Comscore Tracker

5 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sangat Sensitif

Apakah kamu orang yang sensitif?

Manusia adalah makhluk penuh emosi. Ketika hal baik terjadi kita akan merasa bahagia dan ketika hal buruk menghampiri kita akan merasa sedih. Namun, ada beberapa orang yang lebih sensitif dibandingkan orang lain. Mudah tersinggung, cepat marah atau bahkan tiba-tiba menangis.

Umumnya seseorang akan menjadi lebih sensitif ketika ada masalah, bersedih, pernah trauma dengan hal serupa atau sedang sakit. Namun, ternyata ada hal lain yang tanpa disadari dapat membuat seseorang sangat sensitif, berikut diantaranya.

1. Kamu terlalu menutup diri

5 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sangat Sensitifilustrasi orang menyendiri (unsplash.com/MatthewHenry)

Setiap orang tentu perlu menghabiskan waktu untuk sendiri. Namun, jika dilakukan secara terus menerus hal ini justru akan berdampak buruk. Terus menjaga jarak dengan orang-orang dapat mengacaukan pengendalian emosimu. Jarang berinteraksi dengan orang akan menjadikanmu lebih sensitif ketika mendengar ucapan atau mendapat perilaku yang tak kamu sukai.

Menyedirilah seperlunya, sesuai porsi yang kamu butuhkan. Jika sudah dirasa cukup menghabiskan waktu sendiri, segeralah membaur kembali. Berinteraksi dalam lingkungan positif justru akan menjadikanmu lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Selain itu, kamu juga akan semakin terbiasa dengan segala bentuk obrolan dan perilaku orang, sehingga tidak mudah tersinggung.

2. Keturunan

5 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sangat Sensitifilustrasi keluarga (pexels.com/EmmaBauso)

Selain lingkungan sosial ternyata ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi karakter seseorang, salah satunya adalah genetik. Dilansir laman Healthline.com, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa genetik dapat mempengaruhi sifat sensitif seseorang.

Orang yang sensitif cenderung memiliki gen yang menjadikannya lebih emosional saat merespon lingkungan. Jika anggota keluargamu ada yang mengalami gangguan kecemasan atau sejenisnya, ada kemungkinan kamu juga mewarisi hal serupa. 

Baca Juga: Biar Gak Mudah Tersinggung, Ini 5 Tips Bicara dengan Orang Sensitif 

3. Kamu kurang istirahat

5 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sangat Sensitifilustrasi orang tidur (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Kurang tidur memberikan banyak efek buruk pada tubuh, salah satunya adalah kekebalan tubuh yang akan menurun sehingga menyebabkan dirimu mudah sakit. Selain itu, kurang tidur juga dapat mempengaruhi kepribadianmu. Kamu akan mengalami kesulitan berpikir, merasa cemas serta tidak konsentrasi. Hal ini akan menyebabkan kamu kesulitan untuk membedakan hal benar dan salah. Proses berpikir menjadi terganggu sehingga berdampak pada suasana hatimu. Suasana hatimu pun akan menjadi kacau dan mudah tersinggung.

Jika kamu merasa pikiranmu sedang kacau, cobalah perbaiki kualitas waktu tidurmu. Memiliki tidur yang cukup akan membantumu lebih mudah berkonsentrasi dalam menerima informasi, sehingga tidak mudah salah paham dan tersinggung.

4. Pola makan tidak sehat

5 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sangat Sensitifilustrasi makan bersama (unsplash/NationalCancerInstitute)

Makanan yang kamu makan tidak hanya akan mempengaruhi tubuhmu, tetapi juga dapat mempengaruhi mentalmu. Dilansir Healthline.com, penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang sehat akan membuat pikiran lebih baik, begitu pula sebaliknya.

Ketika pikiran kacau tentu kamu menjadi lebih sensitif. Demi mecegah hal buruk terjadi, mulailah bangun kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Mengkonsumi makanan sehat seperti sayuran dan buah akan membuat suasana hatimu lebih bahagia. Kamu menjadi lebih tenang dalam menjalani masalah hidup yang ada. 

5. Kamu kurang olahraga

5 Hal yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Sangat Sensitifilustrasi orang sedang yoga (unsplash.com/AvrielleSuleiman)

Ternyata olahraga tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga memberikan efek besar terhadap suasana hati dan emosi. Dilansir dari sensitiveevolution.com, olahraga akan melepaskan endorphin yang merupakan neurotransmitter yang bertugas membantumu melepaskan stres. Ketika kamu merasa sehat, hatimu akan menjadi tenang. Kamu juga akan lebih siap menghadapi tantangan dalam hidup. Tak perlu berat, kamu bisa mencoba olahraga ringan seperti yoga atau berenang.

Itulah lima alasan yang tanpa disadari dapat menyebabkan kamu sangat sensitif. Menjaga kualitas mental dan fisik pada diri sendiri itu juga penting. Kenali dan pahamilah demi menjaga hubungan yang lebih baik dengan orang sekitar, ya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sifat yang Terlalu Sensitif dan Baperan, Cek Bro!

Caressa lina Photo Verified Writer Caressa lina

nothing special about me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya