Comscore Tracker

Tak Melulu Tabu, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui sebelum Menikah

Agar setelah berumah tangga, kamu dan pasangan tidak kaget

Pernikahan adalah sebuah ikatan suci yang tidak bisa dianggap mudah. Ada banyak hal yang akan dihadapi seiring perjalanannya bersama pasangan sehingga butuh persiapan yang matang. Hal ini tak hanya mencakup persoalan keinginan, tetapi juga kesiapan mental.

Lebih lanjut lagi, kamu perlu benar-benar mengetahui karakter pasangan hingga ke arah yang lebih mendetail. Meski jarang dibicarakan karena dianggap tabu, kamu dan pasangan tetap harus bisa memahami satu sama lain. Apa saja lima hal tersebut?

1. Kesehatan seksual

Tak Melulu Tabu, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui sebelum Menikahilustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Penting untuk mengetahui latar belakang kesehatan pasangan. Tak hanya kesehatan secara umum, tetapi juga kesehatan seksual. Sekarang, sudah sangat mudah untuk mengecek kesehatan seksual pranikah di rumah sakit.

Kamu dan pasangan bisa saling memeriksakan diri, tanpa harus menyinggung perasaan satu sama lain. Hal ini penting demi menghindari jika salah satu di antara kalian memiliki gangguan kesehatan seksual yang bisa menular nantinya.

2. Kebiasaan sehari-hari mengenai kehidupan seksual pranikah 

Tak Melulu Tabu, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui sebelum Menikahilustrasi pasangan bersikap tak biasa (unsplash.com/spanic)

Kehidupan seksual pranikah juga penting untuk diketahui. Mulai dari seberapa sering dia melakukan aktivitas seksual secara mandiri hingga bahkan pernah atau tidaknya pasangan melakukannya dengan orang lain.

Memang terdengar tabu, tapi ini penting agar tidak mengalami kekecewaan nantinya. Terlebih bagi wanita yang sangat mudah terlihat tandanya. Begitu pula dengan ekspektasi seksual kamu dan pasangan terhadap satu sama lain. Dengan begitu, kehidupan seksual setelah menikah bisa terpenuhi sesuai keinginan.

Baca Juga: 5 Nasihat Pernikahan yang Dibutuhkan Pasangan Komitmen 

3. Mengetahui kondisi dan kesiapan finansial pasangan 

Tak Melulu Tabu, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui sebelum Menikahilustrasi tak memiliki uang (unsplash.com/emkal)

Kesiapan finansial juga jadi bagian penting yang harus diketahui. Perihal ekonomi sering membuat rumah tangga goyang sehingga harus bisa disiasati. Jangan hanya menikah hanya karena hype atau dikejar umur, tapi menikahlah ketika kamu dan pasangan telah siap.

Merencanakan masa depan tentu tak mudah dan butuh persiapan matang. Semuanya harus dibicarakan secara jelas, terutama sumber dan besarnya penghasilan masing-masing. Dengan begitu, nantinya kalian tak mengalami banyak kesulitan di tengah jalan.

4. Masalah utang piutang atau kredit

Tak Melulu Tabu, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui sebelum Menikahilustrasi uang untuk dana darurat (unsplash.com/sharonmccutcheon)

Keterbukaan persoalan piutang dan kredit juga harus diketahui. Kamu tentu tak mau kan jika setelah menikah harus dikejar oleh debt collector? Bicarakan semua perihal tersebut agar tahu bagaimana cara mengatasinya.

Jangan sampai kalian saling kaget mengetahui bahwa pasangan memiliki hutang sehingga nantinya merasa terbebani setelah menikah atau malah jadi menyesal. Jadi, pastikan semuanya jelas terlebih dahulu.

5. Masalah kesehatan mental diri dan keluarganya 

Tak Melulu Tabu, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui sebelum Menikahilustrasi pria dengan kesehatan mental (unsplash.com/cferdo)

Banyak yang menganggap tabu membicarakan tentang kesehatan mental. Faktanya, itu sangat penting untuk diketahui semuanya. Bahkan dari riwayat keluarga pasangan juga harus bisa ditelusuri dengan jelas.

Banyak yang tak mengetahui, seperti halnya gangguan kejiwaan yang bisa diturunkan secara genetik. Memang tak mutlak tetapi berisiko besar menurun jika ada riwayat di dalam keluarga. Harus didiskusikan secara perlahan demi mengetahui tanpa harus menyakiti hati pasangan.

Pastikan kamu dan pasangan membicarakan hal-hal di atas sebelum menikah, ya. Dengan begitu, nantinya kalian tidak lagi kaget dan merasa menyesal. Penting untuk meyakinkan diri terlebih dulu, ya!

Baca Juga: 5 Hal Menandakan Pasangan sudah Nyaman Bersamamu, Makin Sayang!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya