Comscore Tracker

5 Tips Persahabatan Langgeng dan Gak Penuh Drama

Mari menjadi sosok terbaik untuk sahabatmu

Tidak hanya sebuah hubungan percintaan yang harus dijaga, hubungan persahabatan tentu saja sama pentingnya. Persahabatan bisa menjadi seperti keluarga kedua ketika dijaga dan jauh dari hal-hal toxic yang membuat diri sendiri dan bahkan teman kita menjadi tidak nyaman. Karenanya untuk menjaga persahabatan langgeng dan gak pernah drama, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan. 

1. Saling pengertian

5 Tips Persahabatan Langgeng dan Gak Penuh DramaIlustrasi empat sahabat yang saling berpelukan (pexels.com/Elina Fairytale)

Perlu dicatat bahwa setiap orang memiliki masalah dan kesibukan tersendiri. Terkadang masalah dalam persahabatan muncul karena tidak adanya pengertian satu sama lain. Tenaga dan waktu yang dimiliki setiap orang harus terbagi, tidak hanya berporos pada satu individu. 

Karenanya memberikan pengertian sangatlah penting dalam sebuah hubungan, termasuk persahabatan.

2. Jadilah pendengar yang baik

5 Tips Persahabatan Langgeng dan Gak Penuh DramaIlustrasi sekumpulan pria berdiri di padang rumput (pexels.com/Afta Putta Gunawan)

Pendengar yang baik tidak akan menginterupsi pembicara di tengah-tengah pembicaraan apalagi membandingkan apa yang sedang diceritakan oleh sahabat.

Dengarkan, perhatikan dengan baik, berikan respons yang baik dan berikan solusi maupun saran dengan cara yang tidak menyinggung jika dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Persahabatan Tetap Kuat, Terasa Selalu Dekat

3. Ada batasan untuk suatu alasan

5 Tips Persahabatan Langgeng dan Gak Penuh DramaIlustrasi sahabat wanita berdiri di dekat sungai (pexels.com/THIS IS ZUN)

There are boundaries for a reason. Walaupun hubungan persahabatan sangat dekat, namun batasan tetap ada. Ketika sahabat mu tidak ingin berbagi cerita maka jangan memaksa, mungkin ada alasan tersendiri yang membuatnya tidak ingin menceritakan masalahnya. 

Sebagai tambahan, ada batasan dalam candaan. Setiap candaan yang dilontarkan harus sesuai dengan situasi yang ada dan kepada siapa candaan dilontarkan. Jangan melakukan bullying 

4. Komunikasi adalah kunci

5 Tips Persahabatan Langgeng dan Gak Penuh DramaIlustrasi sahabat yang menyatukan tangan (unsplash.com/Hannah Busing)

Perbedaan pendapat kerap terjadi dalam persahabatan, cekcok dan salah paham bukanlah sesuatu yang baru. Masalah ini terkadang bisa mempererat ikatan persahabatan namun juga bisa mengakhirinya. Komunikasi yang baik tidak hanya diperlukan dalam hubungan romansa penuh cinta, tetapi juga sangat dibutuhkan dalam persahabatan.

Komunikasikan dengan baik setiap masalah dan kesalahpahaman yang ada, jika belum terpecahkan, berikan waktu sejenak untuk mendinginkan kepala. Setelahnya, kembali upayakan untuk menyelesaikan kesalahpahaman yang ada. 

5. Upayakan untuk menanyakan dan mengecek kondisi sahabatmu

5 Tips Persahabatan Langgeng dan Gak Penuh DramaIlustrasi apakah kamu tersenyum hari ini (pixabay.com/Kranich17)

Menjaga hubungan persahabatan agar tetap langgeng harus diupayakan, waktu luang serta kesibukan setiap orang berbeda, apalagi jika sahabat mu telah memasuki dunia kerja ataupun sibuk dengan keluarganya. 

Tanpa adanya waktu luang untuk mengatur pertemuan, upayakan untuk tetap menjaga kontak dengan sahabatmu. Sesekali jika masing-masing memiliki kesibukan, bertukar pesan singkat dengan sahabat mu sangat penting.

Terlepas dari tips tersebut, perlu kita catat bahwa persahabatan yang layak untuk dijaga dan dipertahankan ialah persahabatan yang membuatmu bahagia dan nyaman berada di dalamnya. Jika persahabatan mu tidak lagi menjadi comfort and safe zone untukmu, saatnya untuk pertimbangkan kembali persahabatan kalian. Semoga langgeng dan gak banyak drama! 

Baca Juga: 5 Kecemburuan dalam Persahabatan, Dekat Tak Berarti Bebas Riak

Nur Aulia Safira Photo Writer Nur Aulia Safira

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya