Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Sulit Sekali Menyembuhkan Luka Patah Hati

Karena sakit hati itu gak ada obatnya

Memiliki pasangan memang menyenangkan, tetapi jika hubungan tersebut berakhir maka sudah pasti akan meninggalkan luka patah hati. Beberapa orang memang mampu bertahan melewati masa-masa sulit tersebut, namun tak sedikit pula yang gagal move on bertahun-tahun lamanya.

Berikut ini merupakan lima alasan logis mengapa kamu sulit sekali menyembuhkan luka dari patah hati. Yuk, simak sebagai berikut!

1. Ekspektasi berlebih terhadap pasangan

5 Alasan Mengapa Kamu Sulit Sekali Menyembuhkan Luka Patah Hatiunsplash.com/Gabby Orcutt

Mencintai seseorang memang harus dilakukan dengan sepenuh hati. Tetapi ingat, terkadang kita juga harus mengandalkan logika. Tingginya ekspektasimu terhadap pasangan kerap akan menghancurkanmu perlahan.

Saat hubungan berakhir, kamu akan sulit percaya jika pasanganmu tega meninggalkan dan memutuskan hubungan. Kamu hanya membangun ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap sifat pasangan yang pada kenyataannya tak seindah yang dipikirkan. 

2. Sikap 'denial' terhadap pikiran logismu

5 Alasan Mengapa Kamu Sulit Sekali Menyembuhkan Luka Patah Hatiunsplash.com/Kev Costello

Pada dasarnya pikiran memunculkan hal-hal logis yang memang harusnya kamu yakini. Tetapi seringnya kamu hanya mendengarkan kata hati yang begitu mengandalkan perasaan. Kamu bersikap 'denial' atau menolak memercayai apa yang ada pikiran dan kenyataan.

Keyakinan di hati kerap disalahartikan menjadi sebuah keputusan yang salah. Itulah sebabnya kamu kerap mengulang luka hati yang tak kunjung sembuh. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Patah Hati Bisa Bikin Kamu Tambah Dewasa

3. Terlalu yakin bahwa suatu saat dia akan kembali

5 Alasan Mengapa Kamu Sulit Sekali Menyembuhkan Luka Patah Hatiunsplash.com/Nine Koepfer

Keyakinan di hati terus berlanjut hingga kamu semakin percaya bahwa dia akan kembali. Merajut hubungan yang sempat terputus karena suatu permasalahan. Kamu terlalu berharap dengan terus membayangkan kenangan manis saat dia masih bersamamu. Terkadang yang kamu rindukan adalah kenangan baik bersamanya, dan bukannya sosok orang tersebut.

4. Masih menyayangkan hubungan yang telah terjalin lama

5 Alasan Mengapa Kamu Sulit Sekali Menyembuhkan Luka Patah Hatiunsplash.com/Alex Iby

Alasan lain kenapa luka patah hatimu sulit sembuh adalah karena kamu masih menyayangkan berakhirnya hubungan tersebut. Kamu terlalu memikirkan hal-hal manis di masa depan yang seharusnya bisa kamu capai bersama dirinya.

Sibuk memikirkan bagaimana reaksi orang sekitar mengetahui berakhirnya hubungan kalian yang telah terjalin lama. Semua hal tersebut menambah beban hatimu dan menjadi sulit melupakan.

5. Mencari kesalahan dirimu yang menjadi penyebab dia pergi

5 Alasan Mengapa Kamu Sulit Sekali Menyembuhkan Luka Patah Hatiunsplash.com/Anthony Tran

Di sisi lain, kamu masih mencari-cari apa yang salah dari dirimu yang menyebabkan dirinya pergi. Kamu terus membangun penyesalan dan berandai-andai jika aku begini dan begitu, maka semua tidak akan seperti ini. Pada dasarnya, luka akibat patah hati itu akan selalu hadir jika kamu belum memiliki penawarnya. Banyak orang bilang patah hati hanya akan sembuh jika kamu jatuh cinta lagi.

 

Itulah lima alasan mengapa luka patah hatimu sulit sekali sembuh dan membuatmu susah move on. Jadi, jangan galau lagi, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Patah Hati akibat Ditinggal Nikah, Auto Move On!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya