Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Hilangkan Keintiman Hubungan, Perlu Waspada!

Dampaknya bisa bikin hubungan hambar

Keintiman merupakan rasa dekat yang tak hanya sebatas fisik tetapi juga menjiwai. Dalam hubungan, keintiman tentu jadi hal penting yang membedakan antara pasangan dengan orang biasa. Seringnya orang berpikir bahwa keintiman selalu identik dengan sensualitas.

Tetapi faktanya keintiman juga berasal dari sikap sehari-hari dengan pasangan. Jadi, keintiman itu penting demi mempererat keharmonisan hubungan. Oleh karenanya, sebisa mungkin hindari kelima hal yang bisa menghilangkan keintiman sebagai berikut!

1. Tidak mengkomunikasikan perasaan dan kebutuhan 

5 Hal yang Bisa Hilangkan Keintiman Hubungan, Perlu Waspada!ilustrasi pria sedang bersedih (pexels.com/olly)

Buruknya komunikasi akan membuat keintiman semakin memudar. Terlebih jika kamu tidak bisa mengkomunikasikan semua perasaan dan kebutuhanmu. Sementara hal itu penting untuk diketahui oleh pasangan.

Kamu tidak boleh hanya berharap dia bisa mengerti dengan sendirinya. Sedangkan komunikasi adalah satu-satunya cara yang bisa kamu gunakan untuk menyampaikan informasi. Jangan hanya berharap bisa dimengerti tanpa mau mengerti.

2. Bertengkar hebat untuk mempertahankan argumen 

5 Hal yang Bisa Hilangkan Keintiman Hubungan, Perlu Waspada!ilustrasi pasangan (pexels.com/timur-weber)

Berpendapat tentu tak ada salahnya, malah bagus dalam hubungan. Tapi yang bagaimana dulu? Tentu ketika kamu dan pasangan bisa menyampaikan argumen dengan kepala dingin. Saling bisa mendengarkan tanpa menyudutkan.

Sebaliknya, jika harus bertengkar hebat hanya karena kamu merasa benar maka itu tidak baik. Malah akan membuat hubungan menjadi renggan dan keintiman berkurang. Ini juga akan mencerminkan jika kamu adalah pribadi yang egois.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Keintiman dalam Hubungan, Terbuka Dengannya!

3. Tidak menetapkan batasan terhadap orang lain 

5 Hal yang Bisa Hilangkan Keintiman Hubungan, Perlu Waspada!ilustrasi pasangan (pexels.com/rodnae-prod)

Penting untuk menetapkan batasan ketika kamu telah memiliki pasangan. Artinya, kamu tak lagi bebas dekat dengan siapa pun terutama lawan jenis. Melainkan ada pasangan yang harus kamu hargai keberadaannya.

Kamu dan pasangan harus bisa saling mengetahui batasan masing-masing. Tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jangan sampai menimbulkan kesalahpahaman yang berakibat hilangnya keintiman di antara kalian.

4. Membuat pasangan menebak-nebak apa yang kamu mau 

5 Hal yang Bisa Hilangkan Keintiman Hubungan, Perlu Waspada!ilustrasi pasangan (.pexels.com/Timur Weber)

Kamu harus bisa memberitahu pasangan terhadap ekspektasimu. Jangan malah memaksanya untuk bisa berpikir dan berprilaku seperti yang kamu inginkan. Padahal kamu tak pernah memberitahu persoalan tersebut.

Hidup harus selalu dua arah, jangan hanya mau menang sendiri. Kamu tidak lagi sedang dalam sebuah permainan, melainkan hubungan yang harus dijalankan bersama. Keintiman akan sulit diraih jika seperti ini.

5. Suka menghindari perbincangan yang berat 

5 Hal yang Bisa Hilangkan Keintiman Hubungan, Perlu Waspada!ilustrasi pasangan kesal (pexels.com/keira-burton)

Mau tidak mau, perbincangan yang tidak mengenakkan pasti akan selalu ada. Bisa jadi ketika kamu merasa marah atau kesal dengan pasangan, ketika dia ingin mengklarifikasi sesuatu dan sebagainya.

Semua itu tak boleh dihindari, melainkan harus segera diselesaikan. Agar tak menjadi berlarut-larut dan semakin memperkeruh keadaan. Jadi, sebaiknya jangan lari dari masalah dan selesaikan segera.

 

Dengan menghindari kelima hal di atas, semoga kamu bisa semakin intim bersama pasangan. Biar semakin lengket dan harmonis selalu, ya!

Baca Juga: Cara Meningkatkan Keintiman Hubungan dengan Pillow Talk

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya