernikahan. Begitupun sikap dalam menghadapi pertengkaran. Ubah kebiasaan buruk yang pernah kamu lakukan saat emosi. Beberapa contohnya, ada dalam poin berikut!

1. Mendramatisir masalah yang sebenarnya sepele

5 Kebiasaan Buruk dalam Bertengkar yang Wajib Diubah Setelah Menikahilustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Saat masih pacaran, mudah buat kamu menjauh dari pasangan usai mendramatisir masalah sesuai egomu. Tapi, berbeda dengan pernikahan di mana kamu sudah tinggal seatap dengan pasangan. Apa kamu bakal terus-terusan pulang ke rumah orangtua setiap kali bertengkar?

Karena itu, mulailah bersikap dewasa menghadapi masalah dalam rumah tangga. Bukan didramatisir, tapi dicari solusinya. Jangan pernah ada lagi pikiran pasanganmu bukan sosok yang tepat, sebab setelah menikah, dialah sosok terbaik yang harus kamu lengkapi kekurangannya.

2. Mudah mengatakan perpisahan untuk mengakhiri masalah

5 Kebiasaan Buruk dalam Bertengkar yang Wajib Diubah Setelah Menikahilustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Vera Arsic)

Biasanya perempuan lebih mudah meminta putus hubungan saat hatinya terluka, sebab apa yang diucapkannya adalah perasaan yang mewakili emosi saat itu saja, bukan yang sebenarnya. Dia minta putus, lantas terlambat menyadari kalau hatinya masih cinta.

Setelah menikah, kata-kata perpisahan harus kamu buang jauh-jauh. Adanya masalah itu untuk dihadapi, bukan malah pergi. Semua problema pasti ada jalan keluarnya kalau dipecahkan bersama.

3. Gak mau meminta maaf lebih dulu meski sadar kamu yang salah

5 Kebiasaan Buruk dalam Bertengkar yang Wajib Diubah Setelah Menikahilustrasi pasangan bertengkar (Pexels.com/Budgeron Bach)

Bukan masanya lagi jadi gadis labil yang mau menang sendiri dan ingin dikejar-kejar pasangan. Hal ini juga berlaku buat pria, karena mengakui kesalahan itu butuh kesadaran masing-masing. Setelah menikah, kamu harus belajar mengalah dan meminta maaf. 

Ada banyak hal penting dalam rumah tangga yang bisa tersendat oleh pertengkaran yang berlarut-larut. Sederhanakan persoalan, dan permudahlah diri untuk mengakui kesalahan.

Baca Juga: Kecocokan Pasangan Aries dan Libra, Bisa Jadi Pasangan yang Seimbang!

4. Berkata-kata kasar pada pasangan saat emosi memuncak

5 Kebiasaan Buruk dalam Bertengkar yang Wajib Diubah Setelah Menikahilustrasi pasangan bertengkar dalam rumah (Pexels.com/Alex Green)

Pernah menghina pasangan dengan kata-kata yang gak pantas didengar? Tapi, karena hati masih cinta akhirnya baikan? See? Kamu gak bisa narik kembali apa yang terlanjur kamu ucap. Mungkin hubunganmu dulu bisa putus nyambung, tapi pernikahan gak bisa begitu.

Kamu mungkin sangat marah karena kesalahan pasangan, tapi belajarlah mengendalikan emosimu. Lebih baik diam sejenak sampai amarahmu mereda. Sebelum meluapkan perasaan, ingat dulu segala kebaikan pasangan.

5. Menyalahkan pasangan dan selalu berpikir kamu yang benar

5 Kebiasaan Buruk dalam Bertengkar yang Wajib Diubah Setelah Menikahilustrasi pasangan berdebat (Pexels.com/Keira Burton)

Besarnya tuntutanmu pada pasangan seringkali jadi pemicu mudahnya menyalahkan. Setelah menikah, kamu harus paham kalau manusia sempurna itu gak ada, termasuk dirimu sendiri. Kurangi ekspektasimu yang berlebihan dan tengok lebih dalam kekuranganmu sendiri.

Sosok yang kamu salahkan itu bukan orang lain, tapi ayah atau ibu dari anakmu. Dia pendamping sisa usiamu. Belajarlah saling menghargai dan mengoreksi kesalahan diri sendiri.

Karakter itu memang sulit diubah. Tapi kalau niatmu kuat demi langgengnya pernikahan, kamu pasti bisa mengubahnya perlahan-lahan.

Baca Juga: Pasangan Lakukan 5 Hal Ini? Tanda Kamu Bukan Lagi Prioritas

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

IG 👉 nita.nurfitria

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya