Comscore Tracker

7 Tips Ampuh Anti-Toxic untuk Menjaga Relationship dengan Sahabatmu 

Cari sahabat itu tidak mudah, makanya harus saling menjaga

Sebenarnya sejak dulu cari sahabat memang tidak mudah, tetapi ternyata dengan semakin adanya sosial media, mencari dan mempertahankan jadi semakin tidak mudah lagi. Tentu ini jadi tantangan tersendiri untuk kita yang menjadi penduduk asli dunia digital.

Tetapi, tentu segala hal ada positif negatifnya. Sekarang kita bisa mempelajari banyak hal yang tergolong baik atau buruk dalam segala bentuk hubungan. Nah, kalau untuk persahabatan, kira-kira apa saja rahasia agar kita tidak menjadi orang yang toxic untuk sahabat kita?

1. Hindari toxic positivity saat teman lagi curhat

7 Tips Ampuh Anti-Toxic untuk Menjaga Relationship dengan Sahabatmu Unsplash/Thiago Barletta

Mungkin kita semua selama ini sudah terjebak menjadi seseorang yang toxic positive. Nah, memang apa saja tandanya kalau kita sudah mulai memberi toxic positive? Toxic positivity bisa kita tunjukkan dari respon yang kita berikan saat teman lagi curhat.

Contoh dari toxic positivity ini adalah, "sabar ya, orang lain masih ada yang lebih parah", "positif aja, entar biar Tuhan yang balas", dan lain-lain yang isinya menyuruh agar menjadi lebih positif. Kedengarannya seperti, lhoh bukannya itu yang betul?

Tidak seperti itu, coba kamu bayangkan kalau kamu di posisi teman yang lagi curhat, dengan emosi negatif yang kamu rasakan, pasti sulit untuk tiba-tiba menjadi positif. Kuncinya adalah, maksimalkan peranmu sebagai pendengar.

Diksi yang kamu gunakan di sini penting. Daripada menggunakan kata-kata seperti di atas, lebih baik kamu bilang "iya wajar kok kamu ngerasa kayak gini", "pasti sulit ya melewatinya, apa ada yang bisa kubantu?", dan sebagainya.

Tetapi, tidak hanya diksi yang berperan penting, tentunya juga ketulusan menjadi pendengar. Selain itu, kamu harus berhati-hati ya, jangan menganggap remeh cerita dari temanmu. Misalkan, ketika dia lagi curhat, eh kamu malah bilang "aku dulu sih malah kayak gini", atau "aku dulu lebih parah". Hal-hal seperti ini malah membuat sahabatmu hilang rasa percaya terhadapmu.

2. Jangan menganggap kamu lebih baik dari dia dalam hal apapun

7 Tips Ampuh Anti-Toxic untuk Menjaga Relationship dengan Sahabatmu Unsplash/Alexis Brown

Memunculkan strata atau hirarki walaupun sedikit saja akan membuat perasaan tidak enak pada sahabatmu. Ini hanya awalnya, lho! Jika kalian jadi keasyikan menempatkan diri di atas sahabat, ya persahabatan kalian mungkin tidak sampai bertahan satu semester.

Kalau ada hal yang memang sahabatmu lebih paham dan handal, ya sudah akui saja. Jangan lantas kalian merasa tidak aman dan menciptakan celah untuk bisa meremehkan dia di kesempatan lain, karena lama-lama sahabatmu juga akan merasa muak dengan sikap seperti itu.

3. Persahabatan yang awet adalah yang saling menumbuhkan

7 Tips Ampuh Anti-Toxic untuk Menjaga Relationship dengan Sahabatmu Unsplash/Everton Vila

Nah, ini dia orang jarang sekali menyadarinya. Mengembangkan diri adalah salah satu kebutuhan kita sebagai manusia juga, dan ketika dalam persahabatan kalian bisa saling mensupport pengembangan diri, pertemanan kalian akan awet. 

Selain dampak positif berupa pengembangan diri, pertemanan yang menimbulkan efek positif akan membuat setiap orang merasa lebih berdaya. Dan tentunya siapa dong, yang tidak mau menjadi lebih baik sekaligus mendapat kenyamanan dari pertemanan?

Baca Juga: 6 Tipe Teman Toxic Ini Harus Dihindari Demi Kesehatan Jiwa

4. Pertimbangkan bagaimana pendapat sahabatmu

7 Tips Ampuh Anti-Toxic untuk Menjaga Relationship dengan Sahabatmu Unsplash/Priscilla Du Preez

Setiap kali kalian akan melakukan kegiatan bersama, pastikan salah satu dari kalian tidak ada yang keberatan. Tidak semua orang pandai mentolerir rasa keberatan, lho. Ada tipe orang dimana ia tidak mudah cocok sehingga rasa keberatan terakumulasi dan menyebabkan dendam.

Jadi, saat mau hangout atau berlibur pun kalian harus bersikap humble, yaitu mau menerima segala pendapat yang ada. Termasuk, jika ada yang keberatan soal harga, uang memang bisa dicari, tapi juga tidak jarang membuat persahabatan merenggang. Jadi, hati-hati ya!

5. Berkomitmen untuk selalu menghubungi

7 Tips Ampuh Anti-Toxic untuk Menjaga Relationship dengan Sahabatmu Unsplash/Priscilla Du Preez

Kesibukan sekarang adalah salah satu faktor kuat mengapa hubungan antar sahabat bisa merenggang. Jika kalian memang sudah menemukan lingkaran pertemanan yang pas buat kalian, tentu kalian harus punya komitmen memupuk pertemanan ini.

Andaikata tanaman yang dibiarkan bisa jadi layu, ya seperti inilah perumpamaannya. Jadi, sesibuk apapun atau sejauh apapun, pastikan kalian memperlihatkan bahwa kalian berkomitmen menjaga hubungan. Bukankah sekarang semua sudah mudah? Setidaknya kirim pesan atau telepon sahabat-sahabat kalian.

6. Peka dan terbuka

7 Tips Ampuh Anti-Toxic untuk Menjaga Relationship dengan Sahabatmu Unsplash/Rosie Fraser

Orang-orang tertentu memang mudah menutupi kesedihannya, bukan? Tetapi, tentu jika kalian sudah menjalin persahabatan lama, pasti kalian tahu saat ada yang salah dengan diri teman kalian. Ini juga bermanfaat jika ada teman kalian yang memiliki tanda-tanda depresi. 

Setidaknya, jika kalian tergolong seseorang yang kurang peka, kalian bisa menanyakan langsung heart to heart. Begitu juga jika kalian di posisi orang yang ditanyai, bersikaplah terbuka pada sahabatmu, agar kalian lebih lega dan sahabatmu merasa menjadi orang yang penting untukmu.

7. No body shaming

7 Tips Ampuh Anti-Toxic untuk Menjaga Relationship dengan Sahabatmu Unsplash/Dario Valenzuela

Terkadang saking dekatnya, kita bisa saja asal ceplos mengkomentari hal-hal yang berkaitan dengan tubuhnya. Ini hindari ya, harus! Bisa saja sahabatmu terlihat baik-baik mendengar komentarmu, tapi bisa jadi juga ia merasa sangat insecure saat sendirian.

Jadilah sahabat yang tidak hanya menjaga temanmu secara fisik, tetapi juga mental. Terima keadaan temanmu apa adanya. Kecuali jika sahabatmu mulai mengalami gangguan kesehatan karena kondisi fisiknya, kamu bisa berbicara baik-baik. 

Nah, itu dia 7 tips ampuh menjaga hubungan dengan sahabat kalian. Persahabatan itu sesuatu yang tidak bisa ditebak. Jadi, kalian harus fleksibel tetapi juga berhati-hati. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan refleksi kalian dan bermanfaat ya!

Baca Juga: 6 Proteksi Diri yang Harus Kamu Miliki Saat Dikelilingi Toxic Friend 

Novia Aisyah Photo Community Writer Novia Aisyah

Some Scandinavian thoughts addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You