Comscore Tracker

5 Tips Membangun Rasa Percaya Agar Hubungan Awet Bersama Pasangan

Bisa selalu langgeng dengannya

Menjalani hubungan bersama pasangan tak lepas dari momen pasang dan surut. Pasalnya, tak dapat dipungkiri bahwa sebuah hubungan akan mengalami masa-masa berat yang bisa saja sulit untuk dikontrol. Terlebih jika rasa percaya sudah mulai menipis atau bahkan tak bersisa lagi.

Namun bagaimana caranya agar bisa membangun rasa percaya agar hubungan awet bersama pasangan? Yuk, simak tips ampuhnya sebagai berikut!

1. Jujur dalam berkata dan tunjukkan dengan sikap

5 Tips Membangun Rasa Percaya Agar Hubungan Awet Bersama Pasanganpexels.com/rawpixel

Bersikap jujur bisa dimulai dari perkataan, lalu kemudian tunjukkan dengan perbuatan. Jujur dalam kata-kata adalah hal penting yang harus selalu dikedepankan dalam setiap hubungan. Tak peduli sudah berlama lama hubungan dibangun, jika tak bisa jujur dalam berkata-kata, maka hubungan bisa rusak sewaktu-waktu pula. Maka, jadilah orang yang sesuai antara apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan.

2. Belajar bagaimana caranya berkomunikasi secara efektif 

5 Tips Membangun Rasa Percaya Agar Hubungan Awet Bersama Pasanganunsplash.com/Kev Costello

Komunikasi yang efektif adalah kunci dari terciptanya hubungan yang baik. Intensitas tak menjamin dari efektifnya sebuah komunikasi antar pasangan. Tetapi kualitas dari komunikasi yang dihasilkan itu yang membuat terjalinnya hubungan yang harmonis. Kamu harus belajar bagaimana berkomunikasi yang baik, mudah dimengerti sehingga pasangan bisa memahami kita dengan baik.

3. Sadari bahwa membangun rasa percaya itu butuh waktu 

5 Tips Membangun Rasa Percaya Agar Hubungan Awet Bersama Pasanganpixabay.com/Panajiotis

Rasa saling percaya akan berjalan berdampingan dengan lamanya sebuah hubungan terjalin. Membangun rasa percaya memang akan membutuhkan waktu, karena semua akan memulainya dari titik nol. Perlahan tapi pasti, tidak perlu tergesa-gesa dan menuntut pasangan untuk bisa percaya sepenuhnya dengan segera. Pahami dan maklumi karena seiring berjalannya waktu rasa percaya juga akan meningkat.

Baca Juga: Meski Sudah Jujur, 5 Alasan Ini Membuat Pasangan Sulit Percaya Padamu

4. Mengakui jika dirimu terbukti melakukan kesalahan 

5 Tips Membangun Rasa Percaya Agar Hubungan Awet Bersama Pasanganunsplash.com/Milan Popovic

Tak semua orang mudah untuk mengakui sebuah kesalahan yang dilakukannya. Cenderungnya ego yang dimiliki terlalu tinggi dan merasa harga diri ada di atas segalanya. Justru hal seperti ini yang akan menghancurkan sebuah hubungan dengan cepat. Bagaimana pasangan bisa percaya jika kamu tak bisa bersikap terbuka dan menerima keburukanmu sendiri?

5. Selalu ambil waktu berpikir sebelum mengambil keputusan dan bertindak 

5 Tips Membangun Rasa Percaya Agar Hubungan Awet Bersama Pasanganunsplash.com/Anthony Tran

Saat terbawa emosi, seringnya orang akan mudah melakukan hal buruk dan membuat keputusan cepat. Terbawa suasana seringnya menjadikan orang tak berpikir dua kali dalam bertindak. Ini adalah hal yang harus kamu hindari untuk membangun rasa percaya pada pasangan.

Sekalipun kamu sedang berada dalam situasi dan emosi yang tinggi, tahan dirimu untuk bertindak impulsif. Pikirkan secara matang sebelum kamu menyesal telah membuat keputusan yang tidak tepat nantinya.

Itulah lima tips untuk membangun rasa percaya agar hubungan kamu dan pasangan selalu awet.

Baca Juga: Meski Beda Tipis, Ini 5 Perbedaan antara Percaya Diri dengan Sombong

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya