Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Sulit untuk Memaafkan Orang Lain

Karena pada dasarnya damai itu indah

Tentu tidak mudah untuk memaafkan orang yang telah menyakiti kita, entah disengaja atau pun tidak. Padahal sudah seharusnya kita bisa memaafkan, mengingat tiada manusia sempurna di dunia. Meskipun tak semudah membalikkan telapak tangan, berikut adalah lima hal yang harus diingat saat kamu merasa sulit untuk memaafkan kesalahan orang lain.

1. Ingat-ingatlah kebaikan yang pernah ia tebarkan kepadamu

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Sulit untuk Memaafkan Orang LainUnsplash/Laurenz Kleinheider

Cara tergampang memotivasi diri sendiri untuk memaafkan oleh orang lain adalah dengan mengingat kebaikan yang pernah ia lakukan kepadamu. Tidak seharusnya kamu menghukum orang lain dengan tidak memberi maaf padanya,  yang mana dia hanya berbuat sedikit kesalahan padahal telah banyak melakukan kebaikan untukmu.

Maafkanlah selagi belum banyak perasaan benci yang menghampirimu. Justru dengan cara memaafkan kesalahanya, kamu sama dengan sudah memberikan kesempatan orang lain untuk membenahi diri.

2. Pahamilah bahwa tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Sulit untuk Memaafkan Orang LainUnsplash/Raychan

Jelas sudah, bahwa tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan kendati ia dinilai sebagai sosok teladan, dan itu wajar saja. Asalkan dia tidak berbuat sesuatu yang keterlaluan dan merugikan orang lain kenapa tidak dimaafkan?

Baca Juga: 5 Sikap Bijak Setelah Kamu Memaafkan Kesalahan Orang

3. Evaluasi diri, kamu pun pasti juga pernah melakukan kesalahan pada orang tersebut

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Sulit untuk Memaafkan Orang Lainunsplash/Ben White

Penting juga untuk diingat, bila kamu juga bukan merupakan orang yang suci. Kamu juga pasti sedikit banyak, sengaja atau tidak pernah berbuat salah pada orang tersebut. Posisikan kamulah orang yang meminta maaf tadi. Pasti kamu juga mengharap permintaan maafmu segera diterima, bukan? 

4. Petik pelajaran yang kamu dapatkan dari kesalahannya

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Sulit untuk Memaafkan Orang Lainunsplash/David Travis

Ambil hikmah dari kesalahan yang ia perbuat. Dari kesalahannya jugalah kamu jadi tahu bagaimana cara bersikap. Artinya memaafkan kesalahan orang lain bukan hanya menciptakan manfaat baginya, namun juga bagi dirimu sendiri.

5. Pikirkan dampak hubunganmu bila kamu tak juga memaafkannya

5 Hal yang Harus Kamu Ingat saat Sulit untuk Memaafkan Orang Lainunsplash/Nik Shuliahin

Berada dalam lingkungan yang sama dengan orang yang masih juga belum kamu maafkan kesalahannya pasti tidaklah nyaman. Dan itu sudah tak bisa dimungkiri akan berdampak besar pada dirimu juga.

Canggung, kikuk, dan merasa aneh pasti akan menjadi makanan sehari-harimu. Apalagi bila ia adalah teman sekolah, kuliah ataupun sekantor denganmu. Semua perasaan dan kondisi demikian bisa perlahan hilang bila kamu sudah ikhlas memaafkan kesalahannya.

Salah satu ciri manusia berjiwa kesatria adalah mau meminta maaf dan memaafkan kesalahan orang lain. Lalu renungkan, apakah kamu salah satu orang di antaranya? 

Baca Juga: Ketika Memaafkan Terasa Sangat Sulit, Coba Ingat 5 Hal Ini

Nuke Diah Ayuning Photo Verified Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya