Comscore Tracker

7 Miskonsepsi dalam Hubungan Percintaan, Jangan Sampai Keliru!

Pernah mengalaminya dengan pasanganmu?  

Pasang surut dalam sebuah hubungan itu adalah hal wajar yang dialami oleh banyak pasangan. Tidak melulu harmonis, ada kalanya hubungan percintaan diwarnai dengan kerikil tajam yang sangat mengganggu. Ada banyak yang meyakini beberapa miskonsepsi tentang sebuah hubungan yang ternyata sebenarnya baik. Namun banyak yang sering salah kaprah dan memandangnya sebagai sesuatu yang buruk.

Apa saja hal-hal tersebut? Berikut ini merupakan tujuh hal yang sebenarnya baik dalam sebuah hubungan percintaan.

1. Tidak boleh dekat dengan orang lain selain pasangan 

7 Miskonsepsi dalam Hubungan Percintaan, Jangan Sampai Keliru!pixabay.com/Free-photos

Faktanya setiap manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Kita tidak akan bisa selamanya bergantung pada pasangan, ada kalanya bahkan seringkali membutuhkan orang lain. Adapun kedekatan dengan orang lain seharusnya tidak menjadi sebuah masalah dalam hubungan.

Baik itu teman, orang-orang dalam komunitas tertentu maupun rekan kerja, kita harus tetap membangun kedekatan sosial dengan mereka. Selama itu semua dalam batas koridor kewajaran dan tidak melebihi batas.

2. Perbedaan pendapat dan konflik tidak boleh ada dalam hubungan  

7 Miskonsepsi dalam Hubungan Percintaan, Jangan Sampai Keliru!unsplash.com/Eddy Billard

Ini adalah sebuah mitos yang harus disingkirkan dari pemikiran. Faktanya, konflik dalam hubungan itu diperlukan untuk mempererat hubunganmu dengan pasangan. Perbedaan pendapat di antara pasangan adalah hal yang sangat sehat dan normal.

Namun yang berbahaya adalah jika konflik atau perbedaan argumen tersebut tidak diselesaikan dengan baik. Sehingga, sebaiknya komunikasikan segalanya dengan kepala dingin dan berpikirlah secara dewasa.

3. Berubah demi mengikuti keinginan pasangan itu baik   

7 Miskonsepsi dalam Hubungan Percintaan, Jangan Sampai Keliru!unsplash.com/Milan Popovic

Perubahan dalam diri seseorang ke arah yang lebih baik memang sangat baik. Tetapi pastikan perubahan tersebut karena memang dirimu menyadari dan membutuhkan perubahan itu untuk berkembang. Bukan karena pasanganmu yang memintamu untuk berubah menjadi begini atau begitu. Jadilah diri sendiri dan menjadi lebih baiklah untuk diri sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Merasa Insecure dalam Menjalin Hubungan Percintaan

4. Hanya mengandalkan cinta saja sudah cukup 

7 Miskonsepsi dalam Hubungan Percintaan, Jangan Sampai Keliru!pexels.com/Asad photo

Salah besar jika menganggap dalam sebuah hubungan memiliki cinta yang besar saja sudah cukup. Cinta itu maknanya luas, termasuk di dalamnya saling mengerti, memahami, berjuang dan juga kepercayaan. Memberi kebebasan bagi pasangan untuk menjadi pribadi yang berkembang, mendukung segala keputusan untuk mengejar mimpinya, dan selalu ada untuk berbagi pendapat juga sangat penting.

5. Pasangan itu harus punya kesukaan dan ketidaksukaan yang sama 

7 Miskonsepsi dalam Hubungan Percintaan, Jangan Sampai Keliru!pexels.com/Leah Kelley

Jelas salah jika seharusnya memiliki pasangan itu punya kesukaan yang sama atau ketidaksukaan yang sama. Jika begini dijamin kamu akan merasa stres menjalani sebuah hubungan karena memaksakan semua agar bisa sama dengan pasanganmu.

Setiap orang bebas menentukan apa yang dia suka atau tidak suka. Kamu beruntung jika menemukan orang yang sepemikiran denganmu. Tetapi jika tidak, kamu pasti akan pusing jika harus dipaksa menyukai hal yang tidak kamu suka.

6. Berpikir bahwa hubungan yang sempurna benar-benar ada 

7 Miskonsepsi dalam Hubungan Percintaan, Jangan Sampai Keliru!pexels.com/Arthur Brognoli

It's a big no, itu hanyalah sebuah cerita dongeng yang tidak benar-benar ada dalam dunia nyata. Setiap hubungan punya rintangannya masing-masing, baik dari keluarga, teman, kerjaan atau bahkan pasangan.

Hal yang terpenting adalah bagaimana menyeimbangkan antara menyikapi rintangan tersebut dengan solusi yang ditawarkan. Memiliki hubungan yang sempurna tidaklah mungkin, karena manusia jauh dari kata sempurna sekalipun sudah mencoba.

7. Pasangan posesif dan cemburuan itu artinya sayang 

7 Miskonsepsi dalam Hubungan Percintaan, Jangan Sampai Keliru!pexels.com/Vera Arsic

Katanya cemburu itu pertanda cinta, benarkah? Sesekali cemburuan sih sah-sah aja tetapi jika kamu harus terkekang karena rasa cemburunya yang berujung posesif, maka itu sudah tidak benar. Terlalu posesif dan cemburuan akan menghancurkan kepercayaan terhadap pasangan. Kalau sudah begitu, ujung-ujungnya akan menghancurkan sebuah hubungan.

Nah, itulah hal beberapa hal yang sering menjadi salah kaprah dalam hubungan. Semoga hubungan kamu dan pasangan semakin harmonis ya.

Baca Juga: 5 Alasan Terobsesi pada Pasangan Gak Baik Buat Kamu dan Hubungan

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya