Comscore Tracker

5 Tanda Pasangan Suka Mengontrol, Bikin Hubungan Gak Harmonis!

Coba kenali tandanya pada pasanganmu

Mendapatkan perhatian dari pasangan pasti menyenangkan sekaligus membuatmu merasa sangat spesial. Terkadang pula rasa cemburu dari pasangan bisa membuat kamu semakin merasa dicintai.

Tetapi, harus diwaspadai jika pasanganmu sudah sangat over protektif dan selalu mengatur hidupmu. Kamu bisa melihat tanda-tandanya dari kelima hal sebagai berikut ini.

Coba cek, apakah pasangan kamu masuk kategori di bawah ini atau tidak, ya?

1. Mencegahmu wujudkan keinginan dan membuatmu ragu 

5 Tanda Pasangan Suka Mengontrol, Bikin Hubungan Gak Harmonis!ilustrasi merasa kebingungan (pexels.com/liza-summer)

Pasangan yang suka mengatur akan membuatmu selalu mengikuti apa yang diinginkannya. Jangankan memiliki impian dan cita-cita, dirinya akan mendikte kamu untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak disukainya.

Kamu tidak akan diberi kesempatan untuk berkembang dan mengejar cita-cita maupun karier. Kamu akan selalu dibuat ragu dengan doktrin yang ia katakan tentang dirimu dan apa yang menurutnya baik untukmu.

2. Membuatmu menjaga jarak dari teman bahkan keluarga 

5 Tanda Pasangan Suka Mengontrol, Bikin Hubungan Gak Harmonis!ilustrasi hangout bersama teman (unsplash.com/felixrstg)

Kamu tidak akan diberi kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman atau bahkan keluarga. Baginya, kamu harus terus bersama dengan dirinya di sebagian besar waktumu.

Kamu akan menjadi terisolasi dari lingkungan sosialmu secara perlahan. Lama kelamaan kamu akan kehilangan orang yang biasanya selalu bersamamu. Hingga paling parahnya, kamu bisa menjauhi keluargamu sendiri dan menyembunyikan banyak hal tentangnya.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Bisa Dipetik saat Memiliki Orangtua Super Protektif

3. Cemburu buta, suka menuduh, dan paranoid

5 Tanda Pasangan Suka Mengontrol, Bikin Hubungan Gak Harmonis!ilustrasi bersama pasangan (unsplash.com/itsmiki5)

Ketiga hal tersebut akan dirasakan jika memiliki pasangan yang suka mengontrol. Pasangan kamu akan selalu merasa gelisah, cemburuan, hingga paranoid berlebih. Bahkan, terhadap hal-hal kecil yang terkesan sepele dan tak masuk akal bisa membuatnya cemburu buta.

Kamu akan dituduh melakukan hal-hal yang mungkin tak pernah kamu lakukan. Jika sudah begini, segera menjauh dari pasangan atau akhiri hubungan kalian sebelum keadaan semakin memburuk, ya.

4. Tidak menghargai kebutuhanmu untuk menyendiri 

5 Tanda Pasangan Suka Mengontrol, Bikin Hubungan Gak Harmonis!ilustrasi menikmati sinar mentari (unsplash.com/goodspleen)

Sekalipun memiliki pasangan bukan berarti bahwa seluruh waktu di dalam hidupmu harus dihabiskan bersamanya. Kamu tetap berhak untuk memiliki waktu pribadi atau me time. Kamu tetap boleh bersenang-senang bersama teman atau sahabat. Bahkan, hanya untuk menyendiri di rumah dan menikmati waktu untuk merasa bebas adalah hakmu sebagai seorang manusia.

Itu semua wajar untuk kamu dapatkan dan pasangan kamu harus bisa menerima itu. Namun, jika sebaliknya yang terjadi, maka sudah tentu pasanganmu adalah tipe orang yang suka mengontrol. Kamu harus pikirkan lagi hubunganmu untuk ke depannya.

5. Selalu membuat persyaratan untuk menyetujui sebuah tindakan yang kamu lakukan 

5 Tanda Pasangan Suka Mengontrol, Bikin Hubungan Gak Harmonis!ilustrasi pasangan berselisih pendapat (unsplash.com/javaistan)

Melakukan sesuatu yang kamu suka atau memang harus kamu lakukan tentu sah-sah saja. Kamu tidak perlu meminta izin darinya akan hal tersebut. Namun, jika pasanganmu selalu memberikan persyaratan saat kamu hendak melakukan hal tersebut, pasti akan jadi tidak menyenangkan, bukan?

Jangan sampai pasanganmu jadi sangat mengontrol kehidupanmu dan membuatmu merasa seperti tak berharga. Pikirkan apa yang terbaik untuk dirimu terlebih dahulu, kemudian baru pikirkan mengenai hubungan kalian.

Jika pasanganmu sudah menunjukkan satu atau bahkan kelima hal di atas, kamu wajib waspada, nih! Jangan sampai hubungan kamu malah jadi hubungan toksik dan berakhir tidak bahgia, ya!

Baca Juga: 7 Tanda Sebenarnya Kamu Toxic bagi Orang Sekitarmu, Segera Sadari!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya