Comscore Tracker

5 Petuah Bijak Pernikahan agar Selalu Langgeng dengan Pasangan

Hubungan awet sampe maut memisahkan

Menikah adalah tujuan akhir yang ingin dicapai oleh setiap pasangan. Namun, tak hanya berhenti sampai di situ saja. Pasalnya, akan ada banyak permasalahan dan problematika yang akan muncul dalam kehidupan pernikahan.

Kelanggengan hubungan tergantung dari caramu dan pasangan dalam menyikapinya. Nah, berikut adalah lima petuah bijak yang harus kamu pahami bersama pasangan demi menciptakan hubungan pernikahan yang langgeng.

1. Ketahuilah cara bijak berkompromi, lebih baik merunduk daripada patah

5 Petuah Bijak Pernikahan agar Selalu Langgeng dengan Pasanganunsplash.com/Candice Picard

Kehidupan pernikahan akan dihadapkan pada banyak hal yang membutuhkan kompromi. Tak selamanya kemauanmu harus sejalan dengan realita, begitupun dengan pasangan. Dalam hal ini, kamu harus bisa seccara bijak memahami bahwa hubungan harus bisa berkompromi.

Terkadang kamu harus banyak mengalah dan meredam ego dan ini juga berlaku untuk pasanganmu. Seperti kata pepatah, lebih baik kita merunduk sedikit daripada patah yang berarti hubungan berakhir.

2. Jadikan selalu cinta lebih besar dibanding benci

5 Petuah Bijak Pernikahan agar Selalu Langgeng dengan Pasanganunsplash.com/Milan Popovic

Menjalani pernikahan tidak hanya mengandalkan satu pemikiran, melainkan dua pemikiran. Ketika ada hal yang tidak sejalan, maka kamu dan pasangan harus bisa mengambil jalan tengahnya.

Lakukan semua karena cinta, jangan biarkan benci dan amarah menguasai hatimu saat keadaan tidak berjalan sesuai keinginanmu. Ketika benci sudah menguasai hati, apa pun yang kamu lakukan akan menjadi sia-sia.

Baca Juga: Cara Kuatkan Chemistry dalam Hubungan Biar Langgeng, Sudahkah Kokoh?

3. Selalu pandang setiap hal secara positif bahkan dalam situasi terburuk

5 Petuah Bijak Pernikahan agar Selalu Langgeng dengan Pasanganunsplash.com/Charlie Foster

Memiliki pandangan positif tak selamanya mudah untuk dilakukan. Ada kalanya, seseorang merasa pesimis dan putus asa terhadap suatu permasalahan yang sedang dihadapi. Ingatlah, bahwa kekuatan terbesar itu datangnya dari pikiranmu sendiri.

Ketika kamu memiliki keyakinan positif dan mengafirmasi dirimu untuk mampu melewati segalanya, maka itulah ynag kamu dapat. Jadi, jangan ragu akan kemampuanmu dan hadirkan selalu afirmasi positif dalam kehidupan pernikahanmu.

4. Jadikan pasanganmu sebagai sahabat terbaik yang kamu miliki

5 Petuah Bijak Pernikahan agar Selalu Langgeng dengan Pasanganpexels.com/rawpixel

Salah satu petuah yang paling sering didengar orang adalah anggaplah pasanganmu sebagai sahabat terbaikmu. Kita tahu bahwa sahabat adalah orang yang paling mengerti segala hal tentang kita dan bersamanya akan jauh dari rasa bosan.

Maka, anggaplah pasanganmu menjadi sahabat terbaikmu. Jadikan dirinya tempat untuk berbagi segala hal dan jadikan pula dirimu sebagai sahabat terbaik baginya.

5. Hargai setiap hal, bahkan sekecil apa pun yang dilakukan oleh pasangan

5 Petuah Bijak Pernikahan agar Selalu Langgeng dengan Pasanganpixabay.com/Free-photos

Banyak orang merasa sedih, marah dan hilang harapan karena seringnya tidak dihargai. Memberi penghargaan kepada usaha orang lain nyatanya tidaklah terlalu sulit. Sekecil apapun tindakan seseorang yang bernilai positif tetap harus dihargai.

Dengan begitu, dirinya akan memiliki rasa percaya diri yang besar, kasih sayang yang lebih dan merasa dirinya berharga. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengapresiasi, ya!

 

Nah, itulah lima petuah bijak yang bisa kamu pahami agar hubunganmu dengan pasangan langgeng selalu hingga maut memisahkan. Jangan lupa bahagia!

Baca Juga: 9 Kiat Meramu Hubungan Cintamu agar Selalu Langgeng

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya