Comscore Tracker

Ini 6 Etika dalam Berhubungan Intim Menurut Islam, Pasutri Wajib Paham

Dianjurkan memulai dengan obrolan romantis~

Bagi pasangan suami istri yang telah sah menikah pasti memiliki keinginan untuk mempunyai keturunan. Salah satu yang dilakukan adalah dengan melakukan hubungan intim dengan pasangan yang sudah halal.

Dalam ajaran Islam, melakukan hubungan intim haruslah dengan etika yang baik. Salah satunya adalah dengan berdoa kepada Allah SWT memohon perlindungan dari godaan setan. Selain itu, dengan berdoa juga akan mendatangkan keberkahan dan pahala bagi pasangan suami istri.

Selain berdoa sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangannya, berikut 6 etika dalam berhubungan intim yang baik menurut Islam. Yuh, simak penjelasannya.

1. Sebelum berhubungan intim dianjurkan untuk membersihkan diri

Ini 6 Etika dalam Berhubungan Intim Menurut Islam, Pasutri Wajib PahamUnplash.com/bruce mars

Membersihkan diri sebelum berhubungan intim dirasa sangat penting untuk menjaga kenyamanan pasangannya. Dengan tubuh yang bersih proses berhubungan intim menjadi lebih nyaman dan berkualitas. Anjuran membersihkan diri sebelum berhubungan intim juga telah diterangkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ahmad.

Pada saat itu Abu Rafi bertanya kepada Rasulullah SAW ketika mengetahui beliau selalu mandi setiap berhubungan dan bertanya.

"Ya Rasulullah, bukankah lebih baik engkau cukup sekali mandi saja?” Rasulullah SAW menjawab, “Seperti ini lebih suci dan lebih baik serta lebih bersih.” (HR. Abu Daud dan Ahmad)

2. Dianjurkan menggunakan wewangian

Ini 6 Etika dalam Berhubungan Intim Menurut Islam, Pasutri Wajib PahamUnsplash.com/Laura Chouette

Badan yang bersih dan wangi pada saat melakukan hubungan intim akan menambah suasana yang romantis dan lebih harmonis. Kondisi badan yang wangi akan menambah rasa nyaman pasangan karena kondisi badan yang wangi dan segar.

Bayangkan saja jika memiliki kondisi badan yang kurang sedap pasti rasanya akan terganggu. Apalagi berhubungan badan yang dilakukan dengan cara kontak langsung tentu saja tidak akan merasa nyaman.

Menggunakan wewangian juga merupakan salah satu sunah Rasulullah SAW, sebagaimana hadis berikut yang artinya:

"Empat macam di antara sunnah-sunnah para Rasul, yaitu berkasih sayang, memakai wewangian, bersiwak dan menikah.” (HR. Tirmidzi)

Baca Juga: 5 Hal Ini Menjadi Penyebab Terhalangnya Jodoh Menurut Islam

3. Berdandan dan pakailah pakaian yang disukai pasangan masing-masing

Ini 6 Etika dalam Berhubungan Intim Menurut Islam, Pasutri Wajib PahamUnsplash.com/freestocks

Mengenakan pakaian dan berdandan pada saat akan melakukan hubungan intim dimaksudkan agar pasangan lebih tertarik dan bergairah pada saat akan berhubungan. Dengan berdandan dan mengenakan pakaian yang disukai pasangan, bisa menjadi salah satu penyebab bangkitnya syahwat atau nafsu terhadap pasangan.

Sebagaimana sebuah hadis yang artinya:

"Sebaik-baik istri kalian adalah yang pandai menjaga diri lagi pandai membangkitkan syahwat. Yakni keras menjaga kehormatan dirinya lagi pandai membangkitkan syahwat suaminya.” (HR. Ad Dailami)

Dengan berdandan juga akan melihat kesan enak untuk dilihat dan nyaman untuk pandang. Berdandan untuk pasangan juga bisa menjadi nilai pahala.

4. Memulaih dengan obrolan romantis dan mesra

Ini 6 Etika dalam Berhubungan Intim Menurut Islam, Pasutri Wajib PahamUnsplash.com/Becca Tapert

Ketika seorang hendak berhubungan intim dengan istrinya, maka tidak diperbolehkan berperilaku seperti binatang ternak saat mendatangi pasangannya. Memulailah dengan kata-kata romantis dan mesra untuk membangkitkan suasana nyaman dalam berhubungan. Dengan hal itu hubungan intim juga akan lebih berkualitas. 

5. Sentuh pasangan dengan sentuhan mesra

Ini 6 Etika dalam Berhubungan Intim Menurut Islam, Pasutri Wajib PahamUnsplash.com/We-Vibe WOW Tech

Sentuhan adalah bagian dari pemanasan, dengan sentuhan akan meningkatkan gairah seorang pasangan. Tapi bersentuhan tangan lebih baik, sebab dengan bersentuhan tangan akan menciptakan cinta bakal tumbuh.

6. Berdoa sebelum berhubungan intim

Ini 6 Etika dalam Berhubungan Intim Menurut Islam, Pasutri Wajib PahamUnsplash.com/Rachid Oucharia

Poin penting sebelum berhubungan intim adalah berdoa memohon perlindungan dari Allah SWT, agar tidak diganggu setan dan juga untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Sehingga kelak pada saat anaknya lahir, anak tersebut tidak akan mampu untuk dicelakai oleh setan.

Berdoa sebelum berhubungan intim juga telah dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya:

"Jika salah satu dari pasangan ingin berhubungan dengan istrinya, lalu membaca doa, “Bismillah Allahumma jannibnaasy syaithoona wa jannibisy syaithoona maa rozaqtanaa" Kemudian jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut, maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya” (HR. Bukhari no. 6388 dan Muslim no. 1434)

Nah, itu dia 6 etika yang sebaiknya diperhatiakan sebelum melakukan hubungan intim bersama pasangannya. Apabila etika tersebut dijalankan pasti akan mendatangkan keberkahan dan hubungan intim yang dilakukan juga akan lebih berkualitas, sehingga kebutuhan biologis pasangannya juga akan terpenuhi secara maksimal.

Baca Juga: Menurut Islam, Ini 5 Cara Mendapatkan Kebahagiaan Dunia dan Akhirat 

Nur Kholid Photo Verified Writer Nur Kholid

Mari berproses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya